Amirul Mukminin Berarti Pemimpin Orang Beriman, Siapa Pemilik Gelar Ini?

Rahma Harbani - detikEdu
Kamis, 02 Jun 2022 17:30 WIB
Ilustrasi Umar bin Khattab
Ilustrasi. Amirul Mukminin yang berarti pemimpin orang-orang beriman merupakan julukan dari khalifah Umar bin Khattab. (Fauzan Kamil/detikcom)
Jakarta -

Amirul Mukminin yang berarti pemimpin orang-orang beriman merupakan julukan dari khalifah Umar bin Khattab RA. Umar disebut sebagai orang pertama yang mendapat julukan tersebut.

"Umar dicatat sebagai orang yang pertama kali digelari Amir al Mu'minin (pemimpin orang beriman)," bunyi keterangan dari buku Kisah Hidup Umar ibn Khattab oleh Mustafa Murrad.

Gelar Amirul Mukminin ini diketahui digunakan oleh Umar sebagai tanda pengenal dalam suratnya. Hal ini juga, disebut cendekiawan muslim Husain Haekal, sebagai pengganti bahasa untuk menjelaskan khalifah pengganti dari penggantinya Rasulullah SAW (khalifah khalifatur Rasulullah).

Hal ini didasarkan pada Kitab Tarikh Al-Khulafa' oleh Imam As Suyuthi yang menceritakan tentang penyematan gelar pada khalifah pengganti Rasulullah SAW. Berikut bunyinya,

وأخرج ابن عساكر عن معاوية بن قرة قال: كان يكتب: من أبي بكر خليفة رسول الله صلى الله عليه وسلم، فلما كان عمر بن الخطاب أرادوا أن يقولوا: خليفة خليفة رسول الله

Artinya: Ibnu Asakir meriwayatkan dari Muawiyah bin Qarrah bahwa: Dahulu Abu Bakar ditulis sebagai 'Pengganti (Khalifah) Rasulullah'. Ketika Umar menggantikan, mereka hendak menyebutkan 'Penggantinya Pengganti Rasulullah'

Mengapa Umar bin Khattab diberi gelar Amirul Mukminin?

Diceritakan dalam buku Umar bin Khattab RA oleh Abdul Syukur Al Azizi, Umar bin Abdul Aziz pernah bertanya pada Abu Bakar bin Sulaiman bin Khatsamah atau Hatsmah. Ia menyebut, tiap surat yang ditulis dari Abu Bakar RA selalu diberi tanda pengenal Abu Bakar Khalifah Rasulullah SAW, begitu pun dengan Umar bin Khattab.

"Lantas, siapa yang pertama kali mengubah julukan untuk Umar bin Khattab RA menjadi Amirul Mukminin?" tanya Umar bin Abdul Aziz.

Abu Bakar bin Sulaiman pun mengutip cerita dari neneknya yakni seorang wanita muhajirat yang bernama Asy Syifa. Saat itu, Umar bin Khattab menulis surat kepada pejabat di Irak agar mereka mengirim dua orang untuk membagikan informasi padanya perihal Irak dan masyarakatnya.

Pejabat yang disurati Umar kemudian mengirim Lubaid bin Rabi'ah dan Adi bin Hatim. Keduanya kemudian bertandang ke Masjid Nabawi sesampainya mereka di Madinah.

Hingga akhirnya, kedua utusan dari Irak tersebut bertemu dengan Amr bin Ash RA. Lubaid dan Adi pun berkata pada Amr bin Ash,

"Bantulah kamu meminta izin untuk bertemu dengan Amirul Mukminin Umar,"

Amr pun kembali bertanya, "Mengapa kau memanggil khalifah dengan Amirul Mukminin?"

Utusan itu menjawab, "Ya, karena Umar adalah pemimpin (amir), sementara kita adalah orang-orang beriman (mu'minin),"

Amr yang mendengar jawaban tersebut pun menilai panggilan itu sangat baik. "Demi Allah, tepat sekali engkau menyebutkan namanya,"

Kemudian, Amr masuk menemui Khalifah Umar dan berkata, "Assalamu'alaika wahai Amirul Mukminin,"

"Apa yang terlintas dalam benakmu dengan nama yang kamu sebutkan tadi, wahai Ibnu Ash? Beritahukanlah kepadaku apa yang mendorongmu memanggilku dengan sebutan tadi," tanya Umar.

Lalu, Amr menceritakan pertemuan dan pembicaraannya dengan kedua utusan dari Irak tersebut. "Kedua utusan itulah yang memulai menyebut Amirul Mukminin. Dan, aku rasa sangat cocok untuk namamu," terang Amr.

"Kami kaum mukminin, dan Anda ialah amir (pemimpin) kami," lanjutnya.

Sejak saat itulah, surat-surat yang dikirimkan oleh Umar bin Khattab selalu dibubuhi dengan julukan Amirul Mukminin. Julukan yang berarti pemimpin para kaum mukminin.

Setelahnya, mengutip Bangkit Dan Runtuhnya Khilafah Bani Abbasiyah olehSyaikh Muhammad Al-Khudari, pemimpin Islam usai Khulafaur Rasyidin juga menggunakan gelar ini. Pada masa pimpinan Abdurrahman An Nashir, misalnya, ia menjadi orang pertama yang menggunakan gelar Amirul Mukminin dari Dinasti Bani Umayyah di Andalusia.



Simak Video "Polisi India Tembak Mati 2 Pedemo soal Pelecehan Nabi Muhammad"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia