Perbedaan Etika dan Moral, Sering Dianggap Sama Padahal Maknanya Berbeda

Anisa Rizki - detikEdu
Senin, 06 Jun 2022 10:30 WIB
Tolak bersalaman, pasangan Muslim tidak mendapat kewarganegaraan Swiss
Perbedaan moral dan etika. Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Terdapat beberapa perbedaan antara etika dan moral. Keduanya sering disebut mirip bahkan sama.

Meskipun disebut mirip, penggunaan kata etika dan moral dalam kehidupan sehari-hari jelas berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan di bawah ini mengenai perbedaan etika dan moral.

Pengertian Etika

Pengertian etika merujuk kepada perlakuan atau perbuatan yang baik. Secara etimologis, etika berasal dari kata "ethikos" yang memiliki arti susila, keadaban atau kelakuan.

Sedangkan menurut Drs. O. P. Simorangkir, etika adalah pandangan manusia terhadap baik dan buruknya perilaku manusia. Hal ini sebagaimana dikutip dari buku Pembelajaran Etika dan Penampilan bagi Millennial Abad 21 karya Dr. Wenny S.S., M.S.

Selain itu, etika juga memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu:

1. Etika Filosofis

Etika filosofis ini merupakan etika yang muncul dari aktivitas berpikir manusia. Dalam arti lain, etika disebut sebagai bagian dari filsafat.

2. Etika Deskriptif

Etika deskriptif diartikan sebagai usaha menilai tindakan seseorang berdasarkan ketentuan atau norma yang tumbuh dalam masyarakat itu sendiri. Biasanya, etika jenis ini memandang kebiasaan yang telah ada dalam masyarakat sebagai acuan etis.

3. Etika Normatif

Etika normatif didasarkan pada sifat hakiki kesusilaan yang melihat perilaku serta tanggapan-tanggapan kesusilaannya dan menjadikan norma sebagai panutan. Etika normatif menunjukan perilaku yang baik dan buruk.

4. Etika Deontologi

Etika yang satu ini merupakan tindakan yang dinilai baik dan buruknya berdasarkan sesuai atau tidaknya dengan kewajiban. Etika deontologi menekankan motivasi, kemauan baik dan watak yang kuat untuk bertindak sesuai dengan kewajiban.

5. Etika Teleologi

Etika teleologi berarti menilai baik buruk suatu tindakan berdasarkan tujuan dan akibat dari tindakan tiu sendiri. Jadi, suatu tindakan dinilai baik jika bertujuan baik dan mendatangkan akibat yang baik.

Pengertian Moral

Setelah membahas etika, selanjutnya akan dipaparkan pengertian dari moral. Berdasarkan buku Membangun Moral dan Etika Siswa Sekolah Dasar yang disusun oleh Andi Widhia Putra dkk, moral secara etimologi berasal dari bahasa latin yaitu "mos" yang mempunyai arti kebiasaan atau adat.

Secara umum, pengertian moral berarti suatu hukum dan perilaku yang diterapkan untuk setiap manusia dalam bersosialisasi dengan sesamanya hingga terjalin rasa saling menghormati satu sama lain. Seseorang yang bermoral berarti mematuhi nilai-nilai dan norma-norma yang dipegang oleh masyarakat.

Selain pengertian, moral juga memiliki jenis-jenisnya sendiri yaitu:

1. Moral Ketuhanan

Moral ketuhanan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan nilai keagamaan. Biasanya, moral ini diwujudkan dengan cara menghargai satu sama lain meskipun memiliki agama yang berbeda.

.2. Moral Ideologi dan Filsafat

Moral jenis ini merupakan segala hal yang berhubungan dengan loyalitas pada semangat kebangsaan. Moral ideologi dapat dilihat dengan menjunjung tinggi dasar negara serta menolak ideologi asing.

3. Moral Etika dan Kesusilaan

Moral etika dan kesusilaan membahas soal kesusilaan dengan etika yang dijunjung suatu bangsa, masyarakat, serta negara. Kesusilaan ini menyangkut tradisi maupun budaya.

4. Moral Disiplin dan Hukum

Moral jenis ini adalah segala hal yang berkaitan dengan kode etik serta profesionalitas dan hukum yang berlaku di suatu masyarakat bahkan negara. Contoh nyatanya yaitu menggunakan perlengkapan lalu lintas ketika berkendara.

Perbedaan Etika dan Moral

Setelah mengetahui arti serta jenis-jenis dari etika dan moral, maka akan muncul pertanyaan terkait perbedaan antara keduanya. Terlebih, setelah dibahas ternyata keduanya cukup mirip satu sama lain.

Mengutip dari sumber yang sama, perbedaan antara etika dan moral yaitu terletak pada etika yang lebih condong bersifat teoritis. Lain halnya dengan moral yang bersifat praktis.

Etika memang memandang tingkah laku manusia secara umum. Namun, moral memandang perilaku manusia secara lokal dan setempat.

Jika etika menjelaskan ukuran yang dipakai, maka moral merealisasikan ukuran tersebut dalam perbuatan.

Nah, itulah penjelasan mengenai perbedaan etika dan moral setelah membahas secara tuntas tentang pengertian dan jenis keduanya.



Simak Video "Duh, Anggaran Pemilu 2024 Belum Sepenuhnya Disetujui Kemenkeu"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia