12 Unsur-unsur Peta Beserta Penjelasannya, Siswa Wajib Tahu!

Afifah Rahmah - detikEdu
Selasa, 17 Mei 2022 15:30 WIB
Peta lesotho dan Afsel
Apa saja unsur-unsur dari sebuah peta? (Foto: Getty Images/iStockphoto/beyhanyazar)
Jakarta -

Sebagian besar detikers pastinya pernah menggunakan peta untuk melihat letak geografis suatu wilayah. Peta adalah gambaran permukaan bumi yang menunjukkan secara keseluruhan maupun sebagian wilayah di bidang datar dengan menggunakan komponen atau unsur-unsur peta.

Ada berbagai jenis peta yang dibuat berdasarkan fungsi dan kebutuhan misalnya peta topografi, peta tematik, peta khusus, dan lainnya. Nah, untuk bisa membaca peta dengan benar dan tepat, kamu perlu memahami unsur atau komponen yang ada dalam peta beserta penjelasannya.

Untuk mengetahuinya, simak penjelasan unsur-unsur peta berikut ini, dikutip dari Buku Dasar-Dasar Pemetaan, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG) yang disusun oleh Fitri Sekar Lestari (2020), sebagai berikut:

1. Judul

Pada peta, judul merupakan unsur peta pertama yang dilihat pembaca. Dari judul kita dapat mengetahui secara keseluruhan apa yang dimuat dari isi peta tersebut. Informasi pada judul peta harus sesuai dengan isi informasi dalam peta. Letak judul peta biasanya ada di atas tengah atau di tempat lain namun tidak mengganggu penampakan seluruh peta.


2. Garis Tepi

Garis tepi adalah garis yang letaknya ada di bagian pinggir peta dan ujung-ujung tiap garis bertemu dengan ujung garis lainnya yang berdekatan. Fungsi garis tepi adalah untuk membantu pembuatan peta agar terlihat dengan rapi.


3. Simbol

Simbol pada peta digunakan untuk mewakili objek yang sebenarnya. Hal ini dilakukan agar informasi dan fenomena yang informatif dapat ditunjukkan dengan simbol. Untuk itu, penggunaan simbol harus sederhana dan bersifat umum sehingga mudah dimengerti oleh pembaca.


4. Legenda (Keterangan Peta)

Legenda adalah keterangan dari simbol-simbol pada peta. Penulisan legenda pada peta ini agar peta lebih mudah dipahami, ditambah tidak ada aturan baku untuk menggunakan simbol maupun warna untuk peta.

Jadi, unsur peta legenda merupakan informasi penting untuk menerjemahkan informasi berupa simbol atau warna di peta.


5. Skala Peta

Skala peta merupakan perbandingan (rasio) jarak antara luas wilayah di peta dan jarak sebenarnya menggunakan satuan ukur yang sama. Persamaan skala peta yaitu jarak objek peta di peta : jarak objek di permukaan bumi.


6. Inset

Inset adalah kedudukan daerah yang dipetakan terhadap daerah di sekitarnya. Fungsi inset yaitu untuk menjelaskan antara wilayah pada peta utama dengan wilayah lain di sekelilingnya.

Contohnya yaitu Peta Pulau Jawa merupakan peta utama, untuk melihat posisi pulau Sumatra maka dibuat peta Indonesia sebagai insetnya.


7. Orientasi

Orientasi adalah petunjuk arah pada peta untuk menunjukkan posisi dan arah suatu wilayah atau titik. Dalam hal ini, peta biasanya berbentuk tanda panah yang menunjukkan ke arah utara.


8. Koordinat (Garis Bujur dan Lintang)

Garis bujur dan garis lintang disebut juga sebagai garis astronomi. Fungsi garis bujur dan garis lintang adalah untuk menunjukkan satuan derajat. Keduanya juga berfungsi menentukan lokasi suatu tempat, biasanya ada di tepi peta berbentuk angka koordinat dalam satuan derajat, menit dan detik.


9. Lettering

Lettering adalah seluruh tulisan bermakna yang ada di peta. Hal ini meliputi bentuk huruf seperti huruf kapital, huruf kecil, kombinasi huruf kapital dan kecil, tegak dan miring.


10. Warna Peta

Warna pada peta digunakan sebagai bentuk penonjolan untuk perbedaan objek dan peta. Misalnya warna coklat untuk menunjukkan kenampakan relief muka bumi, warna dasar biru untuk memperlihatkan kenampakan wilayah perairan, warna dasar hijau untuk menunjukkan kenampakan vegetasi (hutan, perkebunan), warna merah dan hitam untuk memperlihatkan hasil budidaya manusia seperti jalan, dan warna putih untuk menunjukkan kenampakan es di permukaan bumi.


11. Tahun Pembuatan

Tahun pembuatan peta merupakan tahun dimana peta dibuat yang digunakan untuk membantu pembaca menganalisis kecenderungan perubahan informasi permukaan bumi dari waktu ke waktu. Hal ini juga dapat membantu akurasi informasi yang dipakai per tahun.


12. Sumber Peta

Sumber peta yaitu referensi data untuk pembuatan peta berupa keterangan dari mana suatu informasi dalam peta tersebut didapatkan.

Demikian penjelasan 12 unsur-unsur peta yang perlu kamu ketahui sebelum membaca dan menelaaah suatu peta. Semoga bermanfaat ya, detikers!



Simak Video "Israel Larang Bendera Palestina, Picu Gesekan Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia