Surat Al Waqiah: Manfaat, Waktu Dibaca, dan Bacaan Doanya

Rahma Harbani - detikEdu
Rabu, 25 Mei 2022 17:00 WIB
al Quran on a recal in a mosque
Ilustrasi. Ini penjelasan manfaat surat Al Waqiah, waktu dibacanya, hingga doa setelah dibacanya. (Getty Images/iStockphoto/Muhammad Fadli)
Jakarta -

Surat Al Waqiah adalah surah ke-56 dan terletak di juz ke-27 dalam Al Quran. Surat yang berjumlah 96 ayat ini mungkin menjadi salah satu pilihan bacaan Al-Qur'an yang rutin dibaca sehari-hari.

A. Apa Keutamaan membaca surat Al Waqiah?

Surat Al Waqiah termasuk dalam kelompok surat yang dibaca Rasulullah SAW hingga membuatnya beruban. Menurut Amirulloh Syarbini & Sumantri Jamhar dalam buku Kedahsyatan Membaca Al Quran menafsirkan, makna beruban tersebut artinya surat Al Waqiah menjadi salah satu surat yang paling sering dibaca oleh Rasulullah SAW.

عن ابنِ عبّاسٍ قالَ : قالَ أَبُو بَكْر رضي الله عنه: "يَا رَسُولَ الله قَدْ شِبْتَ. قالَ: شَيّبَتْنِي هُودٌ وَالْوَاقِعَةُ وَالمُرْسَلاَتُ و {عَمّ يَتَسَاءَلُونَ} و {إِذَا الشّمْسُ كُوّرَتْ}"Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani, Al-Hakim dan Adz-Dzahabi. Bunyi haditsnya sebagai berikut,

Artinya: Seperti diceritakan Ibnu Abbas, Abu Bakar berkata, "Wahai Rasulullah, engkau telah beruban." Nabi SAW menjawab, "Telah membuatku beruban (surat) Huud, Al-Waaqiah, Al-Mursalaat, Amma yatasaa aluun, dan Idzasy Syamsu kuwwirat." (HR Tirmidzi).

Di samping itu, surat Al Waqiah juga dikenal sebagai doa untuk memperlancar rezeki. Sesuai yang dikisahkan dari Ibnu Mas'ud RA, ia mendengar Rasulullah SAW bersabda,

ﻗﺎﻝ: ﺇﻧﻲ ﻗﺪ ﻋﻠﻤﺘﻬﻢ ﺷﻴﺌﺎ ﺇﺫا ﻗﺎﻟﻮﻩ ﻟﻢ ﻳﻔﺘﻘﺮﻭا، ﺳﻤﻌﺖ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﻘﻮﻝ: مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا

Artinya: Ibnu Mas'ud berkata, "Saya telah mengajarkan sesuatu pada mereka, jika mereka membacanya tidak akan miskin. Saya mendengar Nabi SAW bersabda: 'Barang siapa membaca surat Al Waqiah tiap malam maka ia tidak akan miskin,'" (HR Al Baihaqi).

Namun, melansir dari arsip pemberitaan detikcom, sejumlah ulama menilai hadits di atas tingkatannya lemah. Dinilai lemah karena dalam silsilah perawinya ada seorang yang lemah identitasnya.

Meski demikian, membaca surat Al Waqiah secara rutin ternyata sudah menjadi kebiasaan oleh para ulama terdahulu. Hal ini diungkap oleh Imam Ghazali dalam Kitab Fath Qadir yang menyebutkan,

ﻭﻗﺎﻝ اﻟﻐﺰاﻟﻲ: ﻳﻌﺘﺎﺩ ﺃﻭﻟﻴﺎﺅﻧﺎ ﻣﻦ ﻗﺮاءﺓ ﺳﻮﺭﺓ اﻟﻮاﻗﻌﺔ ﻓﻲ ﺃﻳﺎﻡ اﻟﻌﺴﺮﺓ

Artinya: "Wali-wali kita membiasakan membaca surat Waqiah di hari-hari yang sulit,"

B. Kapan Waktu yang Baik untuk Membaca Surat Al Waqiah?

Menurut keterangan hadits tentang keutamaan surat Al Waqiah sebelumnya, bacaan surat ini dapat dibaca pada malam hari. Selain itu, Ustaz Ramadhan AM dalam buku Rahasia Dahsyat Al Fatihah, Ayat Kursi, dan Al Waqiah untuk Kesuksesan Karier dan Bisnis juga merekomendasikan pada saat usai salat fardhu maupun waktu pagi dan petang.

C. Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah

اَللَّهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِاْليَسَارِ,وَلاَتُوهِنَّابِاْلاِقْتَارِ , فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِيْ رِزْقِكَ وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَخَلْقِكَ وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ اَعْطَانَاوَنُبْتَلَى بِذَمِّ مَنْ مَنَعَنَاوَاَنْتَ مِنْ وَرَاءِذَلِكَ كُلِّهِ اَهْلُ اْلعَطَاءِ وَاْلمَنْعِ . اَللَّهُمَّ كَمَاصُنْتَ وُجْوُ هَنَاعَنِ السُّجُوْدِاِلاَّلَكَ فَصُنَّاعَنِ اْلحاَجَةِاِلاَّاِلَيْكَ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ , يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ (ثلاثا) اَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bacaan latin: Allahumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta'thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a'thona wa nubtala bi zammi man mana'ana wa anta min wara-i zalika ahlul 'atho-i wal man-'i.

Allahumma kama shunta wujuhana 'anis sujudi illa laka fa shunna 'anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamar rohimin wa shollallohu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Artinya: "Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rizki dari para pencari rizki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapapun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan."

Bacaan doa setelah membaca surat Al Waqiah ini dinukil dari kitab Khalashah Nabawiy dari al-Habib Umar bin Muhammad bin Hafidz. Amalan ini menjadi dapat menjadi pilihan umat muslim yang hendak mengakhiri bacaan surat dengan baik.



Simak Video "KuTips: Tips Betah Baca Al-Qur'an Biar Khatam Pas Ramadan!"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia