5 Rekomendasi Channel YouTube Edukatif untuk Pelajar, Apa Saja?

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 24 Jan 2022 09:00 WIB
LAS VEGAS, NV - JANUARY 12:  The YouTube logo appears on screen before a keynote address by Vice President of Global Content Partnerships at YouTube Robert Kyncl at the 2012 International Consumer Electronics Show at the Las Vegas Hotel & Casino January 12, 2012 in Las Vegas, Nevada. CES, the worlds largest annual consumer technology trade show, runs through January 13 and features more than 3,100 exhibitors showing off their latest products and services to about 140,000 attendees.  (Photo by Ethan Miller/Getty Images)
Foto: GettyImages
Jakarta -

Saat ini belajar dapat darimana saja salah satunya melalui YouTube. Di YouTube terdapat banyak channel edukatif yang dapat membantu proses belajar dan mengajar.

Apa detikers masih bingung harus menonton channel apa? Jangan khawatir ada beberapa channel edukatif YouTube sebagai rekomendasi detikers. Apa saja itu? Simak penjelasan berikut yang dikutip dari laman Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi:

Channel Youtube Edukatif

1. Quipper

Quipper adalah channel YouTube yang berisikan video-video pembelajaran. Video-video tersebut dikhususkan untuk siswa sekolah.

Selain video pembelajaran juga ada latihan soal dan materi. Pembicara di channel ini juga merupakan orang yang ahli di dalam bidangnya. Sehingga detikers tak perlu ragu lagi akan informasi yang diberikan.

2. Zenius

Serupa dengan Quipper, Zenius juga merupakan channel Youtube edukatif yang berisikan video pembelajaran dan latihan soal untuk berbagai jenjang mulai dari SD-SMA. Bahkan Kemendikbudristek juga merekomendasikan channel ini untuk mendorong aktivitas pembelajaran di rumah saat pandemi.

Ada tips dan trik belajar yang cocok juga untuk para siswa. Jadi channel ini wajib ditonton detikers ya!

3. Usep Suhud

Usep Suhud adalah seorang pengajar di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Nah channel YouTube ini ditujukan untuk para mahasiswa dalam memahami data. Di Channel Youtube ini Usep juga mengajarkan cara menggunakan Amos. Amos adalah software untuk mengolah data dan menguji model penelitian.

4. Nihongo Mantappu

Nihongo Mantappu merupakan channel Youtube yang dikelola Jerome Poline. Jerome sendiri membagikan kisahnya berkuliah di Waseda University, Jepang jurusan Matematika.

Ia juga membagikan tips dan trik belajar, vlog seru di Jepang, opini tentang beragam budaya, dan pengalaman belajar di Jepang. Wah seru banget ya detikers! Jangan lupa ditonton ya!

5. TED

Channel Youtube TED menyediakan beragam video seminar dengan menghadirkan pembicara yang inspiratif. Biasanya pembicara di channel ini merupakan orang-orang ahli di bidangnya.

Video di TED sendiri biasanya berdurasi 18 menit atau lebih dan berisi materi diskusi tentang teknologi, hiburan, isu global, desain, sains, bisnis, seni, dan lain -lain. TED sendiri adalah organisasi nonprofit yang bertujuan untuk berbagi dan menyebarkan ide agar menginspirasi banyak orang.

Bill Gates dan Elon Musk pernah membagikan ilmunya di TED.

Nah itulah channel YouTube edukatif yang harus ditonton pelajar dan mahasiswa. Apa ada channel favorit kalian detikers?



Simak Video "Konten Pengetahuan di YouTube Makin Diminati Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia