Mengenal Ciri-ciri Ideologi Terbuka beserta Dimensinya

Anisa Rizky - detikEdu
Kamis, 19 Mei 2022 16:30 WIB
Lambang Garuda Pancasila saat karnaval di Yogyakarta
Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia digolongkan sebagai ideologi terbuka. (Foto: Bagus Kurniawan/detikcom)
Jakarta -

Ideologi merupakan kumpulan gagasan, ide ataupun keyakinan yang menyeluruh serta sistematis. Ideologi menyangkut berbagai bidang pada kehidupan manusia. Ideologi dibagi menjadi dua, yaitu ideologi terbuka dan ideologi tertutup.

Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia digolongkan sebagai ideologi terbuka. Dalam Ideologi terbuka, sistem pemikiran tentunya juga terbuka dan luas.

Berbeda dengan ideologi tertutup yang hanya merupakan cita cita sekelompok orang, bersifat totaliter, pluralisme pandangan dan kebudayaan serta hak asasi ditiadakan.

Adapun sebuah ideologi dapat dikatakan terbuka apabila memenuhi beberapa ciri. Dikutip dari buku Kewarganegaraan 3 yang disusun oleh Drs. Chotib dkk, terdapat 5 ciri ideologi terbuka, yaitu sebagai berikut.

5 Ciri Ideologi Terbuka

1. Nilai dan cita-cita sudah hidup dalam masyarakat

Ideologi terbuka ini lahir dari masyarakat dan hadir dalam setiap kelompok di dalamnya. Semua gagasan atau pandangan yang luhur terhadap lingkungan akan melahirkan sebuah ideologi negara.

2. Hasil musyawarah dan konsensus masyarakat

Musyawarah yang baik pasti mengutamakan kata dan hasil mufakat dari semua pesertanya usai mencapaipertimbangan yang matang. Dalam musyawarah, akal kita dibentuk agar bisa menghasilkan keputusan bersama.

3. Dimiliki seluruh rakyat dan ideologi ini menjiwai ke dalam kepribadian masyarakat

Dasar negara Indonesia yaitu Pancasila, artinya mencerminkan ciri-ciri ideologi terbuka yang dapat dilihat pada setiap sila silanya.

Kepribadian masyarakat Indonesia yang lekat dengan kebudayaan dapat diolah sehingga memunculkan ide ide umum sebagai pemersatu keberagaman di Indonesia.

4. Sistem Pemerintahan yang terbuka

Sistem pemerintahan yang terbuka berarti pemerintahan di mana warga negaranya memiliki hak untuk mengetahui proses pemerintahan sehingga tercipta pengawasan publik yang efektif. Konsep yang sering dikaitkan yaitu transparansi dan akuntabilitas.

5. Dinamis dan reformis

Maksudnya masyarakat Indonesia akan selalu bersifat dinamis sesuai dengan perkembangan zaman. Orang Indonesia pada zaman kemerdekaan belum tentu mempunyai pemikiran yang sama dengan masyarakat pada zaman modern.

Selain ciri di atas, Pancasila sebagai ideologi terbuka artinya terbuka dalam setiap dimensi kehidupan. Sebagaimana dirumuskan oleh Dr. Alfian dalam sumber yang sama, ada 3 dimensi yang dikandung oleh ideologi terbuka.

Apa saja 3 dimensi dalam Ideologi Terbuka? Klik halaman selanjutnya untuk membaca

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia