10 Negara dengan Angkatan Laut Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Minggu, 26 Jun 2022 12:00 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan dua kapal perang angkut tank AT-8 dan AT-9 kepada TNI Angkatan Laut (AL). Kapal tersebut diproduksi PT Bandar Abadi atas pesanan Kementerian Pertahanan.
Angkatan laut Indonesia. Foto: Dok. Kemhan
Jakarta -

Peradaban manusia di bumi memang berada di daratan, tapi siapa sangka kalau 71% luas bumi ditutupi oleh air? Hal ini menyebabkan beberapa negara memiliki kawasan air yang sangat luas. Sehingga, pertahanan suatu negara tidak hanya di darat dan udara saja, tapi juga di air.

Indonesia merupakan satu dari sekian negara maritim yang artinya wilayah negara tersebut didominasi oleh lautan. Untuk menjaga kedaulatan, dibentuklah pasukan militer khusus untuk menjaga wilayah perairan, yaitu Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

Kekuatan militer dari sebuah negara dihimpun dari angkatan darat, angkatan udara, dan angkatan laut. Pada angkatan laut biasanya meliputi kapal perang dan kapal selam yang dimiliki oleh suatu negara, termasuk Indonesia.

Berdasarkan data yang dirilis World Population Review tahun 2022, Indonesia masuk ke dalam 10 besar negara dengan angkatan laut terbesar di dunia. Data tersebut diperoleh dari jumlah kapal perang dan kapal selamnya pada tahun 2020.

10 Negara dengan Angkatan Laut Terbesar di Dunia

1. China

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 777

2. Rusia

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 603

3. Korea Utara

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 492

4. Amerika Serikat

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 490

5. Kolombia

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 453

6. Iran

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 398

7. Mesir

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 316

8. Thailand

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 292

9. India

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 285

10. Indonesia

Jumlah kapal perang dan kapal selam: 282

Negara mana yang angkatan lautnya paling disegani?

Mengutip laman World Directory of Modern Military Warships (WDMMW), mereka memiliki sebuah formula penilaian bernama True Value Rating (TVR) yang bertugas menaksir kekuatan angkatan laut dari sebuah negara berdasarkan beberapa aspek.

Dalam hal ini, Amerika Serikat menempati posisi utama dengan skor TVR mencapai 329,9. Angkatan laut Amerika Serikat memiliki 243 unit armada kapal aktif dengan perincian 11 unit kapal induk, 68 unit kapal selam dan 131 unit armada kapal utama, dan 33 kapal amfibi.

Angkatan laut Amerika Serikat didirikan pada tahun 1775 dan saat ini menjadi angkatan laut paling disegani di seluruh dunia. Selain Amerika Serikat, ada juga China dan Rusia yang menempati posisi dua dan tiga.

Apakah angkatan laut Indonesia disegani?

Indonesia menempati peringkat keempat dalam daftar kekuatan armada laut dunia. Nilai TVR yang diperoleh Indonesia yaitu sebesar 137,3 dan memiliki 242 unit kapal armada laut. Secara rinci, Indonesia memiliki 208 unit armada kapal utama, dan 30 menit kapal amfibi.

Itulah 10 negara dengan angkatan laut terbesar di dunia. Meski Indonesia tidak menempati peringkat pertama, kita harus tetap bangga dengan pencapaian 10 besar ini.



Simak Video "Helikopter Angkatan Laut Meksiko Jatuh, 14 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia