Fungsi Lembaga Ekonomi, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

Rika Pangesti - detikEdu
Senin, 07 Mar 2022 08:00 WIB
Ilustrasi Bank Indonesia, lgo bank indonesia, bi, gedung bank indonesia di Jakarta
Mengenal fungsi lembaga ekonomi, contoh, hingga manfaatnya. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Lembaga ekonomi muncul dengan tujuan memenuhi banyaknya kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan untuk mencapai kesejahteraan. Seiring perkembangan zaman, lembaga ekonomi diperlukan karena kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat dan sangat beragam.

Dikutip dari Ekonomi Kelembagaan karya Wihana Kirana Jaya, aturan dari lembaga ekonomi yang disepakati bersama untuk memastikan tidak terjadinya perebutan barang konsumsi dan masalah perekonomian lainnya.

A. Fungsi Lembaga Ekonomi

Lembaga ekonomi adalah bagian dari lembaga sosial yang mengatur hubungan antarmanusia dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari melalui produksi, distribusi, dan konsumsi.

Dikutip dari Buku Siswa IPS Kelas 7 SMP/MTs oleh Drs. Bambang Puji Raharjo, M.Pd dan Nurul Hidayati, S.Pd, fungsi lembaga ekonomi yaitu:

  • 1. Pedoman dalam mendapatkan bahan pangan.
  • 2. Pedoman dalam melaksanakan pertukaran barang dan jasa.
  • 3. Pedoman dalam menentukan harga jual beli barang.
  • 4. Pedoman dalam menggunakan tenaga kerja.
  • 5. Pedoman dalam memutuskan hubungan kerja.
  • 6. Identitas bagi masyarakat.
  • 7. Pedoman perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam.

B. Jenis Lembaga Ekonomi

Agar lebih memahami lembaga ekonomi, berikut beberapa lembaga ekonomi yang banyak tersebar di masyarakat adalah:

  • 1. Lembaga keuangan, adalah lembaga yang usaha utamanya bidang keuangan, dengan cara menyediakan dana untuk pihak yang membutuhkan modal.
  • 2. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan sumber utama modal dari negara.
  • 3. Lembaga Keuangan Mikro (LKM), yaitu lembaga ekonomi yang memberikan akses kredit pada usaha-usaha kecil yang berbasis ekonomi rumah tangga.

C. Manfaat Lembaga Ekonomi

Setelah memahami lembaga ekonomi seperti di atas, melalui peran dan fungsinya lembaga ekonomi juga memiliki manfaat sebagai berikut:

  • 1. Meningkatkan pendapatan dan daya tahan ekonomi.
  • 2. Sebagai wadah untuk belajar, berdiskusi dalam meningkatkan kegiatan usaha ekonomi.
  • 3. Sebagai rumah bersama melakukan kegiatan sosial.

D. Contoh Lembaga Ekonomi

Contoh lembaga ekonomi yang dekat dengan kehidupan sehari-kita adalah bank dan pegadaian. Simak contoh lembaga ekonomi berikut ini:

1. Perum Pegadaian

Di Indonesia, contohnya Perum Pegadaian sebagai BUMN yang bersentuhan langsung dengan masyarakat bawah. Pegadaian memiliki program Kredit Usaha Rumah Tangga (Krista). Demikian juga beberapa LKM, seperti koperasi, Credit Union, Lumbung Pitih Nagari (LPN), meniru pola Grameen Bank di Bangladesh yang sukses mengentaskan rumah tangga dari jeratan kemiskinan. Demikian lembaga ekonomi dapat diibaratkan sebagai rumah bersama untuk bergotong royong membangun usaha kecil yang menghasilkan karya.

2. Bank Grameen

Detikers juga dapat melihat contoh manfaat lembaga ekonomi seperti "Grameen Bank" di Bangladesh. Grameen Bank yang digagas oleh Muhammad Yunus, pemenang Nobel 2009 telah berhasil memberikan kredit hampir 7 juta orang miskin di 73.000 desa. Grameen Bank berhasil mengurangi jumlah masyarakat miskin dengan memberikan kredit mikro.

BUMN seperti PT Pertamina dan PT KAI, semua bank di Indonesia, hingga koperasi unit desa juga merupakan contoh lembaga ekonomi.

Nah, itulah contoh lembaga ekonomi yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga menambah pengetahuanmu, ya detikers.




Simak Video "Erick Thohir Soal Tiket Borobudur: Perlu Ada Sinkronisasi"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia