4 Prinsip Menggambar Model, Apa Saja?

Nikita Rosa Damayanti - detikEdu
Selasa, 08 Feb 2022 10:30 WIB
Smiling woman painting along with her daughter
Foto: Getty Images/RgStudio
Jakarta -

Menggambar model menggambar merupakan kegiatan menggambar di mana individu membutuhkan objek untuk dilihat baru dituangkan ke dalam bentuk gambar. Menggambar model (alam benda) menuntut ketepatan bentuk dan karakter objek yang akan digambar.

Model gambar sebaiknya diletakkan sesuai dengan jarak pengamatan mata. Model diletakkan tidak terlalu jauh dari pandangan agar bisa diamati detail dari setiap objek yang digambar.

Dalam menggambar, dapat menggunakan bidang gambar berupa kertas atau kanvas. Alat dan bahan yang digunakan adalah pensil, arang, pensil warna, cat air, cat akrilik, dan cat minyak.

Berbeda dengan gambar ilustrasi, dalam gambar model tidak ada unsur yang dibuat-buat dan lebih realistis sesuai dengan model objek yang digambar. Perbedaan mendasar terletak pada prinsip yang dimilikinya.

Prinsip Menggambar Model

Proses menggambar model tidak terlepas dari proses mengamati objek dan prinsip ketika melihat objek. Prinsip-prinsip tersebut disusun untuk membuat gambar model yang baik dan benar.

Dalam Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, prinsip menggambar model adalah sebagai berikut:

1. Komposisi

Komposisi adalah suatu cara menyusun dan menata objek gambar yang digunakan sebagai model gambar agar gambar yang dihasilkan terlihat menarik dan indah. Komposisi dapat dibuat berdasarkan objek, warna, jenis, dan latar belakang gambar. Komposisinya dapat dibagi sebagai berikut.

a. Komposisi simetris
Pada komposisi simetris, objek atau model yang mewakili subjek gambar ditempatkan pada posisi seimbang di kiri dan kanan. Selain itu, bentuk dan ukuran objeknya sama.

b. Komposisi asimetris
Pada komposisi asimetris, benda-benda ditempatkan secara tidak sama baik posisi maupun ukurannya. Tetapi memperhatikan perbandingan, keseimbangan, dan keseragaman antara benda-benda.

c. Komposisi Sentral
Komposisi sentral memusatkan perhatian benda atau objek model gambar di tengah-tengah bidang gambar. Penempatan model diatur sesuai dengan proporsi bentuk model dan diatur seimbang dan memiliki kesatuan antar benda.

2. Proporsi

Pada proporsi, bagian-bagian benda memiliki perbandingan yang ideal dan harmonis. Proporsi akan menghasilkan gambar yang nyaman dipandang mata.

3. Keseimbangan

Keseimbangan adalah keselarasan antara bidang gambar, objek gambar, dan gambar yang dihasilkan. Untuk menyeimbangkan hasil gambar model, buat skala yang memberikan efek perspektif pada objek gambar dan sudut pandang penggambar.

4. Kesatuan

Kesatuan adalah keserasian penempatan objek gambar dan objek-objek lain yang ditempatkan secara bersama memberikan kesan ruang dan kedalaman agar saling mendukung dan menghasilkan gambar yang baik.

Nah, itulah 4 prinsip menggambar model yang wajib siswa ketahui. Dengan menerapkan prinsip menggambar model, siswa akan menghasilkan gambar model yang indah dan harmonis.



Simak Video "Belajar Seni Pupuh yang Sarat Pesan Moral"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia