5 Alat Musik Tradisional Unik Khas Indonesia, Siswa Pernah Memainkannya?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Sabtu, 12 Mar 2022 09:00 WIB
Isi Solo gelar konser PARAMAGANGSA: Perayaan Ditetapkannya Gamelan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda, Kamis (20/1/2022).
Foto: dok ISI Solo/5 Alat Musik Tradisional Unik Khas Indonesia
Jakarta -

Apakah siswa pernah memainkan alat musik tradisional Indonesia? Di antara banyaknya alat musik ternyata ada yang dikenal paling unik dan khas, lo. Alat musik apa saja itu?

Seperti yang diketahui, Indonesia dikenal dengan berbagai alat musik tradisional yang unik dan khas. Beberapa di antaranya bahkan telah ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO.

Nah, bagi siswa yang ingin mengetahui alat musik tradisional yang dikenal unik khas Indonesia, berikut ini daftarnya dikutip dari akun instagram Direktorat SMP Kemdikbudristek RI.


5 Alat Musik Tradisional Unik Khas Indonesia:


1. Gamelan

Gamelan adalah alat musik indonesia yang sering ditemui di berbagai daerah Indonesia seperti misalnya di Jawa, Bali, Madura, dan Lombok. Istilah gamelan Jawa mengacu secara umum kepada gamelan di Jawa Tengah.

Gamelan diduga sudah ada di Jawa sejak tahun 404 Masehi. Hal tersebut terlihat dari adanya penggambaran masa lalu di relief Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Alat musik dengan bunyi unik ini tidak hanya dimainkan untuk pertunjukan seni, tetapi juga dalam berbagai kegiatan tradisional dan ritual keagamaan. Karena nilai filosofinya yang kuat, Gamelan berhasil ditetap sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO pada tahun 2021.


2. Angklung

Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional paling unik di Indonesia. Alat musik asal Jawa Barat ini terbuat dari bambu dan dibunyikan dengan cara digoyangkan.

Kata Angklung berasal dari Bahasa Sunda "angkleung-angkleungan" yaitu gerakan pemain Angklung dan suara "klung" yang dihasilkannya.

Secara etimologis, Angklung berasal dari kata "angka" yang berarti nada dan "lung" yang berarti pecah. Jadi Angklung merujuk nada yang pecah atau nada yang tidak lengkap.

Hal paling unik yang membedakan Angklung dengan alat musik lain adalah cara memainkannya yang diguncangkan.

Kesenian angklung ini telah mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai The Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity (warisan budaya tak benda) pada tahun 2011.


3. Gordang Sambilan

Gordang Sambilan termasuk ke dalam alat musik unik khas Indonesia karena memiliki gendang besar yang berjumlah sembilan buah.

Alat musik tradisional dari Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara ini terbuat dari kayu ingul dan dimainkan oleh empat orang.

Ukuran besar dan panjang ke sembilan gondang itu bertingkat, mulai paling besar sampai paling besar sampai paling kecil. Untuk membunyikannya diperlukan pemukul yang terbuat dari kayu.

Biasanya, gordang sambilan dimainkan pada berbagai upacara adat dan ritual. Namun, dalam perkembangannya, gordang sambilan juga dimainkan sebagai musik hiburan yang dimainkan pada hari-hari terakhir bulan Ramadhan dan hari-hari besar lainnya.


4. Silu

Silu adalah salah satu jenis alat musik dari daerah Bima. Silu termasuk jenis alat musik aerofon tipe hobo, karena silu memiliki lidah lebih dari satu. Lidah pada silu disebut pipi silu dan terdiri dari empat lidah.

Alat musik ini termasuk unik karena terbuat dari bahan jenis kayu sawo, perak, dan daun lontar.

Fungsi silu adalah sebagai pembawa melodi dalam ansambel musik Bima yang umumnya terdiri dari silu, gong, dan gendang.

Umumnya silu dipergunakan untuk mengiring tari-tarian istana Bima pada upacara Maulid Nabi, upacara pelantikan raja, khitanan, dan upacara-upacara lain yang berlangsung di istana.


5. Arbab

Arbab merupakan salah satu alat musik yang berasal dari Simalungun, Sumatera Utara dan dimainkan dengan cara digesek.

Seperti bermain biola, cara memainkan Arbab juga perlu menggunakan busur. Umumnya alat musik ini dimainkan dalam suatu bentuk ansambel musik kecil yang terdiri dari tiga pemain musik lainnya yang memainkan alat musik lainnya yang memainkan Hasapi dan Odap.

Alat musik Arbab juga ditengarai memiliki hubungan kultural dengan alat musik gesek dari Persia.

Nah, itulah 5 alat musik tradisional yang unik khas Indonesia. Apakah siswa pernah memainkan salah satunya?



Simak Video "Mengunjungi Tempat Pembuatan Alat Musik Tradisional Gong, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia