Hari Ayah Sedunia 2022 Tanggal 19 Juni: Sejarah, Link Twibbon, dan Ucapan

Novia Aisyah - detikEdu
Minggu, 19 Jun 2022 16:00 WIB
Loving father walking side by side with son holding hands.
Hari Ayah Sedunia. Foto: Getty Images/iStockphoto/kieferpix
Jakarta -

Hari Ayah Sedunia 2022 yang diperingati pada Minggu 19 Juni, dirayakan oleh 48 negara di dunia. Selain 19 Juni, perayaan tersebut juga jatuh di beberapa tanggal lainnya.

Mengutip laman timeanddate, Father's Day juga diperingati pada 19 Maret, 5 Juni, 4 September, dan 13 November 2022 di sejumlah negara lainnya. Seperti apa awal mula Hari Ayah Sedunia dirayakan?

A. Sejarah Hari Ayah Sedunia

Dikatakan dalam laman Live Science, perayaan ini diwali kisah seorang anak bernama Sonora Smart Dodd yang mendengar pidato Hari Ibu di gereja, pada Mei 1909. Setelah itu, dia ingin membuat sebuah hari ayah untuk bapaknya, William Jackson Smart. Disebutkan dalam ensiklopedia Britannica, Dodd sendiri berasal dari Washington, Amerika Serikat.

Ibu Dodd sebenarnya telah meninggal saat melahirkan. Maka dari itu, sang ayah mengurus Dodd sekaligus lima saudara Dodd yang lain. Ayah Dodd sendiri adalah seorang veteran sipil.

Mulanya, Dodd ingin menetapkan hari ayah pada 5 Juni sebagaimana ulang tahun ayahnya. Dia juga mengajukan petisi agar hari tersebut diakui di kotanya dan ditetapkan sebagai hari libur.

Butuh banyak waktu demi mewujudkan keinginan Dodd ini. Menurut Konvensi Regional Spokane dan Biro Pengunjung, perayaan Hari Ayah Sedunia yang pertama kali adalah pada tahun 1910.

Pada perayaannya yang pertama, sebagian anak-anak perempuan memberi bunga mawar kepada ayah mereka saat kebaktian gereja. Bunga mawar berwarna merah diberikan kepada ayah mereka yang masih hidup, sedangkan mawar putih kepada ayah mereka yang sudah meninggal.

Hari Ayah Sedunia kemudian dijadikan hari libur. Presiden Lyndon Johnson mengeluarkan Proklamasi Presiden pertama untuk mengapresiasi peringatan ini pada 1966.

Namun, peresmian hari libur dalam rangka Hari Ayah Sedunia dilakukan oleh Presiden Richard Nixon pada 1972. Dia menandatangani Undang-Undang Publik yang menjadikan perayaan tersebut ditetapkan sebagai hari libur.

B. Twibbon Hari Ayah Sedunia 2022

Untuk memeriahkan Hari Ayah Sedunia ini, detikers juga bisa menggunakan beberapa link Twibbon di bawah ini dan menyematkan foto ayah kalian di dalamnya.

1. https://www.twibbonize.com/happyfathersdaytomypapaleonard

2. https://www.twibbonize.com/fathersdayabcjuli20male

3. https://www.twibbonize.com/cgkidzc74fathersday

4. https://www.twibbonize.com/fatherday

5. https://www.twibbonize.com/copfathersday2022

6. https://www.twibbonize.com/fatherdaypakputu

7. https://www.twibbonize.com/fathersday2022

8. https://www.twibbonize.com/forthebestdads

C. Ucapan Hari Ayah Sedunia

Mengutip dari Wolipop, ini dia beberapa ucapan yang bisa diberikan kepada ayah kalian:

1. Tidak peduli berapa jauh jaraknya, aku akan selalu menjadi bagian dari dirimu karena kamu adalah bagian dari diriku. Selamat Hari Ayah.

2. Makin bertambahnya usia, makin aku menyadari betapa banyak pengorbanan yang ayah lakukan untuk membuat hidupku jadi lebih baik. Selamat Hari Ayah.

3. Selamat Hari Ayah. Ketahuilah bahwa aku sayang Ayah, meski aku jarang mengatakannya.

4. Aku bangga menjadi anak Ayah. Terima kasih telah menjadi Ayah yang hebat dan kuat. Selamat Hari Ayah.

5. Maafkan jika aku belum bisa membuatmu bangga, tapi aku selalu berdoa untuk kebahagiaanmu. Selamat Hari Ayah.

6. Tak ada kata-kata yang bisa mengungkapkan betapa aku sayang pada Ayah. Semoga Ayah selalu mendapat kebahagiaan tak terhingga. Selamat Hari Ayah.

7. Surga mungkin tidak terletak di kaki Ayah, tapi Ayah tetap menjadi pahlawan di hatiku. Selamat Hari Ayah.

8. Terima kasih atas kerja keras, bimbingan, dan kasih sayangmu selama ini. Ayah adalah panutanku. Selamat Hari Ayah.

9. Sejak kecil, Ayah memberiku mimpi-mimpi. Berkatmu, aku bisa melihat masa depanku. Tanganmu yang membimbing pundakku akan selalu bersamaku selamanya. Selamat Hari Ayah.

10. Ayah bukanlah jangkar untuk menahan atau layar untuk membawa kita ke sana, tapi cahaya penuntun yang kasihnya menunjukkan jalan. Selamat Hari Ayah untuk ayah terbaik.

Nah, itu dia sejarah Hari Ayah Sedunia dan beberapa Twibbon serta ucapan yang bisa diberikan kepada ayah kalian. Perlu diketahui juga, peringatan ini berbeda dengan Hari Ayah Nasional di Indonesia yang dirayakan setiap 12 November ya!



Simak Video "Orang Tua Bella Shofie Kecelakaan di Jambi"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia