Kelompok Hewan yang Wajib Dizakati dan Syaratnya Lengkap

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 12 Apr 2022 16:00 WIB
Jelang Idul Adha kini hewan qurban mulai bermunculan di Jakarta, Pemprov DKI melalui Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengecek langsung kesiapan hewan qurban di PD Dharma Jaya, Jakarta Timur, Rabu (16/7/2020).
Sapi, salah satu kelompok hewan yang wajib dizakati dengan persyaratan tertentu. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Kelompok hewan yang wajib dizakati telah dijelaskan dalam sejumlah riwayat hadits Rasulullah SAW. Hewan-hewan tersebut termasuk dalam kategori zakat hewan ternak yang terdiri dari unta, sapi, dan kambing.

"Tidak ada balasan bagi pemilik unta, sapi, atau kambing, kemudian tidak mengeluarkan zakatnya, kecuali datang hewan-hewan itu pada hari kiamat dengan ukuran yang lebih besar, lebih gemuk, sambil menanduk dan menendang," (HR Muttafaq Alaih)

Kelompok hewan tersebut termasuk juga dengan hewan sejenis unta, hewan sejenis sapi seperti, kerbau hingga hewan sejenis kambing seperti, domba dan kambing kacang. Meski demikian, tidak semua hewan tersebut dapat dizakati.

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemilik hewan ternak sebelum menunaikan zakatnya. Berikut ulasannya.

Syarat Zakat Kelompok Hewan yang Wajib Dizakati

1. Mencapai nisab

Nisab adalah batasan minimal dari harta yang wajib dizakati. Dalam artian, seorang muslim yang memiliki harta hewan ternak namun nilainya tidak memenuhi batas minimal, maka tidak akan dikenakan kewajiban zakat.

Mengutip Fiqih Sunnah yang ditulis oleh Sayyid Sabiq, nisab dari hewan unta dan sejenisnya adalah lima ekor unta, kemudian nisab sapi sebesar tiga puluh ekor, dan nisab kambing sebanyak empat puluh ekor sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah dalam hadits berikut.

Mu'adz RA berkata,

بَعَثَنِى النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- إِلَى الْيَمَنِ فَأَمَرَنِى أَنْ آخُذَ مِنْ كُلِّ ثَلاَثِينَ بَقَرَةً تَبِيعًا أَوْ تَبِيعَةً وَمِنْ كُلِّ أَرْبَعِينَ مُسِنَّةً

Artinya: "Nabi SAW memerintahkanku untuk mengambil dari setiap 30 ekor sapi ada zakat dengan kadar 1 ekor tabi' (sapi jantan umur satu tahun) atau tabi'ah (sapi betina umur satu tahun) dan setiap 40 ekor sapi ada zakat dengan kadar 1 ekor musinnah (sapi berumur dua tahun)," (HR Tirmidzi).

2. Berusia satu tahun (haul)

Usia satu tahun atau haul ini dihitung dari sejak awal hewan ternak dimiliki oleh seorang muslim. Hal ini didasarkan dari salah satu riwayat bahwa Rasulullah SAW bersabda,

لَا زَكَاةَ فِي مَالٍ حَتَّى يَحُولَ عَلَيْهِ الْحَوْلُ

Artinya: "Tidak ada pada harta kewajiban zakat hingga berlalu padanya satu haul," (HR Abu Dawud dan al-Baihaqi).

3. Termasuk hewan sa'imah

Syarat zakat untuk kelompok hewan yang wajib dizakati selanjutnya adalah sa'imah. Hewan sa'imah ini bermakna hewan yang digembalakan di padang rumput. Tepatnya, padang rumput padang rumput yang tumbuh dengan sendirinya atas kehendak Allah dan bukan dari hasil usaha manusia.

Landasan dari syarat ini disandarkan dari hadits yang diriwayatkan Anas bin Malik mengenai surat yang pernah ditulis Abu Bakar Ash Shiddiq tentang zakat.

وَفِى صَدَقَةِ الْغَنَمِ فِى سَائِمَتِهَا إِذَا كَانَتْ أَرْبَعِينَ إِلَى عِشْرِينَ وَمِائَةٍ شَاةٌ

Artinya: "Mengenai zakat pada kambing yang digembalakan (dan diternakkan) jika telah mencapai 40-120 ekor dikenai zakat 1 ekor kambing," (HR Bukhari).

4. Bukan hewan pekerja

Syarat lainnya adalah hewan ternak tersebut termasuk dalam hewan yang diternakkan untuk diambil susunya, minyaknya, dan dikembangbiakkan. Sebaliknya, kewajiban zakat tidak berlaku bagi hewan ternak yang dipekerjakan.

Diceritakan Ali bin Abi Thalib RA bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda,

لَيْسَ فِي الْبَقَرِ الْعَوَامِلِ صَدَقَةٌ

Artinya: "Tidak ada kewajiban apapun pada sapi pekerja," (HR Abu Dawud).

Ketentuan kelompok hewan yang diwajibkan zakat ini menjadi berbeda bila hewan tersebut diniatkan untuk diperdagangkan. Hukum kewajibannya bukan lagi kewajiban zakat hewan ternak, sebaliknya dikenakan kewajiban zakat barang dagangan dengan ketentuannya tersendiri.



Simak Video "Kata Kementan soal Pengangkutan Sapi yang Viral di Pelabuhan Samarinda"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia