Mengenal Wukuf dalam Haji dan Ketentuannya

Kristina - detikEdu
Senin, 09 Mei 2022 11:00 WIB
A Muslim pilgrim prays on top of the rocky hill known as the Mountain of Mercy, on the Plain of Arafat, during the annual hajj pilgrimage, near the holy city of Mecca, Saudi Arabia, Monday, July 19, 2021. The coronavirus has taken its toll on the hajj for a second year running. What once drew some 2.5 million Muslims from all walks of life from across the globe, the hajj pilgrimage is now almost unrecognizable in scale. (AP Photo/Amr Nabil)
Ilustrasi jemaah haji wukuf di Arafah. Foto: AP/Amr Nabil
Jakarta -

Wukuf adalah salah satu rukun haji yang tidak bisa dilepaskan dari ibadah tersebut. Menurut ijmak para ulama, wukuf di Arafah adalah rukun paling utama di antara rukun haji lainnya.

Haji merupakan rukun Islam yang kelima. Perintah untuk menunaikan ibadah ke Tanah Suci ini termaktub dalam surah Ali 'Imran ayat 97. Allah SWT berfirman:

فِيْهِ اٰيٰتٌۢ بَيِّنٰتٌ مَّقَامُ اِبْرٰهِيْمَ ەۚ وَمَنْ دَخَلَهٗ كَانَ اٰمِنًا ۗ وَلِلّٰهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ اِلَيْهِ سَبِيْلًا ۗ وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعٰلَمِيْنَ - ٩٧

Artinya:"Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam."

Zainal Muttaqin dan Amir Abyan dalam buku Fikih Tsanawiyah menjelaskan, salah satu rukun haji yang tidak boleh ditinggalkan adalah wukuf di Padang Arafah. Berikut penjelasan selengkapnya.

A. Pengertian Wukuf

Wukuf termasuk salah satu rukun haji yang paling utama. Umat Islam juga berijmak bahwa haji tidak sempurna bila dilakukan tanpa wukuf.

Syaikh Sulaiman Ahmad Yahya Al-Faifi dalam Ringkasan Fikih Sunnah Sayyid Sabiq mengatakan, wukuf adalah hadir dan berada di wilayah Arafah, baik dalam keadaan tidur maupaun terjaga, dalam keadaan berkendara, duduk, maupun berjalan, serta baik dalam keadaan suci, maupun tidak suci (haid, nifas, dan junub).

Mengenai wukuf dalam keadaan tidak sadar, para ulama berbeda pendapat dalam hal ini. Abu Hanifah dan Malik berpendapat bahwa wukufnya sah, sedangkan menurut Asy-Syafi'i, Ahmad, Al-Hasan, Abu Tsaur, Ishaq, dan Ibnu Mundzir wukufnya tidak sah.

B. Hukum Wukuf di Arafah

Para ulama berijmak bahwa wukuf di Arafah adalah rukun paling utama. Dalil yang menyatakan keutamaan ini adalah sabda Rasulullah SAW:

الحجُّ عرفةُ

Artinya:"Haji adalah wukuf di Arafah." (HR at-Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah, dan an-Nasa'i).

Mengutip buku Fiqhul Islam wa Adillatuhu oleh Wahbah Az-Zuhaili, sebagian besar ulama berpendapat, barangsiapa ketinggalan wukuf, dia wajib menunaikan haji pada tahun berikutnya serta menyembelih kurban.

C. Tempat Wukuf

Wukuf dapat dilakukan di seluruh tempat di Arafah. Sebagaimana sabda Nabi SAW berikut ini:

"Aku akan melakukan wukuf di sini, tapi seluruh Arafah adalah tempat untuk wukuf." (HR Abu Daud dan Ibnu Majah).

Adapun, tempat yang paling afdhal dalam melakukan wukuf ini adalah di Gunung ar-Rahman. Sementara itu, tempat yang sebaiknya dihindari untuk berwukuf adalah di Lembah Uranah. Rasulullah SAW mengatakan bahwa itu merupakan lembah setan. Nabi SAW bersabda:

"Seluruh Arafah adalah tempat untuk wukuf, tapi hindarilah wukuf di Lembah Uranah." (HR Ibnu Majah).

Pada zaman dahulu, perbatasan Arafah adalah dari gunung yang Lembah Uranah sampai gunung-gunung yang berhadapan dengannya sampai tempat yang berdekatan dengan perkebunan atau dinding Bani Amir. Saat ini perbatasan dapat dikenali dari tanda-tanda tertentu, yakni Uranah, Namirah, dan masjid Ibrahim AS bukan termasuk kawasan Arafah.

D. Waktu Wukuf

Semua ulama sepakat bahwa jemaah haji melaksanakan wukuf sejak matahari condong ke barat pada hari Arafah sampai terbit fajar kedua pada hari Kurban. Sebab, Rasulullah SAW dulu melakukan wukuf di Arafah setelah matahari condong, dan beliau bersabda, "Tirulah manasik kalian dariku."



Simak Video "Penantian Jemaah Akhirnya Bisa Berangkat Umroh di Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia