Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bagaimana Sejarahnya?

Nikita Rosa Damayati Waluyo - detikEdu
Minggu, 05 Jun 2022 19:24 WIB
Foto udara kawasan hutan lindung yang gundul di Kaki Gunung Tangkuban Parahu, Sukawana, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (26/3/2022). Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat, luas tutupan hutan di Pulau Jawa hingga 2020 hanya tinggal 17 persen, turun dari sebelumnya 26 persen pada 1990. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Hutan di Jawa. Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Hari Lingkungan Hidup sedunia dirayakan untuk memperingati isu lingkungan tiap 5 Juni. Peringatan ini dimulai sejak Konferensi Stockholm sebagai pengingat terhadap masalah lingkungan.

Dikutip dari laman resmi World Environment Day, Konferensi Stokcholm tahun 1972 adalah pertemuan tingkat pertama di dunia yang membahas isu lingkungan. Konferensi ini menjadi pendorong dunia memperhatikan isu lingkungan.

Tiap negara akhirnya mendirikan Kementerian Lingkungan mereka sendiri. Perwakilan Indonesia dalam konferensi tersebut adalah cendekiawan Emil Salim yang saat itu menjabat sebagai Menteri Penertiban Aparatur Negara.

Setelah melakukan pembicaraan panjang, konferensi PBB tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan terkait kondisi lingkungan . Dikutip dari Kementerian Lingkungan Hidup dan dan Kehutanan, ini hasil Konferensi Stockholm

1. Deklarasi Stockholm

Isi Deklarasi ini adalah berbagai prinsip yang harus digunakan dalam mengelola lingkungan. Prinsip digunakan juga di tataran internasional untuk lingkungan di masa depan.

2. Rencana Aksi

Rencana aksi mencakup perencanaan alam yang berkaitan dengan pemukiman, pengelolaan sumber daya alam, pengendalian pencemaran lingkungan, pendidikan serta informasi mengenai lingkungan hidup.

3. Segi Kelembagaan

Pembentukan United Nations Environment Program (UNEP) sebagai badan PBB yang menangani program lingkungan dan memiliki pusat di Nairobi, Kenya, Afrika. Badan ini berfungsi mengkoordinir kebijakan terhadap alam serta menggalakkan sustainable untuk dunia.

Tema Hari Lingkungan Hidup berbeda setiap tahunnya. Memperingati 50 tahun Konferensi Stockholm, tema Hari Lingkungan Hidup tahun ini sama dengan saat pertemuan yaitu #OnlyOneEarth atau Hanya Ada Satu Bumi.

Pada Tahun 2020, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah Time For Nature. Tema ini mengajak penduduk dunia menyadari makanan, air, dan ruang hidup adalah manfaat dari alam sehingga harus dijaga kelestariannya.

#OnlyOneEarth mengadvokasi perubahan lingkungan dalam skala global. Kampanye ini menyoroti perubahan iklim, alam, dan polusi sambil mendorong semua orang untuk hidup berkelanjutan serta ramah lingkungan.



Simak Video "Kebakaran Hutan di Spanyol Meluas Akibat Gelombang Panas"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia