Mahasiswa, Ini 3 Alasan Pentingnya Menabung di Bulan Ramadan

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 22 Apr 2022 09:30 WIB
business concept money of glass and growht small tree
ilustrasi tabungan.Foto: iStock
Jakarta -

Bulan Ramadan menjadi momentum bagi mahasiswa untuk menghemat keuangan. Alih-alih membeli banyak makanan atau takjil saat puasa, mahasiswa perlu mengontrolnya menyikapi dengan tepat.


Seperti yang diketahui, puasa tidak hanya menahan lapar dan haus tapi juga menahan dari hal-hal yang kurang perlu. Bulan Ramadan justru bisa dijadikan momentum untuk mengalokasikan sejumlah dana secara rutin untuk ditabung.


Mengapa harus menabung di bulan Ramadan? Berikut ini beberapa alasan mengapa menabung di Bulan Ramadan itu penting, dikutip dari laman resmi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


3 Alasan Pentingnya Menabung di Bulan Ramadan:


1. Pengeluaran Selama Bulan Ramadan Menurun


Berbeda dengan hari-hari biasanya, selama Ramadan kamu hanya akan makan sehari 2 kali, yaitu berbuka dan sahur. Berbagai kebiasaan makan siang otomatis akan terlewatkan.


Mahasiswa perlu memanfaatkan momen ini karena pengeluaran sedang menurun. Misalnya dengan mengalokasikan uang makan siang di luar Ramadan ke dalam rekening tabungan.


Jika dilakukan selama sebulan penuh, maka tabungan kamu bisa meningkat hingga di hari lebaran.


2. Momen untuk Merencanakan Ulang Keuangan


Karena kamu sudah mulai bisa menabung di Bulan Ramadan, maka rencana keuangan yang masih amburadul bisa diperbaiki.


Latihlah diri untuk disiplin berhemat dan memperketat pengeluaran selama bulan puasa nanti. Misalnya dengan membeli makanan secukupnya saat sahur dan berbuka serta kurangi kegiatan di luar yang mengeluarkan uang.


3. Menunaikan Perintah Agama


Menabung merupakan salah satu cara kamu menjalankan perintah agama di dalam

kehidupan sehari-hari. Aktivitas mengelola keuangan ini juga termasuk dalam ibadah, bahkan tertulis dalam Al-Quran Surah Al-Isra':26-27 yang memiliki arti:


''dan janganlah kamu menghambur-hambur (hartamu) secara boros, sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Rabbnya.'' (QS. Al-Isra':26-27)


Agama islam mengajarkan untuk selalu hidup hemat dan tidak memboroskan uang untuk berbagai kebutuhan yang tidak penting.


Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika mahasiswa mulai menyimpan sebagian uang untuk disimpan dan ditabung. Sebab kelak uang tersebut bisa digunakan untuk masa yang akan datang.



Simak Video "Jangan Termakan Gengsi Saat Mudik"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia