ADVERTISEMENT

4 Teknik Pahat dalam Seni Rupa Tiga Dimensi, Apa Saja?

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Jumat, 24 Jun 2022 19:00 WIB
closeup gouge for wood on carpenter workbench
Teknik pahat seni. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Siapa nih yang suka mengoleksi patung? Nah, patung merupakan salah seni rupa tiga dimensi yang dibuat menggunakan teknik pahat. Teknik pahat adalah teknik yang membuat karya seni dengan menyambungkan beberapa potongan bahan-bahan tertentu.

Tetapi sebelum jauh membahas mengenai teknik pahat, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu mengenai seni rupa tiga dimensi. Seni rupa tiga dimensi adalah jenis dari seni rupa yang dibatasi dengan tiga sisi, yaitu sisi panjang, sisi lebar, dan tinggi.

Sederhananya, seni rupa tiga dimensi yaitu karya seni yang memiliki volume dan ada dalam sebuah ruang tertentu. Berbeda dengan seni rupa dua dimensi yang hanya memiliki dua sisi, yakni sisi panjang dan sisi lebar.

Menurut Modul Pembelajaran SMA Seni Budaya yang disusun oleh Muheri Palwanto, dijelaskan bahwa ada tiga unsur dalam seni rupa tiga dimensi. Antara lain:

· Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi

· Menempati ruang

· Bisa dilihat dari segala sudut pandang

Pengertian Teknik Pahat

Mikke Susanto dalam bukunya yang berjudul Diksi Rupa Kumpulan Istilah dan Gerakan Seni Rupa yang dirilis tahun 2011, dituliskan bahwa teknik pahat adalah karya tiga dimensi yang dibentuk melalui metodologi aditif atau lebih dikenal dengan metodologi subtraktif.

Seni pahat menjadi karya tiga dimensi yang tidak terikat pada bidang apapun yang terkait dengan suatu bangunan. Sebagai salah satu teknik dari seni rupa tiga dimensi, teknik pahat ini menjadi yang paling umum digunakan oleh para pengrajin untuk membuat beberapa produk tertentu.

Kemudian, teknik pahat ini memerlukan instrumen berupa alat yang digunakan untuk memahat sesuatu objek, seperti pahat dan palu. Hal ini diperlukan untuk membuat beberapa karya semacam patung, candi, dan karya-karya padat sejenisnya.

Teknik Pahat

Nah, ada empat teknik pahat dalam seni tiga dimensi yang harus kamu tahu. Simak di bawah ini:

1. Teknik Pahat, yaitu teknik inti dari teknik pahat yang mengurangi dan menyambungkan beberapa bagian untuk menciptakan suatu objek tertentu, seperti kayu dan batu. Ciri khas dari teknik pahat ini bahannya keras atau tidak lunak.

2. Teknik Cor, yaitu variasi dari teknik pahat yang sering disebut sebagai teknik cetak. Secara teknis, teknik cor ini melakukan penuangan cairan untuk bahan karya seni rupa tiga dimensi. Di mana teknik cor ini melakukan pencairan terlebih dahulu dari bahan-bahan yang akan dibuat.

3. Teknik Butsir, yaitu salah satu teknik pahat yang umumnya digunakan untuk membuat sesuatu dari bahan-bahan yang lunak. Contohnya, ada lilin, gypsum, dan tanah liat

4. Teknik Membentuk, yaitu teknik yang secara fungsional melakukan pembuatan suatu karya seni tiga dimensi dengan menambah dan mengurangi bahan yang akan digunakan. Teknik membentuk ini di beberapa tempat disebut sebagai teknik modelling.



Simak Video "Patung Jokowi Naik Motor Akhirnya Diperlihatkan untuk Umum"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia