Daftar 10 Senjata Tradisional Indonesia, Bahan buat Belajar Bareng Anak

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 03 Feb 2022 17:39 WIB
Senjata tradisional
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Indonesia memiliki beragam kekayaan budaya, salah satunya adalah senjata tradisional. Setiap provinsi di Indonesia tentu memiliki senjata tradisional yang berbeda-beda.

Keberagaman budaya Indonesia tentu harus diajarkan kepada anak-anak agar mereka mengerti kekayaan budaya Indonesia. Jika orang tua belum mengetahui ragam senjata tradisional, tidak perlu khawatir. Berikut rangkuman dari detikEdu seputar macam-macam senjata tradisional yang dikutip dari Hai Bunda:

10 Senjata Tradisional Indonesia

1. Aceh

Aceh memiliki senjata tradisional yang disebut dengan rencong. Rencong berbentuk bilah pedang dan memiliki tanduk di ujungnya. Rencong telah dipakai sejak zaman Sultan Ali Mughayat tahun 1514-1528.

2. Sumatera Utara

Selanjutnya ada tombak dan podang (pedang) yang menjadi senjata khas suku Batak. Sedangkan senjata dari suku Karo, ada piso surit atau pisau panjang.

Selain itu juga, ada piso gaja yang digunakan para raja sebagai simbol kewibawaan.

3. Sumatera Barat

Memiliki nama yang cantik, karin adalah senjata tradisional Sumatera Barat. Senjata ini berbentuk seperti keris dan ada ukiran di gagangnya.

Selain itu juga ada senjata lain seperti tombak, piarit (tombak berujung tiga), pedang panjang, sumpitan, dan landing atau golok. Umumnya, senjata-senjata tersebut digunakan raja-raja Minangkabau.

4. Sumatera Selatan

Tombak trisula merupakan senjata khas Sumatera Selatan. Senjata ini terbuat dari kayu panjang dan bagian atasnya berbentuk seperti garpu.

5. Jambi

Senjata tradisional dari Jambi adalah keris tumbuk lada atau badik. Bentuknya seperti keris yang lurus dan sedikit pendek. Bagian atas senjata terbuat dari tanduk atau kayu. Sedangkan pangkal sarungnya membentuk bulan sabit.

Selain badik, provinsi Jambi juga memiliki senjata tradisional lain, seperti tombak, sumpitan, dan pedang.

6. Riau

Pedang jenawi adalah senjata tradisional dari Riau yang digunakan panglima perang dalam pertempuran. Bentuknya lurus panjang dan ada tonjolan kecil di ujung pegangannya.

Riau juga memiliki senjata lain yaitu kelewang, badik tumbuk lada, dan keris ulu klindit.

7. Kepulauan Riau

Badik tumbuk lada merupakan senjata khas Kepulauan Riau. Bentuknya seperti keris namun lebih pendek.

Badik tumbuk lada terbuat dari besi dan baja dan memiliki sarung penutup yang terbuat dari kayu dengan lapisan emas atau perak.

8. Bangka Belitung

Siwar panjang merupakan senjata tradisional dari Bangka Belitung. Senjata ini berbentuk seperti pedang yang memiliki ujung runcing. Bagian gagang siwar panjang tampak melengkung dan terbuat dari kayu.

9. Bengkulu

Senjata tradisional dari Bengkulu adalah keris dengan bentuk melengkung dan pendek. Keris dipakai oleh kepala adat untuk perang dan kegiatan adat.

10. Lampung

Senjata tradisional khas Lampung adalah taji ayam. Bentuknya menyerupai keris Bengkulu namun lebih kecil.

Selain itu ada terapang dan payan. Terapang mirip keris sedangkan payan adalah tombak dengan gagang kayu.

Nah 24 senjata tradisional lainnya dapat dilihat di SINI ya, detikers!



Simak Video "Rencong, Senjata Tradisional Khas Aceh, Aneuk Laot Sabang"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia