Lambang Sila ke-2 Pancasila dan Makna Lambang Sila 1 - 5

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 10 Jun 2022 11:00 WIB
Lambang Garuda Pancasila saat karnaval di Yogyakarta
Lambang sila ke-2 Pancasila dan makna lambang sila 1- 5. Foto: Bagus Kurniawan/detikcom
Jakarta -

Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila. Burung Garuda sebagai lambang negara Indonesia memiliki warna emas yang melambangkan kejayaan Indonesia dan perisai yang melambangkan pertahanan Indonesia. Simbol di dalam perisai masing-masing berisi lambang sila Pancasila, termasuk lambang sila ke-2.

Lambang sila ke-2 Pancasila adalah rantai yang menyimbolkan sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Lambang sila Pancasila dalam perisai Garuda Pancasila juga termasuk lambang sila ke-1 yang berupa Bintang, lambang sila ke-3 Pohon Beringin, lambang sila ke-4 Kepala Banteng, dan lambang sila ke-5 Padi dan Kapas, seperti dikutip dari Pedoman Resmi UUD 1945 dan Perubahannya oleh Tim Wahyumedia.

Makna Lambang Sila ke-2 Pancasila

Lambang sila ke-2 Pancasila adalah rantai berjumlah 17 mata rantai saling sambung dan tidak terputus dengan latar belakang warna merah. Makna lambang sila ke-2 Pancasila adalah generasi penerus yang turun temurun, seperti dikutip dari situs resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI.

Lambang Sila ke-1 dan Maknanya

Lambang Sila ke-1 adalah bintang berwarna kuning lima sudut dengan latar belakang warna hitam. Lambang sila ke-1 terletak di tengah perisai. Makna lambang sila ke-1 Ketuhanan Yang Maha Esa adalah bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beriman dan bertakwa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-asing.

Arti Lambang Pohon Beringin

Arti lambang Pohon Beringin pada sila ke-3 Pancasila Persatuan Indonesia adalah tempat berteduh atau tempat berlindung sebagaimana Indonesia menaungi beragam suku dan keberagaman dalam sebuah kesatuan. Lambang pohon beringin terletak di bagian atas kiri gambar bintang.

Kepala Banteng dalam Lambang Sila

Kepala banteng adalah lambang sila ke-4 Pancasila, Kemanusiaan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Makna kepala banteng sebagai lambang sila ke-4 yaitu tenaga rakyat.

Arti Lambang Padi dan Kapas dalam Simbol Sila ke-5 Pancasila

Lambang padi dan kapas terletak di sebelah kanan bawah dari gambar bintang. Lambang ini menyimbolkan sila ke-5 Pancasila, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Arti lambang Padi dan kapas dalam simbol sila ke-5 Pancasila adalah simbol kemakmuran dan kesejahteraan.

Nah, sudah tahu ya apa lambang sila ke-2 Pancasila berserta makna lambang sila 1 - 5. Selamat belajar!



Simak Video "Hari Lahir Pancasila, Apa Mereka Hafal Pancasila?"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia