Apa Saja Fungsi Sosialisasi? Ini Pengertian dan Tujuannya

Afifah Rahmah - detikEdu
Rabu, 27 Apr 2022 15:00 WIB
Kehidapan masyarakat akan berubah dari waktu ke waktu. Di Bali misalnya, kehidupan pada periode 1950-1955 juga berbeda dengan saat ini. Berikut potretnya
Foto: Getty Images/Apa Saja Fungsi Sosialisasi? Ini Pengertian dan Tujuannya
Jakarta -

Sosialisasi adalah mata rantai yang paling penting dalam sistem sosial masyarakat. Tanpa sosialisasi, individu akan sulit untuk berkembang dan memahami lingkungan kultural dari kelompoknya. Lantas, apa saja fungsi sosialisasi dan bagaimana prosesnya?

A. Pengertian Sosialisasi

Sebelum mengetahui fungsinya, perlu memahami pengertian sosialisasi itu sendiri. Dikutip dari Modul Sosiologi Paket C yang disusun Asep Mulyana, dkk (2017), sosialisasi adalah proses yang berkaitan dengan cara individu memahami kehidupan sosial seperti norma dan nilai yang berlaku dalam kelompoknya.

Dalam prosesnya, individu mulai bersosialisasi dari lingkungan terkecil misalnya dari keluarga, teman-teman, kemudian ke masyarakat luas.

Fungsi keluarga yang berkaitan dengan fungsi sosialisasi adalah pembelajaran tentang nilai, norma, moral, hingga cara berkomunikasi dengan orang luar selain keluarga.

B. Tujuan Sosialisasi

Dalam buku Glosari Teori Sosial karya M.T Rahman, tujuan sosialisasi adalah mendorong setiap individu agar memahami peran dan statusnya sebagai masyarakat lewat budaya dan norma yang berlaku di kelompoknya.

Secara garis besar, tujuan sosialisasi yaitu:

1. Mengembangkan kemampuan individu dalam berinteraksi dan berkomunikasi secara efektif dengan individu lainnya

2. Memperoleh ilmu pengetahuan, wawasan, dan keterampilan

3. Memperoleh nilai-nilai, norma, dan budaya di masyarakat

4. Mendorong individu untuk beradaptasi dengan kehidupan dan dapat membantu proses introspeksi yang tepat.

C. Fungsi Sosialisasi bagi Individu dan Masyarakat

Dalam hal ini, sosialisasi artinya melibatkan satu individu dengan individu lainnya baik secara pribadi maupun kelompok.

Adapun fungsi sosialisasi secara umum dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu:

1. Fungsi sosialisasi bagi individu

Dari sudut pandang individu, bersosialisasi menjadi tahapan belajar dan pedoman dasar dalam mempelajari dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Hal ini yang nantinya membentuk seseorang diterima dan menjadi bagian dari masyarakat.

Pada dasarnya dalam masyarakat terdapat sistem sosial yang menilai apakah satu dari anggotanya merupakan individu yang baik atau buruk.

Penilaian tersebut berdasarkan kemampuan individu dalam mengaplikasikan nilai, norma dan budaya yang berlaku.

2. Fungsi sosialisasi bagi kepentingan masyarakat

Sementara dari sudut pandang masyarakat. sosialisasi merupakan sarana untuk mewariskan, menyebarkan, dan melestarikan nilai, norma, budaya, dan kepercayaan di lingkungan kelompoknya.

Tujuannya agar setiap anggota masyarakat di kelompok tersebut dapat menjaga nilai budaya yang sudah ada sejak lama sehingga menjadi ciri khas dan karakteristik mereka.

Adapun faktor yang mendorong terjadinya sosialisasi yaitu kepribadian individu, sifat turunan orang tua, hingga lingkungan itu sendiri. Sedangkan fungsi sosialisasi dalam keluarga yang cukup banyak mempengaruhi proses interaksi di lingkungan luar. fu



Simak Video "Sosok Keluarga Kura-kura yang Keliling Indonesia dengan Karavan"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia