3 Perempuan dengan IQ Tertinggi di Dunia, Einstein Kalah

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 14 Mar 2022 09:00 WIB
Ilustrasi Otak Anak
Ilustrasi perempuan dengan IQ tertinggi di dunia melebihi Einstein. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Intelligence Quotient (IQ) tinggi identik dengan ilmuwan jenius Albert Einstein. Dia tercatat memiliki IQ sekitar 160-190. Ilmuwan super jenius lainnya Stephen Hawking mencatatkan IQ 160.

Dikutip dari Science ABC, pengukuran IQ biasa menggunakan Skala Stanford-Binet. Berdasarkan skala tersebut, seseorang dikatakan jenius dengan IQ melebihi 145.

Walau begitu perlu diketahui, tes IQ tidak betul-betul akurat dalam mengukur kecerdasan secara menyeluruh. Bahkan meski dia memiliki skor yang tinggi dalam keterampilan kognitif misal matematika dan logika.

Skor IQ tinggi Einstein dan Hawking ternyata berhasil dilampaui tiga perempuan. Ketiganya tercatat memiliki IQ tertinggi dalam sejarah dunia. Berikut penjelasan detail para perempuan tersebut

Perempuan dengan IQ tertinggi di dunia

1. Judit Polgar

Judit Polgar pernah menjadi Grandmaster catur termuda. Saat itu, usianya baru 15 tahun. Dia juga merupakan pionir pemain catur perempuan dan salah satu pemain catur terbaik yang pernah ada.

Polgar pernah mengalahkan legenda catur Garry Kasparov pada 2002, kemudian meraih juara di 10 kompetisi catur lainnya. Perempuan ini mempunyai kekuatan daya pikir atau IQ 170.

2. Edith Stern

Edith Stern masih memiliki relasi tak langsung dengan Albert Einstein. Sosok kelahiran 1952 ini adalah anak Aaron Stern, penyintas kamp konsentrasi yang pengobataan kankernya dibiayai Einstein.

Stern berkomunikasi menggunakan kartu saat dia tidak lebih dari 11 bulan. Lalu, di umur satu tahun dia sudah bisa mengidentifikasi huruf. Di usia dua tahun dia dapat menyebutkan seluruh alfabet.

Pada umur 12 tahun, Stern sudah duduk di bangku kuliah dan empat tahun kemudian mengajar trigonometri di kampusnya. Stern diperkirakan mempunyai IQ lebih dari 200.

3. Marilyn Vos Savant

Marilyn lahir pada tahun 1946 di Missouri, Amerika Serikat. Semasa remaja, dia bekerja di toko ayahnya sambil menulis artikel untuk koran setempat dengan nama pena yang berbeda dengan nama aslinya.

Marilyn menjadi terkenal ketika dia dimasukkan ke dalam The Guinness World Records untuk kategori IQ tertinggi pada tahun 1986. Posisi itu tetap ia duduki sampai tahun 1989. Marilyn disebut mempunyai IQ 228.

Itulah para perempuan dengan IQ tertinggi yang pernah tercatat. Sosok mana yang menurut detikers paling keren?



Simak Video "Mencicipi Gurihnya Otak-otak Khas Kepulauan Riau"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia