7 Negara dengan Populasi Paling Sedikit di Dunia, Mana Saja?

Anisa Rizki - detikEdu
Kamis, 16 Jun 2022 09:30 WIB
San Marino
San Marino/Foto: (Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Negara adalah kelompok sosial yang menduduki wilayah atau daerah tertentu yang diorganisasi di bawah lembaga politik dan pemerintah yang efektif. Selain itu mempunyai kesatuan politik, berdaulat sehingga berhak menentukan tujuan nasionalnya.

Hal itu merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dalam laman Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk Indonesia 273.879.750 jiwa. Indonesia menempati peringkat keempat negara dengan populasi terbanyak di dunia.

Jika beberapa orang berpikir jika negara dihuni oleh banyak penduduk, lain halnya dengan beberapa negara ini. Ternyata, terdapat 10 negara di dunia yang memiliki populasi paling sedikit di dunia, bahkan ada yang hanya mencapai ratusan.

Dikutip dari laman World Atlas, berikut merupakan 10 negara dengan populasi paling sedikit di dunia.

1. Vatikan

Vatikan merupakan sebuah negara di bumi dengan jumlah penduduk yang hanya mencapai ratusan. Vatikan dihuni oleh sekitar 825 penduduk yang kebanyakan merupakan pendeta dan biarawati.

Meskipun Vatikan merupakan negara kecil, kekayaannya mencapai sekitar US$ 8 miliar dolar.

2. Tuvalu

Tuvalu merupakan negara dengan jumlah populasi paling sedikit kedua di dunia. Tuvalu terletak di Pasifik Selatan yang menempati kepulauan kecil di wilayah Polinesia, sekitar 1.000 km sebelah utara Fiji dan 2.000 km sebelah timur Kepulauan Solomon.

Jumlah penduduk di Tuvalu sekitar 11.650 orang. Luas tanahnya sekitar 26 km persegi.

3. Nauru

Nauru merupakan pulau terkecil di dunia dengan luas area 20,98 km persegi. Terdapat sekitar 12.580 penduduk di Nauru.

Negara ini sempat memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) perkapita tertinggi di dunia karena simpanan fosfat yang berlimpah. Namun, sekarang PDB Nauru menjadi yang terendah di dunia karena penambangan berlebih dan perubahan iklim.

Fakta lainnya tentang Nauru, negara ini memiliki tingkat penduduk tertinggi di dunia. Sebesar 71,1% penduduk Nauru mengalami obesitas.

4. Palau

Negara dengan populasi paling sedikit di dunia selanjutnya, Palau. Palau merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Samudra Pasifik Selatan. Palau terletak sekitar 700 km sebelah timur Filipina dan terdiri dari 250 pulau.

Jumlah penduduk di Palau sekitar 18.010. Total luas daratan yang dimiliki oleh Palau yakni 395.06 km persegi.

5. San Marino

San Marino merupakan negara kelima dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia. Negara ini dekat dengan laut Adriatik dan menjadi republik tertua di dunia. Jumlah penduduknya sekitar 33.860 jiwa.

Total luasan San Marino yakni 61,2 km persegi.

6. Liechtenstein

Peringkat keenam ditempati oleh negara Liechtenstein dengan jumlah penduduk sekitar 38.020 orang. Total luas daratan dari negara ini sekitar 99,78 km persegi. Negara ini tidak banyak dikunjungi oleh turis.

Meskipun populasinya sedikit, negara ini sangat kaya. PDB perkapita negara ini menjadi yang tertinggi kedua di dunia.

7. Monako

Monako merupakan negara kerajaan di Eropa. Letaknya di pantai utara Laut Mediterania dan memiliki luas daratan yang kecil yaitu hanya 1,21 km persegi. Negara ini juga menjadi negara terpadat di bumi dengan sekitar 68.212 penduduk.

Nah itulah 7 negara dengan populasi paling sedikit di dunia. detikers tertarik mengunjungi negara mana?



Simak Video "Warga Lokal di IKN Bakal Diberi Pelatihan, Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia