Arti Logo Nahdlatul Ulama, Ormas Islam yang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Senin, 31 Jan 2022 18:00 WIB
Lambang NU dan artinya penting diketahui. Hingga kini, lambang NU masih digunakan dan menjadi simbolis dari ormas yang satu ini.
Kiai Ridwan Abdullah, pencipta logo Nahdlatul Ulama. (dok. NU)
Jakarta -

Logo Nahdlatul Ulama adalah karya seorang kiai bernama Ridwan Abdullah yang mengandung makna. Logi ini bermunculan di internet dalam rangka memperingati hari lahir Nahdlatul Ulama yang ke-96 atau Harlah NU 2022 hari ini, Senin (31/1/2022).

Mengutip laman resmi NU, logo NU tersebut mulanya ditugaskan kepada Kiai Ridwan dalam waktu satu setengah bulan. Beliau memang dikenal sebagai orang yang terampil dalam melukis.

Setelah diberi tenggat waktu dalam satu setengah bulan, Kiai Ridwan pun melakukan istikharah untuk mendapatkan inspirasi dalam membuat logo NU tersebut. Adapun deskripsi lengkap seputar makna logonya dapat disimak pada ulasan berikut ini.

7 Arti di balik logo Nahdlatul Ulama

Logo Nahdlatul UlamaLogo Nahdlatul Ulama berdasarkan hasil Muktamar ke-33. Foto: Dok. laman resmi NU Indonesia

1. Bola dunia

Pertama, gambar bola dunia di dalam logo NU menggambarkan tempat manusia berasal dan tinggal. Hal ini didasarkan dengan surat Thaha ayat 55.

۞ مِنْهَا خَلَقْنَاكُمْ وَفِيهَا نُعِيدُكُمْ وَمِنْهَا نُخْرِجُكُمْ تَارَةً أُخْرَىٰ

Artinya: "Darinya (tanah) itulah Kami menciptakan kamu dan kepadanyalah Kami akan mengembalikan kamu dan dari sanalah Kami akan mengeluarkan kamu pada waktu yang lain,"

2. Tali tambang

Kemudian, ada tali atau tambang yang mengelilingi bola dunia. Tali tambang tersebut melambangkan ukhuwah, atau persaudaraan, sebagaimana yang disebut dalam surat Ali Imran ayat 103.

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Artinya: "Dan berpegangteguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah, Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk."

Untaian tambang tersebut juga berjumlah 99. Hal ini melambangkan nama-nama terpuji bagi Allah (Asmaul Husna) yang berjumlah 99 nama.

3. Peta Indonesia

Meskipun logo NU menggunakan lambang bola dunia, tetapi tampak sebuah gambar yang menjelaskan peta Indonesia. Ini mendefinisikan bahwa NU didirikan di Indonesia dan berjuang di Indonesia sekaligus bukti cinta NU untuk Indonesia.

4. Simpul ikatan

Dua simpul ikatan di bagian bawah melambangkan hubungan vertikal dengan Allah SWT. Kemudian, ikatan lainnya untuk hubungan horizontal dengan sesama umat manusia.

5. Bintang

Selanjutnya, ada lima bintang di atas dan di bawah bola dunia. Bintang yang berada di tengah atas berukuran besar dibanding empat yang lainnya.

Bintang paling besar tersebut bermakna posisi Rasulullah SAW, sementara empat bintang kecil lainnya melambangkan para sahabat nabi yang bergelar Khulafaur Rasyidin. Mereka adalah Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar bin Khatab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Untuk bintang yang berada di bawah bola dunia, hal ini melambangkan empat Imam Besar Mazhab Ahlussunah wal Jamaah. Empa imam besar yang dimaksud tersebut adalah Imam Maliki, Imam Syafi'i, Imam Hanafi, dan Imam Hanbali.

Jumlah bintang secara keseluruhan ada dalam logo adalah sembilan. Total bintang melambangkan jumlah Wali Songo atau sembilan ulama penyebar Islam di Indonesia.

6. Tulisan Arab

Tulisan Nahdlatul Ulama dalam huruf Arab melintang di tengah bumi dalam logo NU. Hal ini untuk menunjukkan nama organisasi yakni Nahdlatul Ulama yang bermakna kebangkitan para ulama.

Rais Aam PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) KH Miftahul Akhyar mengungkapkan pendapatnya. Huruf dladl pada tulisan Nahdlatul Ulama yang berukuran panjang dan melintasi bola dunia bermakna huruf dladl dalam hijaiyah.

"Huruf dlad (ض) yang ditulis memanjang melintasi bola dunia adalah isyarat bahwa NU harus memberi warna pada dunia global," tulis NU.

7. Warna

Warna dasar lambang NU adalah hijau sebagai lambang kesuburan. Kemudian, tulisan berwarna putih dilambangkan sebagai kesucian.

Kiai Rahmad, pencipta logo NU ini, merupakan sosok penting dalam NU. Tidak hanya menciptakan logo, pengabdiannya untuk NU bahkan dapat terlihat dari rumah milik mertuanya yang disulap menjadi tempat kepentingan NU.



Simak Video "Gus Yahya: PBNU Selalu di Pihak Rakyat Palestina"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia