ADVERTISEMENT

7 Hewan yang Hidup di Kedalaman Laut Es Antartika, Laba-laba Laut hingga Gurita

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 15 Jun 2022 21:13 WIB
Animali - animals - animales
Foto: Thinkstock/TheSP4N1SH/7 Hewan yang Hidup di Kedalaman Laut Es Antartika
Jakarta -

Sejumlah hewan diketahui bisa hidup di suhu dingin yang ekstrem seperti di lautan es Antartika. Hewan-hewan tersebut bahkan bisa ditemukan hingga di kedalaman 400 meter.

Berdasarkan laporan Live Science, jenis hewan yang baru-baru ini ditemukan di kedalaman laut Antartika adalah kawanan krustasea kecil yang mirip udang.

Hewan tersebut terlihat pada kedalaman sekitar 1.640 kaki atau 500 meter di sebuah sungai bawah tanah yang ditemukan oleh para peneliti.


Lantas hewan apa yang hidup di kedalaman laut Antartika? Berikut ini rangkumannya.

7 Hewan yang Hidup di Kedalaman Laut Es Antartika:


1. Laba-laba Laut (Sea Spider)

Banyak spesies laba-laba laut bisa ditemukan di sekitar Antartika daripada di tempat lain. Laba-laba laut di Antartika tumbuh jauh lebih besar daripada laba-laba yang tumbuh di iklim yang lebih hangat.

2. Bintang Basket

Berbeda dengan bintang laut, hewan yang dikenal dengan Basket Star ini memiliki bentuk yang cukup mengerikan dengan tangan yang keriting dan bercabang.

3. Teripang (Sea Cucumber)

Penghuni laut dalam yang menyukai dingin ini tidak memiliki banyak kesamaan dengan namanya yang menggugah selera kecuali, mungkin, siluet aerodinamisnya.

4. Ikan Es

Hewan satu ini tampak seperti hantu karena tidak memiliki sel darah merah. Gliserol dalam darahnya bertindak sebagai antibeku, memungkinkan ikan tetap hidup dalam kondisi Antartika yang dingin.

5. Amphipoda

Sekawanan krustasea kecil yang dikenal sebagai amphipoda ditemukan oleh peneliti di lautan Antartika. Bahkan amphipoda Antartika ada yang hidup di kedalaman 400 meter di bawah permukaan Antartika yang sangat dingin.


6. Cacing Polychaete

Beberapa spesies dari jenis cacing laut transparan memiliki bioluminescence yakni kemampuan untuk menghasilkan cahaya melalui reaksi kimia. Hal ini yang membantunya hidup di lautan gelap dan dingin.

7. Gurita

Hewan Gurita cukup banyak ditemukan di sekitar Antartika. Hewan ini telah memperluas wilayah mereka jauh melampaui benua, menunggangi perairan yang kaya oksigen dan beku, yang tenggelam dari permukaan laut Antartika ke kedalaman.

Nah, itulah 7 hewan yang hidup di kedalaman laut es Antartika. Apakah ada yang pernah detikers lihat?



Simak Video "Penampakan Sapi Kurban Jokowi Berbobot 1,15 Ton di Masjid Istiqlal"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia