ADVERTISEMENT

Sejarah Pembangunan Kakbah dan 4 Fakta Menarik di Baliknya

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Kamis, 23 Jun 2022 06:00 WIB
Pelaksanaan haji di masa pandemi COVID-19 membuat para jemaah menunaikan ibadah haji dengan menerapkan protokol kesehatan. Seperti ini potretnya.
Fakta menarik tentang kakbah. Foto: AP Photo/Amr Nabil
Jakarta -

Kakbah adalah bangunan suci yang terletak di kota Mekkah dan berada di tengah-tengah Masjidil Haram. Bangunan yang juga menjadi kiblat arah sholat ini ternyata memiliki sejarah yang panjang. Seperti apa kisahnya?

Kisah pembangunan Kakbah tertulis dalam Al-Qur'an surat Ali Imran ayat 96. Dalam surat tersebut Allah SWT berfirman:

اِنَّ اَوَّلَ بَيْتٍ وُّضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِيْ بِبَكَّةَ مُبٰرَكًا وَّهُدًى لِّلْعٰلَمِيْنَۚ

Latin: inna awwala baitiw wuḍi'a lin-nāsi lallażī bibakkata mubārakaw wa hudal lil-'ālamīn

Artinya: "Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam,"

Kakbah dibangun oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail sesuai dengan perintah Allah SWT. Hal ini tertuang dalam Al-Qur'an surat Al Baqarah ayat 127, yang bunyinya:

وَاِذْ يَرْفَعُ اِبْرٰهٖمُ الْقَوَاعِدَ مِنَ الْبَيْتِ وَاِسْمٰعِيْلُۗ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۗ اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Latin: wa iż yarfa'u ibrāhīmul-qawā'ida minal-baiti wa ismā'īl, rabbanā taqabbal minnā, innaka antas-samī'ul-'alīm

Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Ibrahim meninggikan pondasi Baitullah bersama Ismail, (seraya berdoa), "Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui,"

Allah SWT berfirman bahwa Kakbah merupakan tempat suci bagi umat Islam. Selain itu, Kakbah dijadikan tempat untuk sholat, tawaf dan iktikaf.

Dalam Al-Qur'an surat Al Baqarah ayat 125, Allah SWT berfirman,

وَاِذْ جَعَلْنَا الْبَيْتَ مَثَابَةً لِّلنَّاسِ وَاَمْنًاۗ وَاتَّخِذُوْا مِنْ مَّقَامِ اِبْرٰهٖمَ مُصَلًّىۗ وَعَهِدْنَآ اِلٰٓى اِبْرٰهٖمَ وَاِسْمٰعِيْلَ اَنْ طَهِّرَا بَيْتِيَ لِلطَّاۤىِٕفِيْنَ وَالْعٰكِفِيْنَ وَالرُّكَّعِ السُّجُوْدِ

Latin: wa iż ja'alnal-baita maṡābatal lin-nāsi wa amnā, wattakhiżụ mim maqāmi ibrāhīma muṣallā, wa 'ahidnā ilā ibrāhīma wa ismā'īla an ṭahhirā baitiya liṭ-ṭā`ifīna wal-'ākifīna war-rukka'is-sujụd

Artinya: "Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah (Ka'bah) tempat berkumpul dan tempat yang aman bagi manusia. Dan jadikanlah maqam Ibrahim itu tempat sholat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail, "Bersihkan lah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, orang yang iktikaf, orang yang rukuk dan orang yang sujud,"

Dikutip dari buku 'The Great Episodes of Muhammad SAW' karya Dr Al Buthy, bangunan Kakbah awalnya memiliki tinggi 7 hasta dengan panjang 30 hasta dan lebar mencapai 22 hasta tanpa atap. Selain itu, ada pendapat lain yang meriwayatkan tinggi Kakbah mencapai 9 hasta.

Selain itu, Kakbah telah direhab sebanyak empat kali. Pertama saat dibangun oleh Nabi Ibrahim dan Ismail. Kedua dilakukan oleh kaum Quraisy sebelum Islam dan Nabi Muhammad SAW ikut serta.

"Mereka (kaum Quraisy) meninggikan bangunan Kakbah sehingga mencapai 18 hasta, tetapi mengurangi panjangnya. Sehingga, bagian yang panjangnya sekitar 6 hasta setengah, mereka biarkan dalam area Hijir Ismail," tulis buku tersebut.

Rehab ketiga dilakukan setelah terjadi kebakaran di Kakbah. Kala itu, pasukan di bawah kekuasaan Yazid bin Muawiyah datang dan menyerbu Mekkah. Mereka melempari ketapel raksasa dan menyebabkan dinding Kakbah roboh dan terbakar.

Kakbah pun dibangun kembali oleh Ibu Az-Zubair dengan menambah 6 hasta yang dulu dikurangi oleh kaum Quraisy dan tinggi 10 hasta serta dua pintu masuk dan keluar. Terakhir, pembangunan Kakbah dilakukan setelah terbunuhnya Ibnu Az-Zubair.

Keunggulan Tanah Suci Kakbah

Dalam buku The Power of Kabah yang disusun oleh Zainurrofieq, ada sebuah penemuan menarik yang pernah dipublikasikan oleh media massa bahwa dinas antariksa Amerika NASA pernah melakukan pemotretan bumi melalui satelit. Hasil dari pemotretan tersebut terlihat agak gelap, namun ada dua titik yang terlihat terang dan berbeda dibandingkan permukaan bumi lainnya.

Setelah dibidik lebih dekat dan dilakukan pemotretan lagi, ternyata permukaan bumi tersebut adalah kota Mekkah dan Madinah. Hal-hal seperti ini tentu mempertebal keyakinan kita bahwa tanah Mekkah dan Madinah memang sangat istimewa di mata Allah SWT.

Saat seseorang datang ke Kakbah, pasti setelahnya ia akan merasa rindu ingin datang kembali. Berada di sekitar Baitullah membuat hati tenang karena merasa dekat dalam bimbingan serta naungan Allah SWT.

Selain itu, dalam sebuah hadits disebutkan bahwa melakukan sholat di Mekkah akan memperoleh pahala seratus ribu kali lipat.

"Sholat di masjid ini (Nabawi Madinah) seribu kali lipat lebih dari masjid lainnya, kecuali di Masjidil Haram (Mekkah). Sholat di Masjidil Haram Mekkah seratus ribu kali lipat," (HR. Bukhari & Muslim).

Fakta-fakta Menarik Kakbah

Setelah mengetahui sejarah Kakbah dan keunggulannya, ada beberapa fakta menarik tentang bangunan suci ini. Mengutip dari The Islamic Information, berikut fakta-fakta menarik Kakbah.

1. Kakbah Memiliki Dua Pintu dan Satu Jendela

Kakbah mempunyai dua pintu, satu untuk masuk dan dua untuk keluar. Selain itu, Kakbah juga hanya memiliki satu jendela di sampingnya.

2. Dahulu, Kiswah Kakbah Bukan Berwarna Hitam

Dulu kain Kakbah atau biasa disebut dengan kiswah tidak berwarna hitam, bahkan sebelumnya pernah berwarna hijau, merah, dan putih. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi kemudian mempertahankan warna hitam karena tahan lama dan tidak mudah kotor jika disentuh oleh jamaah.

3. Saat Berada di dalam Kakbah, Kita Dapat Sholat ke Segala Arah

Ketika kita masuk ke dalam Kakbah, maka kita tidak harus sholat menghadap kiblat karena kita sedang berada di dalam kiblat itu sendiri.

4. Pintu Kakbah Dibuka Dua Kali Setahun

Fakta menarik terakhir tentang bangunan suci Kakbah yaitu pintunya hanya dibuka dua kali dalam setahun.



Simak Video "Mahfud Ajak Jaga Masjid Agar Tak Direbut Paham Radikalisme"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia