Berkah Salat Dhuha, Diampuni Dosa Hingga Dicukupi Kebutuhan Hidupnya

Lusiana Mustinda - detikEdu
Kamis, 20 Jan 2022 07:00 WIB
Massa FPI melakukan salat Dhuha dan mengaji di Masjid Al-Azhar sebelum berangkat menuju Polda Metro Jaya untuk berunjuk rasa.
Seorang muslim sedang salat/Berkah salat dhuha. Foto: Rengga Sancaya.
Jakarta -

Salat Dhuha merupakan salat sunnah yang dikerjakan pada waktu Dhuha, yakni ketika matahari terbit setinggi tombak hingga menjelang waktu Dzuhur. Salat Dhuha hukumnya sunnah muakkad sehingga siapa saja yang ingin mendapatkan pahala dan keutamaan boleh mengerjakannya. Dan bagi yang tidak melaksanakannya tidaklah berdosa.

Salat sunnah ini sangat dianjurkan, karena rasulullah senantiasa berpesan kepada para sahabat untuk mengerjakan salat dhuha sekaligus menjadikannya wasiat. Tentunya wasiat ini juga berlaku untuk seluruh umat Islam.

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA disebutkan,

Hadits yang menjelaskan tentang keberkahan salat Dhuha sesuai anjuran Rasulullah SAW.Hadits yang menjelaskan tentang keberkahan salat Dhuha sesuai anjuran Rasulullah SAW. Foto: "Berkah Salat Dhuha" oleh M. Khalilurrahman Al Mahfani

"Kekasihku SAW mewasiatkan kepadku tiga hal, yaitu puasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat salatDhuha, dan salat Witir sebelum tidur." (H.R. Bukhari dan Muslim).

Dilansir dalam buku "Berkah Salat Dhuha" oleh M. Khalilurrahman Al Mahfani, Rasulullah SAW senantiasa mengerjakan salat Dhuha seperti yang disebutkan dalam hadits ini:

Hadits yang menjelaskan tentang keberkahan salat Dhuha sesuai anjuran Rasulullah SAW.Hadits yang menjelaskan tentang keberkahan salat Dhuha sesuai anjuran Rasulullah SAW. Foto: "Berkah Salat Dhuha" oleh M. Khalilurrahman Al Mahfani

"Dari Abu Sa'id al Khudri ia berkata, 'Nabi SAW selalu salat Dhuha sampai-sampai kami mengira bahwa beliau tidak pernah meninggalkannya, tetapi jika meninggalkannya sampai-sampai kami mengira bahwa beliau tidak pernah mengerjakannya." (H.R. Tirmidzi dan Ahmad dari Abu Sa'id Al-Khudri).

Berikut ini beberapa berkah salat Dhuha yang perlu diketahui:

1. Salat Dhuha Adalah Sedekah

Dengan menjalankan salat Dhuha secara otomatis kita juga melaksanakan amalan sedekah. Rasulullah SAW bersabda:

"Setiap ruas dari anggota tubuh di antara kalian pada pagi hari, harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan semua itu dapat disepadankan dengan mengerjakan salat Dhuha dua rakaat." (H.R. Muslim dari Abu Dzar).

2. Salat Dhuha sebagai Investasi Amal Cadangan

Fungsi dari ibadah salat sunnah adalah menyempurnakan kekurangan salat wajib. Sebagaimana kita ketahui, salat menjadi amal pertama kali yang diperhitungkan pada hari kiamat. Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada diri hampa pada hari kiamat dari amalannya adalah salatnya. Apabila benar (salatnya) maka ia telah lulus dan beruntung, dan apabila rusak (salatnya) maka ia akan kecewa dan rugi. Jika terdapat kekurangan pada salat wajibnya, maka Allah berfirman, 'Perhatikanlah, jikalau hamba-Ku mempunyai salat sunnah maka sempurnakanlah dengan salat sunnahnya sekadar apa yang menjadi kekurangan pada salat wajibnya. Jika selesai urusan salat, barulah amalan lainnya." (H.R. Ash-habus Sunan dari Abu Hurairah RA).

3. Ghanimah (Keuntungan) yang Besar

Dikisahkan, Rasulullah SAW mengutus pasukan muslim berperan melawan musuh Allah. Akhirnya, mereka memperoleh kemenangan yang gemilang dan mendapatkan harta rampasan yang melimpah. Orang-orang pun ramai membicarakan singkatnya peperangan mereka dan banyaknya harta rampasan perang yang mereka peroleh.

Kemudian disebutkan, "Barangsiapa salat Dhuha 2 rakaat, ia tidak akan termasuk golongan pelupa atau lalai. Barangsiapa salat Dhuha 4 rakaat, akan dimasukkan kepada golongan orang-orang yang taubat (kembali kepada Allah). Barangsiapa salat Dhuha 6 rakaat, akan dicukupi kebutuhannya hari itu. Barangsiapa salat Dhuha 8 rakaat, termasuk golongan hamba-hamba yang patuh. Dan barangsiapa salat Dhuha 12 rakaat maka Allah akan membangun baginya rumah di surga." (H.R. Thabrani dari Abu Darda').

4. Dicukupi Kebutuhan Hidupnya

Orang yang rajin menjalankan salat Dhuha karena Allah, akan diberikan kelapangan rezeki oleh Allah. Rasulullah SAW menjelaskan dalam hadits Qudsi dari Abu Darda, bahwa Allah SWT berfirman:

"Wahai anak Adam, rukuklah (salatlah) karena Aku pada awal siang (salat Dhuha) empat rakaat, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan)mu sampai sore hari." (H.R. Tirmidzi).

5. Diampuni Semua Dosanya Walau Sebanyak Buih di Laut

Allah akan mengampuni dosa orang yang membiasakan salat Dhuha, walau dosanya sebanyak buih di laut. Sebagaimana disebutkan dalam hadits yang bersumber dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang menjaga salat Dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni walau sebanyak buih di lautan." (H.R. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Itulah beberapa keberkahan yang akan kita dapatkan dari rajin menjalankan salat Dhuha. Untuk tata cara salat Dhuha, detikers bisa klik di sini ya untuk informasi lebih jelasnya.



Simak Video "Silaturahmi Senior Golkar Usai Peresmian Masjid Baru di Markas Partai"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia