Kisah Nama Presiden Pertama RI, Soekarno yang Artinya Telinga

Nikita Rosa Damayati Waluyo - detikEdu
Jumat, 06 Mei 2022 17:00 WIB
Sosok Sukarno tak dapat dilepaskan bila bicara kemerdekaan Indonesia. Presiden pertama Indonesia itu juga dikenal memiliki kedekatan dengan sejumlah tokoh dunia
Foto: Getty Images
Jakarta -

Siapa yang tidak tahu Presiden Pertama RI Soekarno atau Bung Karno? Dia adalah tokoh besar dan proklamator kemerdekaan Indonesia yang kharismatik. Nama Karno ternyata diambil dari kisah Mahabarata.

Dikutip dari buku Soekarno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia karya Soekarno dan Cindy Adams, Karno atau Karna ternyata berarti telinga. Buku tersebut menjelaskan asal usul kata hingga berarti telinga.

Karna adalah pahlawan besar dalam cerita klasik Mahabarata. Dia dikenal sebagai sosok besar, kuat, dan setia pada teman serta keyakinannya. Dia juga terkenal dengan kesaktian, keberanian, dan patriot yang sholeh.

Sosok heroik ini lahir dari Batara Surya dan putri cantik bernama Kunti. Batara Surya dikisahkan melihat putri Kunti dan jatuh hati. Putri Kunti lantas hamil meski masih berstatus perawan.

Batara Surya mencari cara supaya tanda keperawanan putri Kunti tidak berubah. Akhirnya, Batara Surya menemukan solusi tepat meski tidak biasa. Sang anak akan lahir bukan dengan cara normal.

"Akhirnya dapat dipecahkannya, dengan melahirkan bayi itu melalui telinga sang puteri. Jadi, karena itulah pahlawan Mahabharata itu dinamai Karna atau telinga," tulis buku tersebut.

Menurut sang ayah Raden Soekemi Sosrodihardjo yang memberi nama tersebut, perbedaan ejaan a dan o tak jadi masalah. Sedangkan awalan su dalam Soekarno bermakna baik atau paling baik.

Sebelumnya, nama lahir Soekarno adalah Kusno. Orang tuanya kemudian mengganti nama karena Soekarno mudah terserang penyakit. Dia pernah menderita malaria, disentri, dan setiap penyakit pada masa itu.

Bersamaan dengan pemberian nama Soekarno, sang ayah berharap putranya menjadi seorang patriot dan pahlawan besar bagi rakyat. Harapan ini terwujud karena tak ada orang Indonesia yang tidak kenal Soekarno atau Bung Karno.



Simak Video "Peringati Harlah Pancasila, PDIP Gelar Bulan Bung Karno"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia