Pengertian Toleransi dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Anisa Rizki - detikEdu
Jumat, 20 Mei 2022 09:30 WIB
Indahnya keberagaman bukan hanya sekadar simbol dan ucapan belaka. Di Pulo Geulis ini toleransi antarumat beragama masih terawat hingga kini. Ini buktinya.
Toleransi dan contohnya. Foto: Zyra Trip Bebas
Jakarta -

Istilah toleransi merujuk pada sikap saling menghargai satu sama lain. Sikap toleransi sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya di Indonesia dengan ragam budaya dan perbedaan.

Toleransi merupakan konsep modern untuk menggambarkan sikap saling menghargai dan kerja sama antara kelompok masyarakat dengan beragam perbedaan. Maka dari itu, toleransi menjadi sikap yang sangat penting karena merupakan tindakan yang menghormati keragaman latar belakang, pandangan, dan kepercayaan.

Toleransi digolongkan sebagai sifat positif untuk menjaga kerukunan dan sebagai satu upaya pencegahan konflik dalam bermasyarakat. Sikap toleransi harus diperkenalkan sejak dini.

Berdasarkan buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) SMP/MTS Kelas 8 yang disusun oleh Sri Nurhayati, S.Pd, salah satu contoh toleransi tampak pada kongres pemuda I. Sebagaimana para pemuda menerima bahasa daerah dan menyampaikan pendapatnya dengan bahasa daerahnya masing masing.

Adapun contoh toleransi sendiri yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah:

1. Bergaul dengan semua orang tanpa membedakan kepercayaan masing masing. Meskipun kita berasal dari latar belakang budaya dan agama yang berbeda, kita harus mampu bekerjasama tanpa menjadikan hal tersebut sebagai satu kendala.

2. Menghargai dan memberikan kesempatan kepada teman dengan agama yang berbeda untuk berdoa tanpa mengejek atau diskriminasi.

3. Memberikan rasa aman kepada umat agama lain yang sedang beribadah. Jika kita menghormati mereka, maka mereka juga akan menghormati kita.

4. Tidak menghina agama lain. Dalam toleransi, tidak ada kata saling mengejek ataupun menghina meskipun tahu bahwa agama kita berbeda.

5. Ketika perayaan hari besar keagamaan umat lain, kita harus menghargai dan menghormatinya.

6. Tidak mengejek budaya orang lain baik itu dari logat dan ciri khasnya, karena masing masing budaya mempunyai keistimewaan dan keunikan tersendiri.

Nah itu dia pengertian toleransi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Setelah mengetahui itu semua, bisa dilihat betapa pentingnya toleransi.



Simak Video "Perbedaan itu Sebuah Keindahan dalam Toleransi Beragama"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia