5 Jenis Pekerjaan Paling Dicari di Metaverse, Mahasiswa Perlu Tahu

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 18 Jan 2022 19:30 WIB
Membeli Tanah Virtual di Metaverse
Pekerjaan paling dicari di Metaverse. Foto: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta -

Metaverse adalah wujud pengalaman koneksi sosial secara virtual lintas platform yang memungkinkan berbagai teknologi bercampur untuk memutus jarak fisik. Untuk membangun pengalaman terbaik, ada berbagai jenis pekerjaan yang paling dibutuhkan di Metaverse. Apa saja?

Co-Founder Dash Next & Futerio Felix Mago dalam laman LinkedIn mengatakan, Metaverse adalah jalan masa depan untuk berbisnis, hiburan, dan membangun hubungan personal maupun profesional. Meskipun sedang berkembang di tahap awal, sambungnya, ada berbagai prospek kerja yang sedang dan akan berkembang di Metaverse.

Mago mencontohkan, pengatur acara di Metaverse saat ini membutuhkan orang yang memiliki kemampuan interpersonal dan organisasi. Sementara itu, pengacara di Metaverse yang tengah berkembang butuh kecakapan dalam hukum, protokol, dan operasi teknologi blockchain, terutama terkait transaksi yang menggunakan kode dan algoritma.

Ia menambahkan, profesi perancang busana virtual reality (VR) juga berkembang di Metaverse. Nah, desainer ini akan butuh kemampuan animasi serta pemahaman tentang mode dan seni untuk mengembangkan pakaian dan aksesori unik avatar para pengguna. Jika kamu seorang gamer, maka tidak asing dengan opsi ganti kostum untuk karakter yang kamu mainkan, kan? Nah, kira-kira akan seperti itu. Meningkatnya popularitas NFT seni dan mode membuat profesi ini juga tumbuh.

Jenis Pekerjaan Paling Dicari di Metaverse

1. Software Engineers Platform AR

Interaksi lintas platform di Metaverse membutuhkan para software engineers, khususnya di platform augmented reality (AR), untuk merakit versi skala besar dari sistem, networking, penyimpanan data, natural language processing (NLP), artificial intelligence (AI), desain user interface (UI), information retrieval, dan komponen lain. Para engineers akan bekerja dengan Android Native, Android Java, FreeRTOS, Embedded Linux, dan lain-lain, seperti dikutip dari Tech Gig.

2. Game Designers

Game designer di masa Metaverse akan banyak dicari untuk membuat prototipe, membangun, mendesain, dan meluncurkan game berbasis virtual reality (VR). Nah, para game designer juga akan membuat rancangan end-to-end game sambil membuat revisi dan respons cepat atas masalah dan komentar pengguna.

3. NFT Strategist

Non-Fungible Token (NFT) juga akan ramai seiring berkembangnya Metaverse. Nah, NFT strategist akan dibutuhkan untuk mengelola bisnis, membuat konsep, serta membuat program NFT dengan pengetahuannya tentang teknologi blockchain. NFT strategist juga akan menganalisis tren industri untuk menyediakan informasi stratejik dan mengaplikasikannya dengan gamifikasi dan penerapan taktis lain. Dengan demikian, pengguna dapat terus-menerus berinteraksi dengan produknya.

4. Blockchain Engineer

Blockchain engineers adalah orang-orang yang yang membantu penerapan dan pembuatan blockchain digital untuk kategori perusahaan-perusahaan. Para blockchain engineers umumnya akan bekerja di platform blockchain untuk mendesain, menerapkan, mengetes, mencabut, dan mengelola sistem software. Sederhananya, blockchain adalah rekam jejak transaksi sebuah objek atau produk digital.

Nah, untuk menjadi seorang blockchain engineer, kamu perlu mengerti banyak tools pemrograman dan ekosistem yang terdesentralisasi. Para blockchain engineer akan bekerja dengan software engineers untuk membangun dan mencabut sebuah software.

5. Product Managers

Manajer produk di Metaverse akan bertanggung jawab atas pemasaran produk dan pengalaman sosial dari virtual reality (VR) yang akan mencoba menguatkan hubungan manusia jarak jauh. Fokus seorang manajer produk di Metaverse yaitu memahami perspektif pengguna, mengumpulkan respon, dan mencari celah kesempatan untuk mendekatkan produk pada masyarakat.

Nah, jadi ada banyak jenis pekerjaan yang dibutuhkan di Metaverse, ya. Gimana detikes, apakah kamu tertarik dengan jenis pekerjaan di atas?



Simak Video "5 Pekerjaan Teknologi yang Menjanjikan di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia