IFC dan Kinarya Gandeng Kemendikbudristek dalam MUFFEST+ 2022

Anisa Rizki - detikEdu
Kamis, 14 Apr 2022 07:00 WIB
Pagelaran MUFFEST+ 2022 yang diadakan oleh IFC dan Kinarya menggandeng Kemendikbud.
Acara Muffest + 2022 yang menggandeng kemendikbud. Foto: MUFFEST+ 2022
Jakarta -

Muslim Fashion Festival atau MUFFEST+ 2022 akan digelar pada tanggal 21-23 April 2022 oleh Indonesia Fashion Chamber (IFC) dan Kinarya, di Grand Ballroom The Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta.

Rangkaian acara MUFFEST+ 2022 di antaranya berupa fashion show, trade-expo, konferensi, program internasional, dan fashion competition. MUFFEST+ 2022 akan dihadiri 100 desainer dalam fashion show, 200 brand, dan beberapa selebriti tanah air seperti Dewi Sandra, Dinda Hauw, Irish bella, dan Nycta Gina yang terlibat dalam industri fashion muslim.

Selain menggandeng selebritas tanah air, MUFFEST+ 2022 juga bekerja sama dengan Kemendikbudristek. Saryadi selaku Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Kemendikbudristek RI menyampaikan kerja sama yang dilakukan bertujuan untuk mendorong kemajuan pendidikan vokasi.

"Nanti di acara pembukaan akan ada penandatanganan perjanjian kerja sama antara IFC dengan Kemendikbudristek. Dengan bersama sama mendorong kemajuan pendidikan vokasi, kita akan mewujudkan vokasi kuat yang menguatkan Indonesia." ujar Saryadi dalam acara Kick Off MUFFEST+ 2022, Rabu (13/04/2022).

Saryadi menuturkan kemitraan antara Kemendikbudristek dengan penyelenggara MUFFEST+ 2022 yang tak lain adalah Indonesian Fashion Chamber (IFC) diharapkan dapat membantu implementasi kebijakan 'Link and Match 8+i'. Terlebih, minat anak anak muda di bidang fashion cukup kuat.

Lebih lanjut, Saryadi berharap kemitraan yang dibangun antara satuan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri termasuk fashion, dapat dilakukan secara mendalam. Seperti penyelarasan kurikulum, pembelajaran berbasis project, guru tamu dari para ekspert dan lain sebagainya dengan tujuan menghasilkan lulusan yang kompeten.

Lisa Fitria selaku vice chairman dari IFC mengatakan, MUFFEST+ 2022 mengusung tema "Muslim Fashion, Muslim Lifestyle", serta mengajak pelaku dan konsumen untuk mempunyai tanggung jawab melalui konsep sustainable. Salah satu caranya dengan menampilkan gaya bersarung melalui kampanye Sarung Is My New Style sebagai inspirasi gaya berpakaian.

"MUFFEST kan sudah yang ketujuh, disamping sebagai pusat inspirasi busana muslim, ini juga menjadi salah satu destinasi wisata belanja busana muslim di Indonesia." jelas Lisa.

Terkait koleksi yang akan ditampilkan sempat dibocorkan oleh desainer Khanaan Shamlan, "Bocoran koleksi di MUFFEST+ 2022 kali ini kita akan ngeluarin koleksi baru fall winter, edisi raya. Lebih bermain di warna warna gelap yang bold."



Simak Video "Respons Masyarakat Tentang Kebijakan Kemendikbudristek"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia