10 Bahasa Pertama di Dunia, Mayoritas Masih Digunakan hingga Kini

Kristina - detikEdu
Senin, 24 Jan 2022 13:45 WIB
Bahasa Mesir Koptik diketahui menjadi bahasa pertama di dunia.
Salah satu naskah bahasa Mesir. Foto: Wikimedia Commons
Jakarta -

Bahasa merupakan alat komunikasi yang sudah digunakan sejak peradaban pertama muncul. Bahasa pertama di dunia diketahui sudah ada sekitar 3200 SM.

Dilansir dari Oldest, bahasa pertama di dunia dapat diketahui berdasarkan catatan yang tersimpan selama beberapa milenium, sebagaimana dibuktikan dari beberapa lukisan gua tertua dan artefak kuno lainnya.

Bahasa Pertama di Dunia

Meskipun sulit untuk mengetahui secara pasti kemunculan bahasa pertama dan perkembangannya, namun sistem penulisan pertama yang muncul pada peradaban modern pertama lebih dari 5000 tahun yang lalu telah mempengaruhi skrip tertulis modern. Bahkan, dapat digunakan untuk melacak akar teks awal. Berikut 10 bahasa pertama di dunia:

1. Mesir Koptik

Bahasa pertama di dunia sejauh yang diketahui saat ini adalah bahasa Mesir Koptik. Bahasa ini merupakan warisan dari peradaban Mesir Kuno. Seperti diketahui, sekelompok manusia yang berburu dan meramu diketahui tinggal di Lembah Sungai Nil pada 6000 SM. Baru pada tahun 3100 SM, dinasti pertama Mesir mulai berdiri.

Bahasa Koptik digunakan oleh orang Mesir sebagai bahasa percakapan hingga abad ke-17 dan digantikan dengan bahasa Arab setelahnya. Keberadaan bahasa ini dibuktikan dari makam yang berusia 3200 SM.

2. Yunani

Bahasa Yunani menjadi bahasa Indo-Eropa tertua di dunia yang sudah digunakan sejak abad ke-16 SM. Bahasa ini berasal dari Kreta dan Siprus. Bahasa Yunani menjadi akar banyak kata di berbagai bahasa modern.

3. Sanskerta

Bahasa Sansekerta menjadi bahasa tertua ketiga di dunia. Bahasa kesusastraan Hindu Kuno ini setidaknya sudah ada sejak 3500 tahun lalu di India Kuno. Bentuk bahasa Sanskerta tertua yang diketahui adalah Veda.

4. China

Bahasa China kuno sudah digunakan oleh penduduk Dinasti Shang sejak 300 tahun lalu. Bahasa tertua ini menjadi akar dari bahasa China modern yang merupakan warisan langsung dari sistem penulisan Oracle Bone Script yang digunakan untuk ramalan.

5. Aram

Bahasa Aram untuk teks tulis diketahui sudah digunakan sejak tahun 1100 SM. Sementara itu, orang Aram Kuno menggunakannya sekitar 3500 SM sejak zaman Perunggu di wilayah Suriah modern.

6. Ibrani

Bahasa Ibrani sering dianggap sebagai bahasa lisan tertua di dunia karena berhubungan dengan teks-teks kitab. Namun, bahasa ini sempat hampir punah sebelum akhirnya dihidupkan kembali selama beberapa abad. Rentang tahun 200 dan 400 M bahasa ini sudah tidak digunakan lagi sebagai bahasa sehari-hari. Baru pada abad ke-19 bahasa ini kembali digunakan.

7. Latin

Bahasa pertama di dunia selanjutnya adalah bahasa Latin. Bahasa ini sudah digunakan oleh orang-orang yang kini menjadi Roma, sejak abad ke-7 SM. Bahasa Latin berkembang dan menjadi akar dari bahasa Italia, Prancis, hingga Inggris.

8. Persia

Bahasa Persia atau yang sekarang dikenal sebagai Farsi diketahui sudah digunakan sekitar tahun 600 SM oleh orang Iran Kuno. Bahasa ini dibagi menjadi tiga periode, Persia Kuno (525 SM Tahun C - 300 SM), Persia Tengah (300 SM - 800 M), dan Persia Modern.

9. Tamil

Tamil adalah bahasa non-Sanskerta tertua yang berasal dari India. Bahasa paling awal diketahui digunakan sekitar 300 SM. Prasasti Tamil awal ini ditemukan di gua-gua dan tembikar.

10. Arab

Bahasa Arab termasuk bahasa yang cukup modern jika dibandingkan dengan bahasa pertama di dunia lainnya. Bahasa ini diketahui digunakan sekitar abad ke-1 M namun diprakirakan sudah ada jauh sebelum itu.

Bahasa Kuno yang Masih Digunakan

Enam dari 10 bahasa pertama di dunia dalam daftar di atas masih digunakan oleh masyarakat hingga saat ini. Melansir Discover Magazine, berikut 8 bahasa kuno yang masih lestari:

1. Ibrani
2. Tamil
3. Sanskerta
4. Yunani
5. China
6. Arab
7. Euskara atau Basque
8. Nahuati



Simak Video "Malaysia-Indonesia Sepakat Perkuat Bahasa Melayu"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia