Apa Itu Ikhtisar? Ini Definisi, Tujuan, Ciri, hingga Langkah Penulisannya

Afifah Rahmah - detikEdu
Kamis, 19 Mei 2022 11:00 WIB
Ilustrasi seseorang tengah menulis surat
Ilustrasi membuat ikhtisar. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ikhtisar adalah suatu pandangan secara ringkas berisi hal-hal yang penting saja. Apakah ikhtisar sama dengan ringkasan? Jawabannya tidak, keduanya memiliki perbedaan meski tujuannya sama.

Ikhtisar dan ringkasan sama-sama digunakan untuk menjelaskan inti dari suatu teks dengan bentuk yang lebih ringkas. Perbedaan keduanya dapat terlihat dari segi susunan pengambilan isi teks asli dan bagian isi teks yang diambil.

Agar lebih paham, simak penjelasan lengkap terkait ikhtisar mulai dari definisi, tujuan, fungsi, ciri-ciri, hingga langkah efektif untuk menulis ikhtisar berikut ini.

Definisi Ikhtisar

Ikhtisar adalah bentuk penyajian tulisan yang ringkas dan singkat dari teks asli, menurut buku Cemerlang Berbahasa Indonesia (Untuk Pendidikan Vokasi di Perguruan Tinggi) yang disusun oleh May Vitha Ramadhani dan Narudin.

Pada ikhtisar, urutan teks asli tidak begitu diperhatikan dan tidak harus meliputi keseluruhan isi teks secara proporsional. Hal terpenting dalam ikhtisar adalah penyampaian isi pokok permasalahan dan pemecahannya.

Hal ini selaras dengan pengertian ikhtisar yang dilansir Cambridge Dictionary bahwa ikhtisar adalah teks deskripsi singkat dan ringkas yang berisi gambaran secara keseluruhan dari informasi dalam suatu teks tanpa harus memberi rinciannya.

Adapun, ringkasan merupakan penyajian gagasan secara singkat yang merupakan inti dari tulisan panjang, namun ringkasan harus dibuat secara proporsional dan mempertahankan susunan teks yang asli.

Tujuan Ikhtisar

Dari laman Cambridge Dictionary dijelaskan juga bahwa tujuan ikhtisar adalah memberikan gambaran inti dari suatu teks yang sedang, akan, atau belum dibaca. Selain itu, ikhtisar memberi kesimpulan dari suatu gagasan sebagai penjelasan tambahan.

Fungsi Ikhtisar

Adapun fungsi ikhtisar tak lain yaitu untuk mempersingkat isi teks dengan menggunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele. Selain itu, ikhtisar berfungsi sebagai teks pembantu agar pembaca dengan mudah memahami dan mendapatkan ide masalah yang tengah dibahas dalam teks panjang.

Pembuatan ikhtisar bisa menjadi gagasan awal untuk mempengaruhi minat seseorang agar membaca teks asli yang lebih lengkap dan rinci. Artinya, ikhtisar dibuat dengan daya tarik untuk pembaca menyimak teks asli.

Ciri-ciri Ikhtisar

Berikut ini merupakan ciri-ciri ikhtisar yang perlu kamu ketahui:

  • Penulisan tidak mementingkan urutan gagasan
  • Bertujuan untuk mengambil inti dan menyederhanakan teks asli
  • Kombinasi kata dan frasa bebas asal tidak menyimpang dari inti teks
  • Kata yang digunakan harus lugas dan tidak bertele-tele

Langkah Penulisan Ikhtisar

Untuk membuat ikhtisar dari suatu teks, kamu harus membaca keseluruhan isi teks yang akan diringkas dan memahami penggunaan kalimat yang efektif untuk ikhtisar yang akan dibuat. Sebab, kunci dari ikhtisar adalah membuat teks padat namun kaya akan makna dari teks asli.

Cara menulis ikhtisar tidak perlu sesuai urutan dan mengikuti letak gagasan pokok di teks asli. Berikut ini cara mudah membuat ikhtisar dikutip dari buku Bahasa Indonesia yang disusun oleh Muhammad Yusup:

1. Kenali identitas buku

Mengenali identitas buku seperti judul, pengarang, penerbit, dan sebagainya. Hal ini berguna untuk memahami latar belakang isi teks asli, sehingga kamu bisa menuliskan ikhtisar berdasarkan pandangan penulis.

2. Cermati isi dalam setiap paragraf

Pahami isi teks untuk mendapatkan maksud inti atau kesan secara umum dari pandangan pengarang aslinya. Di sini kamu bisa mencari gagasan pokok atau gagasan utama dalam teks asli.

3. Menyusun kerangka tulisan

Setelah memahami dan menemukan inti dari suatu teks, maka buat teks dengan bahasa ringkas tentang inti dari paragraf. Tulis dengan kata dan kalimat sendiri namun tidak melenceng dari isi. Kamu juga tidak harus beraturan mengambil inti setiap paragraf.

4. Memeriksa tulisan asli

Sebagai evaluasi, perhatikan kembali dari teks asli apakah ada makna yang salah atau menyimpang? Sebab, ikhtisar dibuat dengan kombinasi kata-katamu sendiri, sehingga untuk mempertahankan isi dan makna teks asli kamu harus memastikan isinya sesuai dengan ikhtisar yang kamu buat.

Bagaimana, sudah paham kan cara membuat ikhtisar? Penulisannya sangat mudah namun tetap harus diperhatikan ya, detikers, karena ikhtisar adalah teks yang memberi gambaran umum dari teks asli.



Simak Video "Tulisan Teks Proklamasi Soekarno Sempat Dibuang di Keranjang Sampah "
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia