Sejarah Bendungan Engehalde: Dibangun Sebelum PD I dan Berusia 113 Tahun

Devi Setya - detikEdu
Jumat, 10 Jun 2022 11:30 WIB
Lokasi Bendungan Engehalde (Screenshot Google).
Foto: Lokasi Bendungan Engehalde (Screenshot Google).
Jakarta -

Bendungan Engehalde menjadi salah satu bendungan tertua di Swiss. Bendungan ini bahkan sudah dibangun sebelum masa Perang Dunia I dan kini usianya sudah 113 tahun.

Lokasi bendungan berada di Jalan Stauwehrsteg, Wehrweg, 3014 Bern, Swiss. Dilansir dari rowing.ch (10/6) bendungan ini oleh masyarakat sekitar dikenal dengan sebutan Stauwehr Engehalde. Popularitas bendungan Engehalde sudah tidak diragukan lagi, pasalnya bendungan ini sudah berusia lebih dari 1 abad.

Bendungan Engehalde pertama kali dibangun pada 1907 dan pertama kali beroperasi pada 1 November 1909. Bendungan ini bahkan sudah beroperasi sebelum Perang Dunia I yang terjadi pada periode 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918.

Meski sudah beroperasi lebih dari 100 tahun, tetapi bendungan Engehalde masih berfungsi dengan maksimal. Bendungan Engehalde memiliki beberapa pintu air untuk mengendalikan sirkulasi alirannya.

Pada bagian atas bendungan ini terdapat jalan yang biasa digunakan sebagai jembatan dan kerap dilintasi oleh masyarakat sekitar. Bagian pintu air Bendungan Engehalde dilengkapi dengan mesin otomatis yang berfungsi sebagai penyaring sampah. Dengan mesin ini, berbagai sampah seperti kayu, aneka benda dan plastik yang ikut hanyut di sungai Aare dapat dibersihkan dengan mudah.

Sejarah lengkap Bendungan Engehalde

A. Awalnya dimiliki perusahaan Felsenau

Sebelum menjadi bendungan, konsesi air dan lokasi itu dimiliki oleh Felsenau, sebuah perusahaan pemintalan. Perusahaan ini berencana membuat bendungan dengan tujuan sebagai pembangkit listrik tenaga turbin. Listrik yang dihasilkan ini nantinya akan digunakan untuk menggerakkan mesin pemintal benang.

Belum rampung rencana pembangunan bendungan ini, Felsenau malah mengalami kesulitan keuangan sebagai akibat resesi besar yang terjadi pada 1873-1896. Kejadian ini juga menyebabkan perselisihan hukum dengan pemerintah Kota Bern saat itu.

Sampai akhirnya Felsenau menyerahkan hak penggunaan air ke pemerintah Kota Bern pada tahun 1906. Barulah kemudian pemerintah Kota Bern memulai pembangunan bendungan dan terowongan baru serta pembangkit listrik pada tahun 1907 sampai 1910.

Meski telah diserahkan kepada pemerintah kota Bern, Felsenau meminta kompensasi berupa pasokan listrik untuk menjalankan pabrik pemintalan ini. Perusahaan ini meminta 800 kilowatt listrik atau setara dengan 20 persen produksi listrik secara gratis. Kesepakatan ini juga tidak terbatas waktu artinya perusahaan Felsenau mendapatkan pasokan listrik gratis sampai waktu yang tidak ditentukan.

B. Memanfaatkan aliran sungai Aare

Posisi Bendungan Engehalde dengan pembangkit listrik Felsenau dibuat memanfaatkan kontur Sungai Aare yang berkelok di semanjung Enge. Bendungan Engehalde sengaja dibangun untuk menahan aliran sungai Aare dan airnya di saluran ke turbin listrik di Felsenau melalui bawah Semenanjung Enge.

Volume air sebanyak 100 meter kubik per detik mengalir dari Bendungan Engehalde melalui terowongan sepanjang 550 meter ke pembangkit listrik Felsenau. Air yang tersisa mengalir sepanjang sungai Aare mengelilingi sekitar semenanjung Enge sepanjang 9 kilometer.

C. Dilakukan modernisasi pada 1989

Bangunan utama Bendungan Engehalde dirancang oleh Eduard Locher dan Alfred Brunschwyler. Pengerjaan bangunan bendungan dilakukan oleh perusahaan Energie Wasser Bern.

Kemudian pada 1989, Bendungan Engehalde mengalami renovasi dan modernisasi demi optimalisasi fungsinya. Modernisasi yang dilakukan pada tahun 1989 dirancang oleh Vladimir Grossen dan Bea Baumann.

Setelah pembangkit listrik ini dimodernisasi pada tahun 1989, balai turbinnya dijadikan sebuah museum. Pembangkit listrik ini berkapasitas 11,3 megawatt dan dapat memasok listrik untuk lebih dari 7.500 rumah tangga.

Itulah sejarah Bendungan Engehalde yang hingga kini berfungsi maksimal untuk menghasilkan listrik untuk warga di Kota Bern. Selain memiliki manfaat yang luar biasa, bendungan yang terdapat di Kota Bern ini juga menawarkan pemandangan yang indah lho Detikers!



Simak Video "Jejak Pencarian Eril Sampai Ditemukan di Bendungan Engehalde"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia