Nisfu Syaban 2022, Ketika Air Mata Nabi Adam AS Turun

Nisfu Syaban 2022, Ketika Air Mata Nabi Adam AS Turun

Rosmha Widiyani - detikEdu
Jumat, 18 Mar 2022 17:00 WIB
Ornamental Arabic lantern with burning candle glowing at night. Festive greeting card, invitation for Muslim holy month Ramadan Kareem.
Ilustrasi Nisfu Syaban yang punya empat peristiwa penting. Foto: Getty Images/iStockphoto/Choreograph
Jakarta -

Nisfu Syaban adalah ketika bulan kedelapan pada kalender Hijriah memasuki pertengahan. Sejumlah peristiwa penting terjadi pada tanggal 15 Syaban yang pada tahun ini jatuh pada Jumat (18/3/2022).

Dikutip dari situs Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, sedikitnya ada tiga kejadian yang patut menjadi pelajaran manusia. Berikut penjelasannya dalam tulisan berjudul Di Balik Malam Nisfu Sya'ban

4 Peristiwa penting di Nisfu Syaban

1. Naiknya buku amalan manusia

Pertengahan bulan Syaban diyakini sebagai saat naiknya seluruh buku amalan manusia. Buku tersebut diganti dengan yang baru dan segera penuh dengan catatan kehidupan manusia.

2. Jatuhnya air mata Nabi Adam

Kejadian ini berawal dari saat Nabi Adam AS makan buah khuldi, akibat bujuk rayu setan. Nabi Adam dan pasangannya, Siti Hawa, diturunkan Allh SWT ke bumi dari semula tinggal di surga.

"Ketika Nabi Adam mendarat terpisah dengan Siti Hawa di bumi, dia menangis tiada henti. Nisyfu Syaban merupakan malam pertama jatuhnya air mata Adam tersebut," ujar dai Tungku Yusri Gade yang pernah menjadi penghulu di KUA Mueurah Dua Pidie Jaya.

3. Keluarnya air zam-zam

Menurut Yusri, Nisfu Syaban menyaksikan kuasa Allah SWT mengalirkan air zam-zam ke semua wilayah tanah haram. Saat itu, peristiwa ini menjadi penanda telah datangnya pertengahan Syaban.

Air zam-zam berawal dari kisah Siti Hajar dan putranya Nabi Ismail. Putra Nabi Ibrahim ini kehausan hingga mengakibatkan ibunya panik berlari mencari air antara bukit Shofa dan Marwah.

Atas izin Allah SWT, air memancar dari bekas kaki Nabi Ismail yang menjejak karena haus. Sesuai namanya, sumur zam-zam terus memancarkan air hingga kini tanpa pernah kering atau berhenti.

4. Turunnya malaikat

Serombongan malaikat dikisahkan turun pada malam Nisfu Syaban dan menandai rumah yang bertabur rahmat. Rumah ini diisi mereka yang bahagia dengan datangnya Ramadhan, berkepribadian sholeh, tidak memutuskan silaturahmi, menghormati orang dan guru, serta hidup tentram.

Semoga berkah Nisfu Syaban menyertai langkah dan kehidupan kita semua.



Simak Video "Kemenag Ungkap Hilal Awal Ramadan1443 H di Indonesia Belum Terlihat"
[Gambas:Video 20detik]
(row/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia