Ini Firman Allah yang Menjelaskan Malaikat Selalu Patuh pada Perintah-Nya

Kristina - detikEdu
Kamis, 26 Mei 2022 07:00 WIB
Ilustrasi Al Quran
Ilustrasi firman Allah yang menjelaskan bahwa malaikat selalu patuh pada perintah-Nya. Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Allah SWT menciptakan berbagai jenis makhluk dengan fitrahnya masing-masing. Di antara para makhluk ciptaan-Nya, malaikat adalah makhluk yang selalu patuh pada perintah Allah SWT.

Firman Allah SWT yang menjelaskan bahwa malaikat selalu patuh pada perintah-Nya terdapat dalam surah At Tahrim ayat 6. Dia berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ - ٦

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."

Menurut tafsir Kementerian Agama, ayat tersebut menjelaskan tentang perintah Allah SWT kepada orang-orang yang beriman agar menjaga dirinya dari api neraka dan bahan bakarnya yang terdiri dari manusia dan batu, dengan cara taat dan patuh melaksanakan segala perintah-Nya.

Selain itu, Allah SWT juga memerintahkan kepada mereka untuk mengajarkan kepada keluarganya agar taat dan patuh kepada perintah Allah SWT. Sehingga, mereka akan selamat dari siksa api neraka.

Neraka tersebut dijaga oleh malaikat yang kasar dan keras. Para malaikat berwenang untuk menyiksa orang-orang yang melanggar perintah Allah di dalam neraka.

Pada akhir ayat Allah SWT menegaskan bahwa malaikat adalah makhluk yang selalu patuh pada perintah-Nya. Mereka tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya dan selalu mengerjakan apa yang diperintah-Nya.

Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan, maksud dari akhir ayat yang berbunyi:

لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Artinya: "yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan­Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."

adalah malaikat selalu mengerjakan apapun yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada mereka tanpa terlambat.

"Mereka memiliki kemampuan untuk mengerjakannya: tugas apapun yang dibebankan kepada mereka, mereka tidak mempunyai kelemahan. Itulah Malaikat Zabaniyah atau juru siksa, semoga Allah melindungi kita dari mereka," tulis Ibnu Katsir.

Surah At Tahrim yang menjelaskan tentang kepatuhan malaikat ini merupakan surah ke-66 dalam urutan mushaf Al-Qur'an. Surah ini terdiri dari 12 ayat.



Simak Video "KuTips: Tips Betah Baca Al-Qur'an Biar Khatam Pas Ramadan!"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia