Mengenal Istilah Storyboard dan Manfaatnya, Kamu Perlu Simak Ya!

Rika Pangesti - detikEdu
Jumat, 28 Jan 2022 10:30 WIB
storyboard iklan pizza donald trump
Foto: Moments in Time
Jakarta -

Storyboard dikenal sebagai sketsa gambar yang disusun sesuai naskah. Perannya penting dalam perencanaan membuat film, khususnya pra produksi.

Mengutip dari buku Pengembangan Bahan Ajar yang ditulis oleh Dr. Nana, M.Pd, storyboard diartikan sebagai visualisasi script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek dan ditampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah scene. Sedangkan, menurut Dhimas dalam Indonesian Journal on Software Engineering, storyboard adalah rancangan umum suatu aplikasi yang disusun secara berurutan layar demi layar serta dilengkapi dengan penjelasan dan spesifikasi dari setiap gambar, layar, dan teks.

Orang yang membuat storyboard disebut dengan storyboard artist. Tugas storyboard artist adalah membuat panduan visual cerita sesuai skenario yang digunakan. Jadi, dapat dikatakan bahwa storyboard adalah visualisasi dari skenario. Namun demikian, storyboard dan skenario terkait satu sama lain dan saling mendukung.

Manfaat storyboard dalam perencanaan membuat film, iklan ataupun video lainnya yaitu untuk memudahkan menyampaikan ide cerita yang dimiliki kepada orang lain. Tujuannya agar setiap orang yang membaca storyboard, mengerti dengan jelas ide cerita yang dimaksud.

Sementara itu, storyboard biasanya tidak dibuat secara rinci, karena agar tidak membatasi sutradara saat pengambilan gambar serta memberikan ruang untuk berimajinasi. Jadi, storyboard hanya sebagai acuan saja.

Selain sebagai perencanaan pra produksi, storyboard memiliki banyak fungsi yaitu sebagai berikut:

1. Sebagai media yang memberikan gambaran tentang apa yang terdapat pada setiap alur cerita.
2. Sebagai panduan sutradara, aktor dan pihak lainnya dalam pengambilan gambar atau shooting.
3. Sebagai alat untuk menyampaikan ide cerita.
4. Sebagai perantara untuk menyamakan persepsi antar yang pemilik ide dengan aktor.
5. Sebagai dokumen tertulis .

Namun, penggunaan storyboard di Indonesia lebih kepada pembuatan video iklan dan video klip musik. Hal ini disebabkan karena dalam pembuatan iklan dan video klip musik memiliki tingkat detail gambar yang tinggi.


Nah, itulah pengertian storyboard, manfaat serta fungsi-fungsinya. Semoga menambah pengetahuanmu, ya detikers.



Simak Video "Wulan Guritno Berharap Adanya Regenerasi di Industri Film"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia