Cara Membuat Halaman di Word untuk Skripsi, Penomoran hingga Berbeda Page

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 20 Jan 2022 11:30 WIB
Microsoft Office
Foto: dok Microsoft
Jakarta -

Mahasiswa perlu memahami cara membuat halaman di Word agar tidak mengalami kendala saat menyusun skripsi. Membuat halaman juga penting dipahami agar penomoran dalam daftar isi skripsi sesuai.

Meski terkesan sepele, namun ketidaktahuan dalam memberi nomor halaman di word ini bisa saja membuat mahasiswa harus bekerja lebih lama.

Di Microsoft Word, ada beberapa macam format penomoran halaman, misal i, ii, dan seterusnya atau 1, 2, 3 dan seterusnya. Nah, bagi kalian yang sedang menyusun skripsi, karya ilmiah, ataupun yang lainnya, simak langkah menomori halaman di Word, termasuk jika halamannya berbeda.

A. Cara Membuat Halaman di Word

Disebutkan dalam buku Cara Mudah Menguasai Microsoft Office Word 2007 terbitan Mediakita seperti dikutip dari detikinet, jika kalian menggunakan Word versi 2007, maka cara membuat halaman di Word adalah berikut ini:

  • 1. Klik Insert pada bagian atas
  • 2. Pilih Page Number
  • 3. Pilih posisi yang ingin diberi nomor halaman
  • 4. Klik posisi yang diinginkan, maka nomor halaman akan muncul.

Menomori halaman menggunakan Word 2016 atau 2010 pun sebetulnya sama saja dengan Word 2007. Jenis penomorannya juga bisa diatur sesuai yang dikehendaki. Untuk memilih format penomoran, klik Page Number, lalu pilih Format Page Number.

Aplikasi Word kalian akan memperlihatkan pilihan jenis penomoran, seperti i, ii, iii, dan seterusnya atau a, b, c, d, dan seterusnya atau 1, 2, 3, dan seterusnya.

B. Cara Membuat Halaman Berbeda di Word

Ketika akan memberi nomor pada halaman berbeda, sebenarnya kalian tidak perlu membuat lembar kerja baru. Ada cara yang lebih praktis yang dapat dilakukan. Begini langkah-langkahnya:

  • 1. Pada dokumen kalian, pilih halaman yang akan diberi nomor
  • 2. Pilih opsi Layout atau tata letak
  • 3. Klik Break, lalu pilih Next Page
  • 4. Pada halaman setelah Break, klik dua kali di bagian Header atau atas halaman. Bisa juga klik dua kali di bagian Footer atau bawah halaman (terserah ingin memberi nomor halaman di sebelah mana)
  • 5. Setelah melakukan klik tersebut, maka akan muncul tab Desain
  • 6. Tekan Link to Previous atau tautan sebelumnya untuk memutus sambungan Header dan Footer di halaman terkini dengan Header atau Footer di bagian sebelumnya
  • 7. Pada bagian Header atau Footer, klik nomor halaman dan pilih lokasi halamannya.

Sama seperti pada cara sebelumnya, kalian juga bisa memilih jenis penomoran yang diinginkan. Caranya, pada grup Header & Footer, klik Nomor Halaman. Lalu klik lagi Format Nomor Halaman dan pilih yang akan digunakan. Kalian juga bisa menyesuaikannya lebih lanjut melalui kotak Format Penomoran.

Itulah cara membuat halaman di Word termasuk jika beda halaman. Semoga membantu ya detikers!



Simak Video "Terbitkan Ijazah Tanpa Kuliah, Akreditasi Perguruan Tinggi di Surabaya Dicabut"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia