3 Jenis Tes Psikotes dan Tips Mengerjakannya dari Psikolog

Nikita Rosa Damayati Waluyo - detikEdu
Senin, 06 Jun 2022 07:30 WIB
Ingin Lulus Psikotes Wawancara Kerja? Coba Latihan Tebak-tebakan Ini
Tips tes psikotes. Foto: Firdaus Anwar/detikHealth
Jakarta -

Saat mendaftar ke suatu perguruan tinggi atau melamar pekerjaan, tes psikotes kerap menjadi salah satu tahapan yang mesti dilalui. Tes psikotes dilakukan untuk mengukur dan memprediksi kinerja seseorang melalui kemampuan kognitif dan emosional yang dimiliki. Bagaimana cara mengerjakannya?

Seperti diketahui, terdapat 3 aspek yang diujikan dalam tes psikotes, yaitu aspek kecerdasan, kepribadian, dan sikap kerja. Kedua psikolog dari Kalbe Learning Centre, Agnez Dessyana dan Steffira Anjani, membagikan tips menghadapi ketiga jenis aspek yang diujikan.

Agnez dan Steffi mengungkapkan, sebelum melaksanakan psikotes ada tiga hal utama yang harus disiapkan, yakni fisik, mental, dan perlengkapan.

"Kita harus cukup istirahat, supaya bisa fokus saat mengerjakan karena akan menghadapi banyak soal dan perhatikan apa yang kalian makan hari sebelumnya. Jangan sampai memakan makanan yang bisa menyebabkan masalah saat menjalani tes," Jelas Steffi dari laman resmi Unair, Jumat (3/6/2022).

Ia menambahkan peserta untuk rileks dan tidak stres saat akan menjalani tes dan memastikan semua perlengkapan yang dibutuhkan sudah siap. Perlengkapan seperti alat tulis, transportasi, rute menuju lokasi tes juga harus disiapkan dengan baik karena para assessor juga akan menilai kandidat berdasarkan kesiapannya menjalani tes.

"Jika online, pastikan jaringannya stabil, perangkat lunak yang dibutuhkan kompatibel dan lingkungan kondusif sehingga tidak mengganggu konsentrasi kalian saat tes," ujarnya.

Kemudian, apa saja tips untuk menghadapi ketiga aspek yang diujikan dalam tes psikotes? Berikut tipsnya.

Tips Mengerjakan Tes Psikotes Berdasarkan Aspek yang Diujikan

1. Aspek Kecerdasan

Steffi dan Agnez mengungkapkan bahwa tipe soal kecerdasan merupakan soal yang bisa dilatih. Oleh karena itu, mereka menyarankan untuk memperbanyak melakukan latihan dan studi kasus. Tipe soal yang diberikan mencangkup soal logika, numerik, dan analitik untuk mengukur kemampuan kognitif seseorang.

"Kalian bisa memanfaatkan platform game seperti sudoku, TTS atau permainan game logika menggunakan ponsel kalian. Selain itu kalian juga bisa belajar mengerjakan soal-soal yang ada," terangnya.

2. Aspek Kepribadian

Soal kepribadian digunakan untuk menilai karakter seseorang. Steffi dan Agnez menjelaskan, dalam soal ini tidak ada benar dan salah dan tidak dibatasi waktu. Tips untuk menghadapi soal ini adalah dengan mengerjakannya secara jujur sesuai dengan diri masing-masing.

"Karena jika kita mengarang karena ingin terlihat bagus maka akan membuat hasil tes tidak konsisten dan tidak bisa dibaca," jelas Steffi.

3. Aspek Sikap Kerja

Penilaian terakhir yaitu sikap kerja, seseorang akan dihadapkan pada soal yang cukup beragam. Soal ini biasanya untuk menilai kemampuan seseorang berkonsentrasi, ketelitian dan kemampuan kerja dalam tim.

Untuk menghadapinya, Agnez dan Steffi menganjurkan untuk memperhatikan dengan seksama instruksi yang diberikan. Mereka menjelaskan, dalam beberapa kasus, terdapat soal yang sama namun dikerjakan secara berbeda.

"Jadi meskipun kalian pernah mengerjakan di lain tempat tetap perhatikan instruksi assessor. Selain itu, lanjutnya, jangan lupa lakukan refleksi terhadap gaya kerja kita. Jangan sampai nanti ketika sudah diterima, ternyata gaya kerja perusahaannya tidak sesuai dengan kita kan, kalian sendiri yang repot," tutupnya.

Nah, itulah tips mengerjakan tes psikotes bagi kamu yang ingin mendaftar perguruan tinggi atau melamar kerja. Semoga berhasil, detikers!



Simak Video "Heboh Pelamar Kerja Membludak Hingga Depan Pabrik di Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia