Pengertian Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Ciri-cirinya

Olivia Sabat - detikEdu
Jumat, 12 Nov 2021 14:15 WIB
Tepian Situ Ciburuy yang mengering dimanfaatkan warga Kampung Sadang, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Bandung Barat, menjadi sarana bercocok tanam dan bermain bola bagi bocah yang haus akan arena permainan.
Foto: Whisnu Pradana
Jakarta -

Dalam kehidupan, manusia memiliki peran sebagai makhluk sosial. Melansir Sumber Belajar Kemdikbud, pendapat manusia sebagai makhluk sosial juga dikemukakan oleh Aristoteles melalui istilah zoon politicon.

Zoon politicon memiliki arti bahwa manusia dikodratkan untuk hidup bermasyarakat dan berinteraksi dengan manusia lain. Selain itu, manusia sebagai makhluk sosial juga berarti dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia akan selalu bergantung pada orang lain.

Dengan begitu, manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat dipisahkan dari kelompok masyarakat karena manusia memiliki naluri untuk hidup bersama dengan orang lain. Dalam kehidupan bermasyarakat, diperlukan interaksi sosial yang dapat diwujudkan dengan berbagai cara.

Interaksi sosial dapat dilakukan dengan cara berbincang, berjabat tangan, bertanya, bekerja sama, dan sebagainya. Bahkan, dalam era digital saat ini interaksi sosial dapat dilakukan secara daring tanpa tatap muka, seperti melakukan panggilan suara atau video melalui telepon dan mengirim pesan melalui aplikasi.

Ciri-ciri Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Mengutip Sumber Belajar Kemdikbud, manusia sebagai makhluk sosial memiliki naluri simpati dan empati, setia kawan, toleransi, dan tolong-menolong. Kemudian, naluri-naluri tersebut akan menciptakan masyarakat yang baik, harmonis, dan rukun
sehingga timbul norma, etika, serta sopan santun yang dianut oleh masyarakat.

Namun, jika hal tersebut dilanggar atau diabaikan, penyimpangan sosial akan terjadi. Ada dua keinginan yang dimiliki manusia sebagai makhluk sosial, yaitu

1. Menjadi satu dengan manusia lain yang ada di sekelilingnya (masyarakat).

2. Menjadi satu dengan alam di sekitarnya. Berdasarkan pengertian dan keinginan-keinginan tersebut, dapat disimpulkan bahwa manusia sebagai makhluk sosial memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

a. Manusia tidak dapat hidup sendiri.
b. Manusia memiiki kebutuhan sosial, yaitu berinteraksi dengan orang lain.
c. Manusia dapat mengembangkan potensinya jika hidup di tengah-tengah
manusia.



Simak Video "Pola Asuh Keluarga Penting Agar Anak Tangkas Berinternet "
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia