3 Doa Keluar Rumah agar Terhindar dari Marabahaya

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Jumat, 21 Jan 2022 14:15 WIB
Couple of glowing Moroccan ornamental lanterns on the table. Greeting card, invitation for Muslim holy month Ramadan Kareem, festive blue night background with glittering golden bokeh lights.
Ilustrasi berdoa agar terhindar dari marabahaya. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tabitazn)
Jakarta -

Kecelakaan beruntun yang menyebabkan 4 orang tewas terjadi di turunan wilayah Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (21/1/2022). Diketahui, kecelakaan maut disebabkan oleh truk yang mengalami rem blong saat lampu merah.

"Dari arah belakang meluncur truk tronton. Truk tronton itu mengalami rem blong, sehingga menabrak menyeruduk kendaraan di depannya yang berhenti di lampu merah," kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo kepada detikcom, Jumat (21/1/2022).

Diketahui, kendaraan berat yang mengalami rem blong itu menabrak sejumlah pengendara di depannya, baik motor hingga mobil. Akibat dari peristiwa maut ini, dilaporkan ada 4 orang tewas dan 21 orang lainnya luka-luka, seperti yang diungkap oleh Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

"Meninggal dunia 4 orang. Kritis 1 orang, luka berat 4 orang, luka ringan 17 orang," ujar Dedi.

Para korban kemudian dilarikan ke tiga RS terdekat, yakni RSU Kanujoso, RS Beriman dan RS Ibnu Sina. Hingga saat ini pihak kepolisian masih mendata jumlah kendaraan yang ditabrak dan kemungkinan korban tambahan.

Segala sesuatu peristiwa yang terjadi, semata-mata semuanya merupakan kehendak Allah SWT. Tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi pada tiap manusia dalam beberapa waktu ke depan selain ketetapanNya.

Untuk itu, tidak ada salahnya bagi seorang muslim untuk melafalkan bacaan doa keluar rumah setiap hendak berpergian. Doa-doa tersebut merupakan bagian dari bentuk tawakal dalam memohon pertolonganNya selama menjalankan aktivitas di luar rumah.

Berikut ini bacaan doa keluar rumah yang dilansir dari buku Keutamaan Doa & Dzikir Untuk Hidup Bahagia Sejahtera oleh M. Khalilurrahman Al Mahfani dilengkapi dengan arti dan bacaan latinnya.

3 Doa keluar rumah serta artinya sesuai hadits

1. Bacaan pertama doa keluar rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bacaan latin: "Bismillahi tawakkaltu 'alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah"

Artinya: "Dengan nama Allah (aku keluar). Aku bertawakal (berserah diri) kepada Allah, tiada daya upaya melainkan dengan izin Allah." (HR Turmudzi dari Anas bin Malik).

2. Bacaan kedua doa keluar rumah

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Bacaan latin: Allahumma inni a-'udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala 'alayya".

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu, janganlah sampai aku tersesat atau disesatkan (syaitan atau orang jahat), tergelincir atau digelincirkan orang lain, menganiaya atau dianiaya orang lain, dan berbuat bodoh atau dibodohi orang lain." (HR Abu Dawud dan At Tirmidzi).

3. Bacaan doa keluar rumah saat naik kendaraan darat

بِاسْمِ اللَّهِ
الْحَمْدُ لِلَّهِ
{ سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ } { وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ }
(3x) الْحَمْدُ لِلَّهِ
(3x) اللَّهُ أَكْبَرُ
سُبْحَانَكَ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي، فَاغْفِرْ لِي، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Bacaan latin: Bismillah
Alhamdulillah
(Subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun),
Alhamdulillah (3x),
Allaahu akbar (3x),
Subhanaka inni zhalamtu nafsi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudz-dzunuba illaa anta

Artinya: "Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Rabb yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Robb kami (di hari kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau Ya Allah, sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau." (HR Abu Dawud dan Tirmidzi).

Selain membaca doa keluar rumah, Rasulullah SAW juga mencontohkan dalam haditsnya untuk selalu berdzikir selama di perjalanan. Hal itu agar kita selalu ingat dan mendapat perlindungan dari Allah SWT, serta terhindar dari godaan setan.



Simak Video "Doa Keluar Rumah dan Naik Kendaraan Agar dalam Lindungan Allah"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia