ADVERTISEMENT

Mahasiswa D3-S1 Merapat, Ada Beasiswa Tahfiz Al-Qur'an dari Kemenag Nih

Rahma Harbani - detikEdu
Jumat, 24 Jun 2022 12:00 WIB
Kapan Hari Raya Idul Fitri 200 menurut Kemenag? Penetapan Lebaran 2022 akan diumumkan pasca sidang isbat. Berikut ini informasi selengkapnya.
Ilustrasi Kemenag, pihak penyelenggara beasiswa Tahfiz Al-Qur'an 2022. (Dok. Kemenag)
Jakarta -

Kemenag membuka pendaftaran beasiswa Tahfiz Al-Qur'an 2022 bagi mahasiswa D3-S1 melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Pendaftaran dibuka hingga Kamis (30/6/2022).

Beasiswa Tahfiz Al-Qur'an merupakan program beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa penghafal Al-Qur'an di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dalam lingkungan Kemenag. Tujuannya untuk mengapresiasi, memotivasi, dan meningkatkan kualitas akademik mahasiswa penghafal Al-Qur'an.

Bantuan beasiswa diberikan dalam bentuk uang sebesar Rp 2 juta per mahasiswa. Bantuan ini dapat digunakan untuk membayar SPP, biaya hidup, keperluan kuliah, dan hal lain untuk menunjang proses menghafal Al-Qur'an maupun studi di PTKI.

Berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) Beasiswa Tahfiz Al-Qur'an PTKI 2022, pendaftaran dapat dilakukan secara daring lewat laman DIKTIS Kemenag bagi peserta PTKIS. Sementara, mekanisme pendaftaran beasiswa di PTKIN diserahkan pada masing-masing PTKIN.

A. Syarat Beasiswa Tahfiz Al-Qur'an Kemenag 2022

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Mahasiswa aktif Strata 1 (S1) atau Diploma 3 (D3) dan memiliki Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih aktif.

3. Mendaftar secara online melalui website www.diktis.kemenag.go.id bagi peserta beasiswa Tahfizh PTKIS. Adapun mekanisme pendaftaran Beasiswa Tahfiz pada PTKIN diserahkan sepenuhnya kepada PTKIN masing-masing.

4. Hafal Al-Qur'an minimal 10 Juz untuk beasiswa Tahfiz PTKIS. Sedangkan untuk batas minimum beasiswa Tahfizh pada PTKIN diserahkan sepenuhnya kepada PTKIN masing-masing.

5. Fotokopi ijazah atau surat keterangan (bermaterai) dari lembaga, ustaz, guru, atau kyai yang menerangkan mahasiswa tersebut hafizh Al-Qur'an minimal 10 Juz.

6. Pakta Integritas yang ditandatangani oleh mahasiswa.

7. Mahasiswa tidak terlibat dalam organisasi atau aktivitas anti Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pemerintah dibuktikan dengan surat pernyataan.

B. Jadwal Beasiswa Tahfiz Al-Qur'an Kemenag 2022

1. Pendaftaran beasiswa oleh mahasiswa: 6 - 30 Juni 2022

2. Seleksi beasiswa oleh PTKIS: 15 - 30 Juni 2022

3. Rekomendasi usulan PTKIS oleh Kopertais: 15 Juni - 8 Juli 2022

4. Seleksi dan verifikasi berkas calon penerima beasiswa dari PTKI: 11 - 22 Juli 2022

5. Penetapan penerima beasiswa: 1 - 29 Juli 2022

6. Pembuatan rekening penerima beasiswa: 1 - 19 Agustus 2022

7. Proses pencairan beasiswa: 22 - 31 Agustus 2022

8. Proses penyaluran beasiswa: 5 - 16 September 2022

Khusus bagi PTKIN, prosedur pengajuan beasiswa Tahfiz Al-Qur'an dilakukan oleh pihak PTKIN dengan menghimpun usulan dan menyeleksi calon penerima beasiswa di perguruan tinggi masing-masing. Berbeda halnya dengan prosedur pengajuan beasiswa di PTKIS.

Informasi disebarkan melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag. Kemudian, kopertais melakukan verifikasi sebelum memberi rekomendasi pada PTKIS.

Pihak PTKIS pun menyampaikan informasi beasiswa pada mahasiswa dan mahasiswa dapat mendaftar melalui aplikasi beasiswa Tahfiz Al-Qur'an. PTKIS kemudian baru memverifikasi dan mengusulkan nama calon penerima beasiswa.

Bagi detikers yang berminat mendaftar beasiswa Tahfiz Al-Qur'an 2022 ini, sila kunjungi laman Diktis Kemenag melalui http://diktis.kemenag.go.id/sarprasmahasiswa/v2/?page=home, ya. Semoga berhasil!



Simak Video "KuTips: Tips Betah Baca Al-Qur'an Biar Khatam Pas Ramadan!"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia