7 Lulusan S1 Termuda di Indonesia, Ada yang Masuk Rekor MURI

7 Lulusan S1 Termuda di Indonesia, Ada yang Masuk Rekor MURI

Devi Setya - detikEdu
Rabu, 08 Jun 2022 16:00 WIB
Rein Vidya, wisudawan termuda Unpad yang lulus dari Fakultas Kedokteran di usia 19 tahun.
Foto: Dok. Unpad
Jakarta -

Prestasi membanggakan datang dari beberapa anak muda Indonesia. Ada banyak yang lulus S1 dengan usia muda, bahkan ada yang baru berusia 17 tahun.

Ketekunan dan sikap disiplin membawa para muda-mudi Indonesia ini bisa menyandang gelar sebagai sarjana di usia yang masih muda. Jurusan kuliah yang mereka ambil juga bukanlah ilmu yang terbilang mudah.

Menjadi hal yang membanggakan ketika bisa menyelesaikan kuliah S1 di usia yang masih belia. Lulusan S1 termuda yang baru saja lulus adalah Rein Vidya Banafsha yang baru lulus dari Fakultas Kedokteran, Universitas Padjadjaran (UNPAD) di usia 19 tahun.

Selain Rein, ada juga lulusan termuda lainnya dari Indonesia. Jurusan kuliah yang diambil pun beragam mulai dari Teknik Komputer, Matematika, hingga Kedokteran.

Berikut beberapa lulusan S1 termuda dari Indonesia:

1. Rein Vidya Banafsha (19 tahun)

Rein Vidya Banafsha, wisudawan termuda UnpadRein Vidya Banafsha, wisudawan termuda Unpad Foto: istimewa/Unpad

Dara bernama Rein Vidya Banafsha ini tengah menjadi buah bibir di kalangan akademika. Rein tercatat menjadi wisudawan termuda yang lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad).

Rein menjadi wisudawan termuda di usia 19 tahun 4 bulan. Predikat tersebut ia dapatkan pada Upacara Wisuda Gelombang 3 Tahun Akademik 2021/2022, Selasa (7/6/2022). Sebelum menjadi lulusan S1 termuda di UNPAD, Rein juga pernah menjadi mahasiswa termuda karena ia memulai perkuliahan di usia 15 tahun.

Rein dinyatakan lulus pada Februari 2022 lalu dengan waktu kuliah 3,5 tahun. Saat masih duduk di bangku SMP dan SMA pun Rein masuk dalam kelas akselerasi. Kini Rein tengah mempersiapkan diri untuk melanjutkan Pendidikan Profesi Kedokteran untuk meraih gelar dokternya. Ia juga mantap memilih pendidikan spesialis.

2. Rafidah Helmi (17 tahun)

wisudawan s1 termudaRafidah Helmi wisudawan s1 termuda Foto: Angling Adhitya P/detikcom

Gadis kelahiran 31 Juli 1998 asal Sukabumi ini berhasil menyelesaikan studi S1 di Universitas Islam Sultan Agung Semarang (Unissula) pada usia 17 tahun 9 bulan. Rafidah memang dikenal sebagai anak yang cerdas, ia bahkan masuk sekolah SD saat usianya masih 4 tahun 10 bulan.

Selama menempuh pendidikan di SD, SMP dan SMA, Rafidah selalu masuk dalam kelas akselerasi. Ia juga mulai terdaftar menjadi mahasiswa saat usianya baru 14 tahun. Rafidah lulus S1 jurusan kedokteran di usia 17 tahun.

3. Riana Helmi (17 tahun)

Kisah kesuksesan Rafidah yang lulus S1 di usia 17 tahun ternyata diawali oleh sang kakak, Riana Helmi. Riana Helmi juga menorehkan prestasi sebagai lulusan S1 jurusan kedokteran termuda di Indonesia.

Riana menjadi dokter muda di usia 17 tahun 9 bulan pada Mei 2009. Ia menyelesaikan kuliah sebagai seorang dokter penuh pada umur 19 tahun 9 bulan. Karena tercatat sebagai lulusan S1 termuda dari UGM, nama Riana bahkan tercatat dalam rekor MURI.

4. Musa Izzanardi Wijanarko (18 tahun)

Izzan menjadi lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) termuda pada wisuda ketiga tahun akademik 2020/2021. Ia lulus S1 saat baru berusia 18 tahun 8 bulan. Pria alumnus program studi Matematika angkatan 2017 ini suka dengan matematika sejak kecil.

Fakta menarik dari Izzan adalah, sebelum di ITB, ia tak pernah mengikuti sekolah formal sebelumnya. Agar melewati jenjang setara SMA, Izzan menjalani program homeschooling. Ia juga aktif berorganisasi dan pernah menjabat sebagai ketua dalam beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di ITB.

5. Muhammad Dimas Nugraha Aryatama (19 tahun)

Cerita Wisudawan Termuda ITS Raih Gelar Sarjana di Usia 19 TahunCerita Wisudawan Termuda ITS Raih Gelar Sarjana di Usia 19 Tahun Foto: Istimewa

Dari Jawa Timur, ada sosok yang pernah menjadi lulusan S1 termuda di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Pada wisuda ke-112 tahun 2020 lalu, Muhammad Dimas Nugraha Aryatama diwisuda saat usianya baru 19 tahun 7 bulan.

Pada jenjang SMA, Dimas mengikuti jalur akselerasi dan lulus hanya dalam kurun waktu 2 tahun. Dimas pun menjadi mahasiswa Departemen Teknik Komputer ITS saat usianya baru 15 tahun.

6. Fachruddin Ari Setiawan (19 tahun)

Mahasiswa ITS Surabaya Fachruddin Ari Setiawan diwisuda pada Sabtu (14/9/2019). Ia menjadi wisudawan Termuda ITS karena baru berusia 19 tahun 8 bulan.Mahasiswa ITS Surabaya Fachruddin Ari Setiawan diwisuda pada Sabtu (14/9/2019). Ia menjadi wisudawan Termuda ITS karena baru berusia 19 tahun 8 bulan. Foto: Istimewa

Masih dari ITS Surabaya, ada sosok Fachruddin Ari Setiawan juga merupakan lulusan termuda yang di wisuda ITS saat itu. Fachruddin lulus dan diwisuda saat usianya baru 19 tahun 8 bulan.

Fachruddin dikukuhkan sebagai sarjana Departemen Teknik Elektro di wisuda ke-120 ITS. Pria yang akrab disapa Ari ini lulus dari SMA Negeri 1 Kediri pada umur 15 tahun dan langsung memulai kuliah di ITS.

7. Arya Bagus Kevin Rajendra (17 tahun)

Di tahun 2014, Arya Bagus Kevin Rajendra sempat viral karena ia diterima sebagai maba Teknik Sipil UGM di umur yang baru 14 tahun. Melansir dari Kagama yang dikelola ikatan alumni UGM, pria yang akrab disapa Kevin ini menjadi mahasiswa UGM termuda saat itu.

Empat tahun kemudian, dirinya lulus, masih dengan predikat termuda saat usianya baru 17 tahun 11 bulan. Kevin mengikuti jejak sang kakak yang menjadi wisudawan Teknik Sipil ITB saat usianya masih 19 tahun.

Itulah beberapa lulusan S1 termuda di Indonesia. Semoga menjadi inspirasi dan menambah semangat ya, Detikers!



Simak Video "Terbitkan Ijazah Tanpa Kuliah, Akreditasi Perguruan Tinggi di Surabaya Dicabut"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia