5 Masjid dengan Gaya Arsitektur Terunik di Indonesia, Siswa Pernah Berkunjung?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 04 Mei 2022 13:00 WIB
Suasana kompleks Menara, Masjid, dan Makam Menara Kudus
Foto: Dian Utoro Aji/detikcom/5 Masjid dengan Gaya Arsitektur Terunik
Jakarta -

Sebagai negara mayoritas muslim, Indonesia dikenal memiliki kebudayaan yang kental dengan nuansa unik pada bangunan sakral tempat ibadah.

Banyak masjid di Indonesia yang tidak hanya menjadi tempat ibadah, tapi juga bisa menjadi destinasi wisata religi dengan kearifan lokal serta keunikannya tersendiri.

Keunikan masjid-masjid tersebut tercermin dari gaya bangunan arsitektur yang unik dan menarik. Lantas masjid mana saja yang memiliki keunikan pada gaya arsitekturnya?

Berikut ini deretan masjid dengan gaya arsitektur unik di Indonesia dikutip dari laman Direktorat SMP Kemdikbud RI.


5 Masjid dengan Gaya Arsitektur Terunik di Indonesia


1. Masjid Raya Sumatra Barat (Padang, Sumatra Barat)

Masjid Raya Sumatra Barat terletak di ibukota provinsi Sumatra Barat, yakni Padang. Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Mahligai Minang.

Hal yang membuat masjid ini unik adalah gaya arsitekturnya yang sangat mencirikan kearifan lokal arsitektur Sumatra Barat, yaitu Rumah Gadang.

Selain kubah masjidnya yang berbentuk layaknya Rumah Gadang, terdapat empat sudut lancip di atap masjid dengan bangunannya yang berbentuk gonjong. Ditambah lagi, ukiran Minang dan kaligrafi pada dinding bagian luar yang menyempurnakan keseluruhan arsitektur masjid.


2. Masjid Agung An Nur (Pekanbaru, Riau)

Masjid Agung An Nur berada di kota Pekanbaru provinsi Riau. Dilihat dari gaya bangunannya, Masjid An Nur mengadopsi desain arsitektur Taj Mahal di India.

Sentuhan Melayu yang kental juga bisa dirasakan berkat pemilihan warna hijau yang mendominasi bangunan masjid dan motif kubah serupa kain hias berlapis warna emas dalam songket Melayu.

Selain itu, pengunjung juga akan dibuat terkesima dengan kehadiran beranda dalam masjid, seperti yang biasanya menjadi salah satu ciri khas rumah panggung ala Melayu.


3. Masjid Menara Kudus (Kudus, Jawa Tengah)

Masjid Kudus yang berada di kota Kudus, Jawa Tengah dikenal sebagai masjid ikonik dengan gaya arsitektur yang cukup unik.

Desain dari Masjid Kudus merupakan sebuah akulturasi yang memadukan antara agama Hindu, Buddha, dan Islam.

Keunikannya terletak pada desain masjid yang memiliki prasasti, gapura, menara dengan ukiran khas Jawa Kuno-Hindu, dan juga pancuran untuk wudhu yang diletakkan di arca. Wah sangat memadukan unsur-unsur ketiga agama tersebut, ya.

Selanjutnya Masjid Muhammad Cheng Ho >>>



Simak Video "Berkeliling ke Lokasi Wisata Religi Masjid Tiban Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia