Surah Al Anbiya ayat 83, Doa Nabi Ayyub AS saat Sakit

Rosmha Widiyani - detikEdu
Rabu, 19 Jan 2022 16:30 WIB
Holy Al-Quran with Allah name on it embraced with beads.
Ilustrasi Al Quran/Surah Al Anbiya ayat 83, doa Nabi Ayub AS saat sakit. Foto: iStock
Jakarta -

Al Quran berisi banyak kisah, nasihat, dan peringatan Allah SWT pada seluruh manusia. Salah satunya adalah cerita Nabi Ayyub AS yang diuji dengan sakit, padahal hidup dengan selalu taat pada peritahNya.

Begitu sakitnya Nabi Ayyub AS hingga dia menyeru pada Allah SWT seperti tercantum dalam surat Al Anbiya ayat 83

وَأَيُّوبَ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥٓ أَنِّى مَسَّنِىَ ٱلضُّرُّ وَأَنتَ أَرْحَمُ ٱلرَّٰحِمِينَ

Arab latin: Wa ayyụba iż nādā rabbahū annī massaniyaḍ-ḍurru wa anta ar-ḥamur-rāḥimīn

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya, "(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang."

Dikutip dari buku Tafsir Ayat-ayat Doa yang ditulis Muhammad Rizqi Romdhon, surat Al Anbiya ayat 83 mengingatkan pribadi mulia Nabi Ayyub AS. Dia tetap tawakal pada Allah SWT meski dilanda cobaan.

"Dan ingatkan kisah Ayub, seorang nabi dan rasul yang mendapat cobaan berat dalam hidupnya. Ketika dia berdoa kepada TuhanNya dengan berserah diri dan bertawakal kepadaNya," tulis buku tersebut.

Nabi Ayyub AS merasa penyakit yang menimpanya sungguh berat. Namun dia yakin, penyakit tersebut berasal dari Allah SWY yang Maha Penyayang. Artinya, cobaan tersebut adalah bukti kasih sayang Allah SWT pada hambaNya.

Surat Al Anbiya ayat 83 adalah gambaran singkat sosok Nabi Ayyub AS. Dikutip dari buku Kisah Luar Biasa 25 Nabi dan Rasul, dia adalah sosok yang pandai, bersih, sopan, dan bijaksana.

Dia juga dikenal kaya raya karena memiliki banyak ternak dan lahan. Namun Nabi Ayyub AS tidak sombong dan menggunakan harta tersebut untuk menolong sesama. Dia selalu bersyukur dan tidak pernah lepas dari zikir.

Penjelasan ini semoga menginspirasi detikers untuk meneladani kehidupan Nabi Ayyub AS seperti dalam surat Al Anbiya ayat 83.



Simak Video "KuTips: Tips Betah Baca Al-Qur'an Biar Khatam Pas Ramadan!"
[Gambas:Video 20detik]
(row/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia