Surat Al-Furqan Ayat 63 Jelaskan Tentang Ibadurrahman, Apa Itu?

Anisa Rizki - detikEdu
Rabu, 18 Mei 2022 06:00 WIB
Ilustrasi Al Quran
Surat Al-Furqan ayat 63. Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Surat Al Furqan turun di Makkah dan tergolong sebagai surat makkiyah. Dalam surat Al Furqan ayat 63 ini, Allah SWT menjelaskan tentang ciri hamba Allah yang Maha Pengasih.

Berikut merupakan bunyi surat Al Furqan Ayat 63:

وَعِبَادُ الرَّحْمٰنِ الَّذِيْنَ يَمْشُوْنَ عَلَى الْاَرْضِ هَوْنًا وَّاِذَا خَاطَبَهُمُ الْجٰهِلُوْنَ قَالُوْا سَلٰمًا

Artinya: "Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan "salam,"

Mengutip dari Tafsir Kementrian Agama (Kemenag), isi kandungan surat Al Furqan ayat 63 menjelaskan tentang salah satu ciri Ibadurrahman. Salah satu cirinya yaitu adalah orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan tidak dibuat buat.

Orang tersebut berjalan tanpa sombong, baik dalam sikap maupun tindakan. Sebab ia tahu betul bahwa sombong merupakan sikap tidak terpuji dan akan menimbulkan hal hal negatif lainnya dalam pergaulan.

Selain itu, apabila ada yang menghina dan berkata kasar padanya, maka ia tidak akan membalas dengan perlakuan serupa. Ia malah membalasnya dengan sopan serta rendah hati sembari mengucapkan salam.

Orang yang punya sifat rendah hari dan tidak sombong ini tentunya akan memosisikan dirinya sama atau sederajat dengan orang lain. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

"Tidak akan masuk surga siapa yang dalam hatinya terdapat kesombongan walaupun hanya sebesar zarrah." (HR. Muslim).

Sebagaimana dijelaskan pada buku Kun 'Ibadurrahman' karya Muhammad Farid Wajdi, Lc. disebutkan ada beberapa ciri orang yang dapat disebut sebagai Ibadurrahman, diantaranya:

1. Ibadurrahman ialah mereka yang hidup dengan ketaatan kepada Allah SWT dan tidak pernah menunda nunda waktu untuk beribadah serta beramal. Lalu, tujuan utama mereka tak lain adalah rida Allah SWT.

Mereka begitu setia mencintai Allah dan berharap berjumpa dengan-Nya.

2. Ibadurrahman ialah mereka yang setia akan nasihat nasihat Rasul serta menjadikan Rasulullah SAW sebagai suri teladan. Mereka juga yang mencintai sahabat sahabat Rasul dan menginginkan berkumpul di surga kelak bersama Rasul.

3. Ibadurrahman ialah mereka yang selalu bersikap rendah hati dan tidak menyombongkan diri. Mereka yang menyayangi dan bukan membenci sesamanya.

Itulah arti Ibadurrahman dalam surat Al Furqan ayat 63. Semoga kita termasuk ke dalam golongan Ibadurrahman ya, detikers.



Simak Video "KuTips: Tips Betah Baca Al-Qur'an Biar Khatam Pas Ramadan!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia