ADVERTISEMENT

Pengertian Ekspresi dan 7 Jenisnya yang Diakui Universal

Rafi Aufa Mawardi - detikEdu
Minggu, 19 Jun 2022 10:00 WIB
Ilustrasi anak marah
Ilustrasi marah, salah satu jenis ekspresi yang dikenal secara universal. (iStock)
Jakarta -

Salah satu gerak tubuh yang cukup sering digunakan oleh manusia adalah ekspresi. Ekspresi adalah suatu pengungkapan dan proses menuturkan suatu maksud, pesan, dan perasaan kepada orang lain.

Yap, dalam ilmu mengenai komunikasi, ekspresi memiliki peranan yang vital untuk memberikan suatu pesan kepada lawan bicara mengenai banyak hal. Bahkan, menurut beberapa ahli komunikasi, perkataan yang sifatnya verbal dapat berbohong tetapi tidak dengan ekspresi yang sarat akan berbagai makna.

Pengertian Ekspresi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekspresi adalah proses mengungkapkan suatu maksud, gagasan, maupun tujuan. Di mana secara umum ekspresi dituangkan dengan sarana berupa wajah dari seseorang. Nah, ekspresi wajah merupakan salah satu bentuk dari komunikasi.

Ekspresi wajah memiliki berbagai variasi makna dan isyarat yang mengandung suatu pesan. Masing-masing isyarat memiliki esensi dan makna yang dapat mempengaruhi komunikasi secara verbal pada manusia.

Bahkan, dalam buku Psikologi Jilid 2 yang ditulis oleh Carole Wade dan Carol Tavris mengatakan, gerak dan bahasa tubuh yang sering digunakan oleh manusia yaitu ekspresi. Ekspresi menjadi sarana organik manusia untuk mengekspresikan rasa senang, rasa marah, hingga rasa sedihnya kepada orang lain.

Oleh karena itu, kamu pasti akan langsung tahu jika teman kamu sedang putus cinta dari ekspresi wajah yang sedang sedih. Atau, misalnya, kamu akan langsung dapat memahami makna dari ekspresi senyum dari pacar kamu yang bermakna dirinya sedang bahagia.

Jenis-jenis Ekspresi

Menurut buku Membaca Emosi Orang yang rilis tahun 2003, diketahui ada tujuh ekspresi yang bersifat universal. Kira-kira apa saja ya?

1. Marah adalah ekspresi seseorang saat sedang marah yang umumnya terlihat dari kedua matanya yang tajam. Selain itu, terlihat kedua alis mengerut dan menekan area di sekitar hidung serta bibir yang menyempit.

2. Sedih adalah ekspresi seseorang saat sedang sedih yang ditandai dengan mata bagian atas akan turun ke arah bawah. Serta, mata menjadi tidak fokus dan bagian sudut bibir sedikit turun.

3. Senang adalah ekspresi seseorang saat sedang merasa bahagian yang terlihat dari mata berkerut dan sudut bibir menarik ke atas. Selain itu, terlihat senyuman yang ditandai dengan kedua pipi terdorong naik.

4. Penghinaan adalah ekspresi yang ditandai dengan sudut bibir menegang dan diangkat pada salah satu sisi wajah. Hal ini memperlihatkan seseorang yang tersinggung atas suatu ucapan atau tindakan tertentu dari orang lain.

5. Jijik adalah ekspresi yang dapat dilihat dari hidung dan daerah mata mengerut di daerah bagian atas dan bibir sedikit diangkat.

6. Takut adalah ekspresi seseorang saat sedang ketakutan terhadap suatu objek tertentu. Di mana ditandai dengan kedua alis yang terangkat secara bersamaan dan mata bagian atas terangkat. Selain itu, terlihat juga dari kelopak mata bawah menjadi tegang dan bibir membentang horizontal ke arah telinga

7. Kaget adalah ekspresi yang terlihat ketika seseorang sedang kaget terhadap sesuatu. Di mana terlihat dari kedua alis terangkat, mulut sedikit terbuka, dan kedua mata terbelalak.

Kesimpulannya, ekspresi adalah proses menuturkan suatu maksud, pesan, dan perasaan kepada orang lain yang umumnya terjadi secara alami dan organik.



Simak Video "Viral! Yusuf Mansur Marah-marah Sampai Gebrak Meja"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/rah)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia