Kutub Utara Vs Kutub Selatan, Mana yang Lebih Dingin?

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Kamis, 09 Jun 2022 21:00 WIB
Kutub Selatan
Kutub Selatan diketahui lebih dingin dari Kutub Utara, kenapa? (Thinkstock)
Jakarta -

Kutub Utara dan Kutub Selatan dikenal sebagai tempat terdingin di bumi. Tidak seperti bagian bumi lainnya, kedua tempat ini berada di bagian atas dan bawah bumi, sehingga jarang mendapat paparan cahaya matahari langsung.

Matahari terbenam rendah di cakrawala saat musim panas. Sedangkan pada musim dingin, matahari terletak lebih jauh lagi hingga tidak muncul selama berbulan-bulan pada satu waktu.

Permukaan es dan salju yang ada di daerah kutub cenderung reflektif. Artinya, sebagian besar energi yang diperoleh dari sinar matahari memantul kembali ke angkasa dan membuat udara di atas permukaan menjadi lebih dingin.

Meski sama-sama menjadi wilayah yang dilapisi es dan jarang terpapar matahari langsung, Kutub Utara dan Kutub Selatan tidak lantas memiliki suhu dingin yang sama, lho. Di antara keduanya, mana yang lebih dingin?

Dilansir dari Live Science, Kutub Selatan jauh lebih dingin dibandingkan dengan Kutub Utara. Suhu pada Kutub Selatan di musim dingin mencapai -76 F atau sama dengan -60 derajat Celcius, sedangkan pada musim panas mencapai -18 F yang setara dengan -28,2 derajat Celcius.

Lain halnya dengan Kutub Utara yang cenderung lebih 'hangat' dibandingkan Kutub Selatan. Di Kutub Utara, suhunya mencapai -40 derajat Celcius saat musim dingin dan 0 Celcius pada musim panas.

Mengapa Kutub Selatan Lebih Dingin dari Kutub Utara?

Alasan utama mengapa Kutub Selatan lebih dingin yaitu karena Kutub Selatan merupakan sebuah benua, sedangkan Kutub Utara merupakan lautan. Hal ini disampaikan oleh Robin Bell, seorang peneliti kutub yang berasal dari Columbia University's Lamont-Doherty Earth Observatory di New York.

Kemudian, Samudra Arktik, Kutub Utara adalah lautan yang dikelilingi oleh daratan. Sedangkan Samudra Antartika, Kutub Selatan cenderung merupakan lautan yang mengelilingi daratan.

Saat Samudra Arktik beku, suhu pada perairannya cenderung lebih hangat dan memberikan pengaruh pada iklim. Sehingga, Arktik tetap lebih hangat dibanding dengan Antartika.

Ditambah lagi, posisi di antara kedua samudera tersebut juga memengaruhi kondisi suhu bagi Kutub Utara dan Kutub Selatan yakni, semakin tinggi suatu wilayah maka semakin dingin suhunya. Sementara itu, Samudra Antartika termasuk dalam salah satu benua tinggi dengan rata-rata 2.300 meter.

Nah, itulah penjelasan terkait suhu mana yang lebih dingin antara Kutub Utara dan Kutub Selatan. Semoga mudah dipahami ya, detikers!



Simak Video "Penampakan Dieng 'Membeku', Suhu Minus 1,2 Derajat Celsius"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia