ADVERTISEMENT

Mengenal Seni Karawitan dan Alat-alat Musik yang Digunakan

Anisa Rizky - detikEdu
Rabu, 01 Jun 2022 17:00 WIB
Tim Karawitan Penyambut Presiden
Ilustrasi Seni Karawitan (Foto: Tim Karawitan (Foto: dok. SIDH)
Jakarta -

Seni Karawitan merupakan salah satu jenis musik tradisional yang berasal dari Jawa. Seni karawitan tumbuh dan berkembang di daerah Jawa Tengah, Yogyakarta hingga Jawa Timur.

Biasanya, karawitan ini sering disebut dengan musik gamelan. Pembawaannya juga cenderung lembut dan halus.

Kata karawitan sendiri berasal dari bahasa Jawa "rawit" yang memiliki arti halus dan lembut. Maka dari itu pembawaan gamelan dalam karawitan sangat halus dan lembut.

Seni karawitan sering dijumpai pada acara acara penting seperti perpisahan sekolah, pernikahan, upacara keagamaan dan lain sebagainya. Dalam seni karawitan, diajarkan beberapa nilai nilai yang menyangkut kehidupan manusia.

Nilai nilai tersebut berkaitan dengan keindahan, sejarah, budaya, spiritual, kepemimpinan, sosial dan psikologis. Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Luthfi Samudro, dkk dalam bukunya yang berjudul Mandala Berbudaya: Astha Jathayu.

Seni karawitan dikemas dengan alunan instrumen dan vokal yang sangat indah sehingga mudah dinikmati oleh semua kalangan. Selain disebut sebagai kesenian klasik, seni karawitan sering disebut sebagai salah satu warisan seni dan budaya yang kaya akan nilai historis dan filosofis.

Pada seni karawitan, penggunaan alat musik Gamelan merupakan salah satu unsur yang tidak dapat dipisahkan. Seperti yang kita tahu, gamelan sangat lekat dengan budaya Jawa dari dulu hingga sekarang.

Pada karawitan, laras yang digunakan yaitu ada dua jenis; laras slendro dan laras pelog. Laras dan slendro memiliki arti satu gembyangan atau oktaf yang dibagi menjadi lima nada dengan interval yang sama rata.

Sedangkan pelog merupakan satu gembyangan yang dibagi menjadi tujuh nada dengan interval yang berbeda beda.

Alat Musik yang Digunakan dalam Seni Karawitan

Mengutip dari Buku Siswa Seni Budaya SMA/MA Kelas 10 yang disusun oleh Jelly Eko Purnomo, S.Pd dan Zefri Yandra, S.Pd, instrumen gamelan Jawa yang digunakan dalam seni karawitan biasanya terdiri dari demung, bonang, gambang, kenong, saron, rebab, gong, kendang dan slenthern.

1. Demung

Demung merupakan jenis instrumen gamelan yang terbuat dari perunggu dengan bentuk bilah persegi panjang. Penataannya pun dilakukan dengan cara berderet.

Demung laras slendro berjumlah sebanyak 6 bilah, sedangkan laras pelog berjumlah sebanyak 7 bilah.

2. Bonang

Bonang terdapat 2 jenis, yaitu bonang besar atau biasa disebut dengan bonang barung dan bonang kecil atau bonang penerus. Bonang ini terbuat dari perunggu dengan bentuk bulat berongga dan terdapat benjolan di atas bagian tengah.

Pada laras slendro, bonang ditata dengan dua jajar, atas dan depan dengan jumlah 5 pencon, lalu bawah dan belakang dengan jumlah 5 pencon. Sedangkan pada laras pelog, bonang ditata dua jajar atas, depan, bawah dan belakang dengan masing masing berjumlah 7 pencon.

3. Gambang

Gambang adalah jenis instrumen gamelan dengan bentuk bilah persegi panjang dan terbuat dari kayu. Gambang ditata secara berderet.

Pada seperangkat gamelan yang lengkap, ada tiga buah gambang yaitu gambang slendro, gambang pelog bem, dan gambang pelog barang.

4. Kenong

Dibuat dari perunggu dengan bentuk bulat berongga dan terdapat benjolan di atas tengah. Ukuran kenong cenderung lebih besar dari bonang dan ditata secara berjajar membentuk kotak.

5. Saron

Saron merupakan instrumen gamelan yang terbuat dari perunggu dengan bentuk bilah persegi panjang dan ditata berderet dengan ukuran dan nada lebih kecil dari demung.

6. Rebab

Rebab terbuat dari kayu dan dilapisi membran dari kulit hewan dengan dilengkapi dua buah dawai. Cara memainkannya sendiri yaitu dengan digesek.

7. Gong

Gong dibuat dari perunggu dengan bentuk bulat berongga dan terdapat benjolan di bagian tengah. Gong ditata dengan cara digantung pada rancakan.

Itulah pembahasan tentang seni karawitan beserta alat alat yang digunakannya. Semoga dapat membantu ya, detikers!



Simak Video "Mengenal Jegog, Seni Musik Tradisional Jembrana Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia