Salat Sunnah Mutlak: Niat, Waktu, Hukum, dan Doanya

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Kamis, 27 Jan 2022 17:30 WIB
Ilustrasi salat
Ilustrasi salat sunnah mutlak. (Foto: iStock/kzenon)
Jakarta -

Salat sunnah mutlak adalah salat sunnah yang tidak ditentukan waktunya, tanpa sebab apapun dalam pelaksanaannya, bahkan tanpa batasan jumlah bilangan rakaatnya. Namun, semua ini dapat berlaku selama pengerjaannya tidak termasuk dalam waktu yang dilarang untuk salat.

Waktu yang dilarang untuk salat tersebut antara lain sesudah salat subuh sampai terbit matahari, sesudah salat ashar sampai terbenam matahari, dan istiwa' (pertengahan hari) sampai tergelincir matahari kecuali hari Jumat. Sesuai dengan hadits riwayat berikut,

ثَلَاثُ سَاعَاتٍ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَنْهَانَا أَنْ نُصَلِّيَ فِيهِنَّ، أَوْ أَنْ نَقْبُرَ فِيهِنَّ مَوْتَانَا: «حِينَ تَطْلُعُ الشَّمْسُ بَازِغَةً حَتَّى تَرْتَفِعَ، وَحِينَ يَقُومُ قَائِمُ الظَّهِيرَةِ حَتَّى تَمِيلَ الشَّمْسُ، وَحِينَ تَضَيَّفُ الشَّمْسُ لِلْغُرُوبِ حَتَّى تَغْرُبَ

Artinya: "Ada 3 waktu shalat yang Rasulullah SAW melarang kami untuk melakukan shalat dan menguburkan orang yang meninggal. (1) Ketika matahari terbit hingga meninggi, (2) ketika matahari tepat berada di tengah-tengah cakrawala hingga bergeser sedikit ke barat dan (3) ketika matahari berwarna kekuningan saat menjelang terbenam (HR Muslim).

Untuk lebih memahami terkait salat sunnah mutlak ini, detikEdu merangkum sejumlah informasi seputar niat, waktu, dasar hukum, hingga doa yang dapat dilafalkan setelah salat sunnah mutlak.

A. Niat salat sunnah mutlak

Pengerjaan salat sunnah mutlak sama dengan pengerjaan salat sunnah lainnya, seperti diungkap oleh Ustaz Arif Rahman dalam buku Panduan Sholat Wajib & Sunnah Sepanjang Masa Rasulullah SAW. Baik gerakan hingga bacaannya yang dimulai dari takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.

Adapun bacaan niat satu rakaat dari salat ini adalah sebagai berikut,

أُصَلِّى سُنَّةَ رَكْعَةً لِلهِ تَعَالَ الله أَكْبَر

Bacaan latin: Ushalli rak'atan sunnatal lillaahi ta'aalaa. Allahu akbar.

Artinya: Aku berniat salat sunnah satu rakaat karena Allah Ta'ala. Allah Maha Besar.

Sebaliknya, bacaan niat salat sunnah mutlak untuk dua rakaat dapat dilafalkan dengan niat berikut ini,

أُصَلِّيْ سُنَّةً رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى الله أَكْبَر

Bacaan latin: Ushalli rak'ataini sunnatal lillaahi ta'aalaa. Allahu akbar.

Artinya: Aku berniat salat sunnah dua rakaat karena Allah Ta'ala. Allah Maha Besar.

B. Waktu salat sunnah mutlak

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, salat ini dapat dilakukan setiap saat selama tidak dikerjakan pada waktu yang dilarang. Hal ini pula yang membedakan salat sunnah mutlak dengan salat sunnah muqayad.

Salat sunnah muqayad adalah salat sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan pada waktu tertentu atau pada keadaan tertentu. Sejumlah contoh salat sunnah ini adalah salat tahiyatul masjid, salat dua rakaat seusai wudhu, salat sunnah rawatib, dan sebagainya.

C. Dasar hukum salat sunnah mutlak

Mengutip Pedoman Dan Tuntunan Shalat Lengkap oleh Abdul Kadir Nuhuyanan, salat sunnah mutlak termasuk dalam kelompok salat sunnah ghairu rawatib. Dalam artian, amalan ini termasuk amalan yang bila dikerjakan mendapatkan pahala dan tidak akan mendapat siksa bila ditinggalkan.

D. Doa setelah salat sunnah mutlak

Doa Setelah Salat Sunnah MutlakBacaan doa setelah salat sunnah mutlak. Foto: Buku Panduan Sholat Wajib & Sunnah Sepanjang Masa Rasulullah SAW oleh Ustaz Arif Rahman

Bacaan latin: Allâhumma as'alika taufiqa ahli-l-huda wa a'mâla ahli-l-yaqin wa munåshata ahli-t-taubah wa 'azma ahli-s-shabri wa jidda ahli-l khasyati wa thalaba ahli r raghbati wa ta'abbuda ahli al wara'l wa irfâna ahli-i-lmi hatta akháfaka

Artinya: "Ya Allah saya memohon kepada-Mu Taufik yang telah kau berikan pada orang-orang yang mendapat petunjuk, amalan-amalan orang yang mendapat keyakinan, keikhlasan orang-orang yang bertobat, keteguhan hati orang-orang yang bersabar, kesungguhan orang orang yang takut pada-Mu, mencari cinta Mu seperti orang-orang yang mencintai-Mu, ibadahnya orang-orang yang wara dan pengetahuan orang-orang yang berilmu sehingga aku menjadi takut padaMu,"

Semoga informasi seputar salat sunnah mutlak ini dapat bermanfaat ya, detikers.



Simak Video "Bakal Dilaporkan karena Lecehkan Niat Salat, Nikita Mirzani: Laporin Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia