Tanggal 23 Mei Diperingati sebagai Hari Apa, Bisa Tebak?

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 23 Mei 2022 08:58 WIB
Ilustrasi kura-kura atau reptil
Peringatan tanggal 23 Mei 2022. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ainur Kuangaliyeva
Jakarta -

Tanggal 23 Mei merupakan peringatan istimewa untuk para pecinta satwa sedunia dan hari libur rakyat Kanada. Hari ini diperingati sebagai World Turtle Day dan Hari Victoria.

Hari Penyu dan Kura-Kura Sedunia ini diinisiasi oleh American Tortoise Rescue. Peringatan tersebut juga digagas untuk mendukung orang-orang melindungi penyu dan kura-kura sekaligus habitat mereka yang mengalami degradasi di seluruh dunia.

World Turtle Day 23 Mei

Orang-orang yang mendirikan American Tortoise Rescue adalah Susan Tellem dan Marshall Thompson. Dikutip dari situs resmi mereka mengampanyekan perlakuan manusiawi untuk semua hewan, tak terkecuali reptil. Sejak didirikannya organisasi tersebut pada tahun 1990, mereka sudah menyelamatkan sekitar 4 ribu penyu dan kura-kura.

Terlepas dari perayaan World Turtle Day pada 23 Mei ini, apakah detikers memahami perbedaan penyu dan kura-kura?

Kura-kura, penyu, maupun juga bulus adalah sama-sama jenis amfibi atau hewan yang dapat hidup di perairan maupun daratan. Dikatakan dalam CNN, perbedaan kura-kura dan penyu khususnya, terletak pada kebiasaan hidup mereka, perilaku mencari makan, serta bentuknya.

Apabila dilihat dengan cermat, perbedaan antara kura-kura dan penyu dapat dilihat dengan jelas. Kura-kura yang dapat hidup di air tawar ini mempunyai tempurung dan kulit yang keras. Kulitnya sendiri memiliki tampilan seperti totol-totol. Kura-kura juga mempunyai kuku-kuku yang tajam pada empat kakinya.

Apabila merasa terancam atau saat tidur, kura-kura akan bersembunyi di dalam tempurungnya. Konsumsi sehari-hari mereka adalah tumbuhan semacam lumut dan serangga kecil.

Sebaliknya, penyu lebih cenderung menghabiskan kesehariannya di laut. Kaki mereka pun berbentuk pipih layaknya sirip, sehingga lebih mudah untuk berenang di lautan.

Namun, ada juga penyu yang hidup di darat, yaitu penyu betina yang tengah akan bertelur. Berbeda dengan kura-kura, penyu tak dapat bersembunyi di dalam tempurung mereka. Makanan penyu pun berbeda. Hewan ini memakan ikan-ikan kecil serta plankton.

Hari Victoria

Hari Victoria adalah hari libur di Kanada untuk merayakan ulang tahun penguasa Inggris. Tahun 1845 saat rezim Ratu Victoria berkuasa, tanggal 24 Mei yang merupakan ulang tahun ratu ditetapkan sebagai hari libur di Kanada.

Kemudian, setelah kematiannya pada 1901, Parlemen Kanada menyatakan Hari Victoria sebagai hari libur resmi untuk dirayakan pada 24 Mei atau 25 Mei (jika 24 Mei jatuh pada hari Minggu). Ulang Tahun anak Victoria, Edward VII yang lahir pada 9 November juga dirayakan pada hari tersebut, mengikuti kebiasaan Inggris di mana ulang tahun seorang penguasa dirayakan pada hari ulang tahun pendahulunya.

Namun, budaya ini tidak dilakukan di Kanada untuk ulang tahun George V atau Edward VIII atau George VI. Kemudian, saat ulang tahun pertama Ratu Elizabeth II, perayaannya diselenggarakan pada bulan Juni, padahal dia lahir 21 April. Kanada pun terus merayakan Hari Victoria dan memindahkannya secara resmi pada hari Senin sebelum tanggal 24 Mei 1952.

Selanjutnya, ulang tahun Elizabeth dirayakan pada Hari Victoria. Kebiasaan ini pun dibuat permanen pada 1957.

Jadi, tanggal 23 Mei hari ini adalah peringatan Hari Penyu dan Kura-Kura Sedunia atau World Turtle Day dan Hari Victoria. Diingat ya, detikers!



Simak Video "Kenang Tragedi Berdarah 12 Mei, Mahasiswa Trisakti Gelar Aksi"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia