Ini 3 Bahasa Asing yang Bakal Dibutuhkan di Karier Masa Depan

Kristina - detikEdu
Kamis, 17 Feb 2022 15:30 WIB
Ilustrasi bahasa yang hilang
Ilustrasi bahasa asing. Foto: Speech4Hearing
Jakarta -

Kemampuan menguasai berbagai bahasa dapat menjadi penunjang kesuksesan karier di masa depan. Inilah tiga bahasa asing yang diprediksi banyak dibutuhkan oleh dunia kerja.

Orang yang mampu menguasai berbagai bahasa disebut poliglot. Selain dapat menunjang kesuksesan karier, menguasai berbagai bahasa memiliki banyak manfaat lainnya. Salah satunya dapat membuat otak berfungsi lebih baik.

"Seorang poliglot memiliki otak yang dapat bekerja lebih baik, terutama saat harus melakukan perencanaan dan pemecahan masalah," jelas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) dalam Instagram resminya, dikutip Kamis (17/2/2022).

Hal ini disebabkan kemampuan otak yang terbiasa bekerja menerjemahkan bahasa membuatnya menjadi lebih peka dan bekerja lebih efisien.

Sejumlah penelitian juga telah mengonfirmasi berbagai manfaat yang dihasilkan dari kemampuan berbahasa asing ini. Seperti penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Science menemukan, berpikir dalam bahasa asing dapat membantu membuat keputusan hidup yang lebih cepat dan lebih baik.

Selain itu, penelitian dari University of Chicago baru-baru ini juga menemukan bahwa mahir berbahasa asing juga bermanfaat bagi kesehatan, yakni membantu mencegah demensia di kemudian hari.

Penelitian lain juga menemukan orang yang mahir berbicara bahasa asing akan memiliki prospek karier dan standar hidup yang lebih tinggi. Berikut sejumlah bahasa yang menunjang kesuksesan karier di masa depan.

Bahasa Asing yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Bahasa asing yang banyak dibutuhkan di dunia kerja baik saat ini maupun di masa yang akan datang adalah bahasa Inggris. Sebab, bahasa tersebut merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi di seluruh dunia.

Bahkan, sejumlah negara menetapkan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi negara atau bahasa utama. Misalnya di Amerika Serikat (AS), Australia, dan Britania Raya.

Selain bahasa Inggris, ada tiga bahasa asing yang diprediksi akan banyak dibutuhkan di dunia kerja ke depannya. Pertama adalah bahasa Prancis.

Sebagaimana dilansir dari Parents, menurut statistik, lebih dari 1 juta orang Amerika berbicara bahasa prancis. Bahasa ini kemudian menjadi bahasa paling umum keempat di wilayah tersebut.

"Jika seseorang menginginkan bahasa untuk bisnis internasional, politik, atau perjalanan, bahasa Prancis adalah yang terbaik," kata Pablo Solomon, mantan guru, konselor, dan konsultan untuk Departemen Pendidikan AS.

Bahasa asing selanjutnya baca DI SINI.



Simak Video "Jokowi Blusukan ke Pasar Badung Bali Bawa Media Asing"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia